Indonesia Miliki Kereta Panoramic Pertama, Ini Jalur Yang Dianggap Cocok Untuk Dilalui
YouTube/YusrilRizkyPratama
Nasional

Indonesia tidak lama lagi akan memiliki kereta panoramic. Hal ini bahkan disebut menjadi yang pertama di Indonesia. Nantinya kereta panoramic tersebut akan diperkenalkan oleh PT KAI.

WowKeren - PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam waktu dekat disebut akan memperkenalkan keunikan kereta barunya. Berdasarkan kabar yang beredar, hal ini dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan, namun juga dikatakan sebagai rangkaian dengan kegiatan hari jadi perseroan pada akhir September mendatang.

Adapun kereta tersebut dilabeli dengan panoramic itu diproyeksikan memberikan sensasi luar biasa bagi penumpangnya dalam melihat pemandangan di sepanjang perjalanan. Bahkan hal ini diklaim sebagai kereta pertama yang dibangun dengan spesifikasi tersebut.

Kereta tersebut diketahui dibalut dengan jendela-jendela berdimensi besar di kedua sisinya. Selain itu, tersemat juga atap kaca, semacam sunroof atau panoramic roof, yang bisa dibuka tutup di antaranya guna menyesuaikan cuaca di luar.

Sehingga, dengan adanya keunggulan seperti tersebut, maka sejumlah jalur dinilai cocok untuk operasionalnya. Adapun jalur yang dimaksudkan di antaranya adalah trek di Daop 2 Bandung dari Purwakarta-Padalarang atau Nagreg-Cipeundeuy-Ciawi-Tasikmalaya-Banjar.


Kemudian Jakarta-Purwokerto-Yogyakarta. Trek ini disebut memiliki banyak pemandangan yang indah seperti gunung, bukit, hutan, lembah, kelok sungai, hingga persawahan, dan desa-desa asri atau juga cakrawala. Informasi mengenai kehadiran kereta panoramic ini sendiri disebut sudah ramai dalam beberapa hari ke belakang di sosial media.

Sementara mengenai jumlah unit kereta panoramic yang tersedia totalnya ada 2 unit. Dalam pembangunan kereta ini sendiri diketahui memanfaatkan kereta lama (retrofit).

Dengan ide dan tangan-tangan kreatif pegawai UPT Balai Yasa Surabaya Gubeng, kemudian mampu mengeksekusinya dengan menghadirkan kereta penumpang yang elegan tersebut. Dan hasilnya pun benar-benar membuat penumpang terkesan.

Sementara untuk kapasitasnya sendiri berbeda dengan kereta reguler lainnya, yang mana hanya berkisar di angka 40-an tempat duduk. Kemudian, tempat bagasi ditempatkan di ujung kabin. Lalu untuk dimensi toiletnya yang lux pun lebih luas, sedangkan untuk jok kemungkinan tidak jauh berbeda dengan jenis yang terpasang di kereta kelas eksekutif.

Meski begitu, berdasarkan informasi yang didapat dari akun Instagram @balaipengujianka, kereta panoramic pertama di Indonesia itu masih belum beroperasi. Artinya, saat ini masih dalam pengujian pertama sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 15 Tahun 2011

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait