BI Resmi Luncurkan QRIS Antarnegara, Begini Cara Penggunaannya di Thailand
qris.id
Nasional

Dengan QRIS Antarnegara tersebut, seluruh transaksi di sektor pariwisata, perdagangan, dan UMKM di Thailand sudah dapat dilakukan menggunakan QRIS. Intip cara penggunaannya di bawah ini!

WowKeren - Bank Indonesia telah resmi meluncurkan QR Indonesia Standard (QRIS) Antarnegara pada Senin (29/8). Dengan QRIS Antarnegara tersebut, seluruh transaksi di sektor pariwisata, perdagangan, dan UMKM di Thailand sudah dapat dilakukan menggunakan QRIS.

"QR Indonesia dan QR Thailand sudah kami ujicobakan dan mulai hari ini implementasi penuh," papar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam acara peluncuran QRIS Antarnegara.

Selain Thailand, BI telah melakukan uji coba penerapan QRIS di Malaysia sejak Januari 2022 lalu. Sedangkan Singapura kini berada dalam tahap finalisasi.

"Dalam waktu dekat lima negara kita bisa melakukan digitalisasi sistem pembayaran, cross border QR fast payment dengan pembayaran mata uang lokal yang sekaligus mendukung pariwisata, UMKM, dan juga mendukung ekonomi keuangan digital secara nasional," papar Perry.

Adapun lima negara yang dimaksud Perry adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Setelah sukses mengimplementasikan sistem pembayaran di negara-negara ASEAN tersebut, BI akan memperluas penggunaan QRIS ke negara-negara lain di dunia.

Dengan layanan ini, turis Indonesia bisa melakukan transaksi menggunakan QRIS di empat negara lain, dan begitu pula sebaliknya. Transaksi QRIS di lima negara ASEAN tersebut tidak akan menggunakan mata uang dolar Amerika Serikat (USD), melainkan mengikuti mata uang lokal. Bagi turis Indonesia yang menggunakan QRIS untuk membeli sesuatu di Thailand, mata uang rupiah akan langsung ditukar menjadi baht tanpa perantara USD.


Lantas, bagaimana cara penggunaan QRIS Antarnegara ini? BI telah memaparkan cara bertransaksi menggunakan QRIS di Thailand dalam laman Instagram resminya.

Pertama, pelanggan tinggal membuka aplikasi pembayaran dan men-scan QR Thailand. Setelah itu, pelanggan harus memasukkan nominal yang harus dibayarkan dalam Thai Baht.

Kemudian konfirmasi tujuan dan nominal pembayarannya dalam rupiah. Setelah itu masukkan PIN dan transaksi sudah selesai.

BI Resmi Luncurkan QRIS Antarnegara, Begini Cara Penggunaannya di Thailand

Instagram/@bank_indonesia

Sementara itu, Presiden Joko Widodo ingin agar QRIS dapat dikoneksikan antarnegara, tidak hanya dengan Thailand. Hal ini supaya bisa memudahkan pelaku UMKM dan dunia pariwisata untuk bertransaksi dengan negara lain.

Bersamaan dengan peluncuran QRIS Antarnegara, Jokowi juga meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik pada hari Senin. KKP Domestik merupakan bentuk digitalisasi pembayaratan untuk pembelian baran dan jasa pemerintah, baik pusat maupun daerah, yang diluncurkan atas inisiasi BI.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru