Jin BTS Sudah Capai Batas Usia Tapi Belum Ada Kejelasan Soal Wamil, Ini Kata Netizen
Instagram/jin
Selebriti

Topik wajib militer BTS sering diperdebatkan oleh publik dan politisi Korea. Media bahkan melakukan survei untuk melihat apakah publik berpikir BTS harus mendapatkan pengecualian atau tidak.

WowKeren - Jin BTS akan berusia 30 tahun pada bulan Desember tahun ini, dan dengan demikian, banyak netizen membahas kapan dia akan mendaftar wajib militer. Topik tentang wajib militer BTS sendiri hingga saat ini masih menjadi bahasan, ditambah dengan adanya berbagai poling/survei untuk melihat seperti apa opini publik.

Topik wajib militer BTS sering diperdebatkan oleh publik dan politisi Korea. Media bahkan melakukan survei untuk melihat apakah publik berpikir BTS harus mendapatkan pengecualian atau tidak.

Pasalnya, menurut undang-undang Korea Selatan saat ini, atlet olahraga yang meraih medali emas di Olimpiade atau Asian Games otomatis dibebaskan dari wajib militer. Namun, banyak yang terus memperdebatkan apakah pencapaian BTS di industri musik global setara dengan peraih medali emas, cukup untuk membuat mereka dibebaskan dari wajib militer.

Terlepas dari perdebatan yang sedang berlangsung, masih belum pasti apakah member BTS akan menerima pembebasan dari wajib militer atau tidak. Tahun lalu, Undang-Undang Layanan Militer BTS disahkan, yang memungkinkan artis budaya pop untuk menunda wajib militer mereka hingga usia 30 tahun.


Namun, karena member tertua BTS Jin berusia 30 tahun pada 4 Desember 2022 dan amandemen tambahan yang meningkatkan batas usia untuk menunda dinas militer belum disahkan, masih belum jelas apakah Jin akan mendaftar tahun ini atau tidak. Hal ini pun menuai banyak tanggapan dari netizen.

"Orang-orang sangat tertarik dengan ini (masalah pribadi BTS)," komentar netizen. "Aku harap dia bisa cepat pergi dan kembali untuk membuat lebih banyak lagu bagus!" seru netizen lainnya. "Aku pikir pada akhirnya dia akan tetap menjalani wajib militer," ujar yang lain.

"Apakah surat perintahnya sudah datang? Kenapa orang-orang menyuruhnya untuk bergegas dan pergi ke militer ketika dia bahkan belum dipanggil?" kata netizen. "Dia seharusnya pergi saja. Maka waktu akan berjalan sangat cepat," komentar yang lain. "Jika dia tidak pergi, maka imejnya akan hancur. Jadi aku pikir mereka hanya akan memutuskan untuk pergi (wajib militer)," imbuh lainnya.

"Akan menjadi masalah yang lebih besar jika dia pergi," ujar netizen. "Aku mengerti bahwa dinas militer adalah topik yang sangat sensitif, tapi aku merasa banyak orang hanya berkomentar untuk membenci mereka," tambah lainnya. "Ini kan bukannya BTS mencoba untuk menunda dengan sengaja, jadi aku tidak mengerti kenapa semua orang seperti 'cepatlah pergi'. Biarkan saja mereka mendaftar pada waktu yang tepat," kata yang lain.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait