Bendera Merah Putih Berkibar di Darat, Laut dan Udara pada Momen HUT RI ke-77
Instagram/jokowi
Nasional
HUT RI Ke-77

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih di HUT Kemerdekaan RI ke-77 berlangsung khidmat. Pengibaran bendera merah putih pun dilakukan di darat, udara dan laut.

WowKeren - Upacara kenaikan Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT RI ke-77 di Istana Negara telah selesai dilaksanakan. Upacara pun berlangsung dengan penuh khidmad. Dalam siaran langsung upacara Hari Kemerdekaan RI ke-77, terungkap pula bahwa pengibaran bendera pusaka merah putih tak hanya dilakukan di darat, tapi juga di udara dan daerah laut Indonesia.

Pengibaran bendera merah putih di darat dilakukan oleh Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) yang terdiri dari 68 siswa siswi dari seluruh provinsi di Indonesia. Dipilih sebagai petugas pembawa baki bendera Merah Putih adalah I Dewa Ayu Firsty, siswi terpilih asal Provinsi Jawa Tengah.

Sementara ada tiga anggota Paskibraka lain yang bertugas mengibarkan bendera. Mereka adalah Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera dari Provinsi Sumatra Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama selaku pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Photo-INFO

YouTube


Untuk pengibaran bendera Merah Putih di Udara, dilakukan oleh pasukan gabungan TNI-Polri. Flypass pesawat TNI-Polri yang dipandu oleh Kapten Penerbang I Putu Satria Kedaton dan Letda Penerbang Gilang Belamukti. Pasukan Helikopter TNI-Polri mengibarkan bendera Merah Putih di langit Ibu Kota Jakarta.

Sebelum pengibaran itu, pasukan Garuda Flight dengan pesawat tempur F16 Fighting Falcon milik TNI AU juga ikut unjuk aksi. Garuda Flight yang terdiri dari 14 pesawat F16 Fighting Falcon itu bermanuver dengan formasi 77.

"Kami elang-elang angkatan udara di bawah biru langit Ibu Kota mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 kemerdekaan republik Indonesia tahun 2022. Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Merdeka!" ucap pasukan Garuda Flight tersebut.

Sementara itu di wilayah perairan, pengibaran bendera Merah Putih dipimpin oleh pasukan TNI Angkatan Laut. Ada 77 titik di laut Nusantara yang jadi lokasi pengibaran bendera Merah Putih tersebut

"Dari 77 titik dasar laut Nusantara, saya Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono beserta seluruh prajurit Jalasena Samudera mengucapkan Dirgahayu ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Membangun kejayaan maritim untuk kejayaan Indonesia, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Justru di laut kita jaya!" pungkas Ahmadi Heri.

(wk/amel)

You can share this post!

Artikel Terkait