Tuai Pro-Kontra, Intip Perbandingan Biaya Masak Pakai Kompor Listrik dengan LPG
Unsplash/Conscious Design
Nasional
Kompor Gas vs Kompor Listrik

PT PLN (Persero) telah memulai uji coba penggunaan kompor listrik ke tiga kota yang menuai respons pro-kontra. Lantas muncul pertanyaan, apakah memasak dengan kompor listrik lebih hemat dibandingkan dengan kompor LPG?

WowKeren - Baru-baru ini beredar rencana peralihan atau konversi kompor LPG ke kompor listrik. PT PLN (Persero) bahkan telah memulai uji coba penggunaan kompor listrik ke tiga kota, salah satunya Solo.

Namun uji coba tersebut menuai respons pro-kontra. Lantas muncul pertanyaan, apakah memasak dengan kompor listrik lebih hemat dibandingkan dengan kompor LPG?

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo telah mengungkapkan perbandingan ongkos masak memakai kompor listrik dengan kompor gas LPG. Menurutnya, biaya memasak dengan kompor induksi bertenaga listrik lebih murah 10-15 persen.

Ia memaparkan bahwa harga gas LPG sejauh ini mencapai Rp 4.250 per kilogram sesuai aturan subsidi yang berlaku. Namun dengan berbagai urusan rantai distribusi, harga di masyarakat bisa mencapai Rp 5.250 per kilogram.


"Kalau sesuai Kepmen harganya dilepas Rp 4.250. Tentu saja ada rantai pasok dengan rata rata 5250 rupiah per kg," beber Darmawan dalam rapat kerja bersama Komisi VII DPR RI.

Sementara itu, biaya memasak menggunakan kompor listrik yang setara dengan gas LPG 1 kilogram disebut lebih murah. Yakni hanya Rp 4.530.

"Kami lepas ke masyarakat biaya listrik memasak 1 kg ekuivalen (gas LPG) adalah Rp 4.530 yang dibayar masyarakat," ujarnya. "Tentu saja dengan gunakan kompor induksi biaya memasak bida lebih hemat 10-15 persen dibandingkan LPG."

Tak hanya itu, memasak dengan kompor induksi disebut Darmawan lebih cepat matang dibanding LPG. Hasil pengujian Puslitbang PLN dan Balitbang Kementerian ESDM menunjukkan bahwa untuk memanaskan 2,5 liter air dari 20 derajat celcius ke 90 derajat celcius membutuhkan waktu 8 menit 47 detik dengan kompor listrik bertenaga 1.800 watt. Sedangka jika menggunakan kompor LPG, butuh waktu 10 menit 29 detik.

"Arahan ESDM, dari Ditjen Ketenagalistrikan, kompor induksi (kompor listrik) harus lebih cepat memasaknya dibanding kompor LPG. Kami perubahan spek hasilnya kompor induksi 1800 watt bisa lebih cepat, LPG 10 menit, induksi hanya 8 menit," tukasnya.

(wk/Bert)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait