Jang Won Young IVE Dikritik Usai Ucapkan Kata Cercaan Ini
Instagram/for_everyoung10
Selebriti

Secara teknis, tuduhan ini tidak salah. Meskipun E*kimo umum digunakan, sebenarnya ini adalah istilah yang menghina kelompok masyarakat adat, seperti Inuit, Yupik, dan Aleut.

WowKeren - Sebuah video di balik layar dari pembuatan MV "After Like" IVE baru-baru ini dirilis. Satu klip, khususnya, mendapat perhatian di media sosial saat Jang Won Young IVE mengidentifikasi dirinya sebagai "E*kimo," merujuk pada aksesori berbulunya. Banyak netizen yang membagikan video tersebut, mengatakan bahwa Wonyoung mengucapkan kata cercaan.

Secara teknis, tuduhan ini tidak salah. Meskipun E*kimo umum digunakan, sebenarnya ini adalah istilah yang menghina kelompok masyarakat adat, seperti Inuit, Yupik, dan Aleut.

Menurut Wikipedia, banyak orang Inuit, Yupik, Aleut dan orang lain menganggap istilah Eskimo tidak dapat diterima dan bahkan merendahkan. Eskimo mungkin berarti "netter sepatu salju", dan tidak memiliki sinonim yang tepat. Ini terus digunakan dalam konteks sejarah, linguistik, arkeologi, dan budaya.


Pemerintah di Kanada dan Amerika Serikat telah mengambil langkah untuk menghentikan penggunaan istilah E*kimo dalam dokumen resmi, tetapi istilah itu belum dihapuskan, karena kata tersebut di beberapa tempat ditulis ke dalam terminologi hukum kesukuan, dan oleh karena itu nasional. Kanada secara resmi menggunakan istilah Inuit untuk menggambarkan penduduk asli Kanada yang tinggal di sektor utara negara itu dan bukan Bangsa Pertama atau M├ętis.

Pemerintah Amerika Serikat secara legal menggunakan istilah Penduduk Asli Alaska atau Penduduk Asli Alaska termasuk Yupik, Inuit, dan Aleut, tetapi juga untuk penduduk asli Alaska non-E*kimo termasuk Tlingit, Haida, Eyak, dan Tsimshian, selain setidaknya sembilan wilayah utara yang terpisah. Suku Athabaskan/Dene. Penunjukan Penduduk Asli Alaska hanya berlaku untuk anggota suku yang terdaftar, berbeda dengan individu E*kimo/Aleut yang mengklaim keturunan dari "kelompok aborigin paling luas" di dunia.

Jang Won Young IVE Dikritik Usai Ucapkan Kata Cercaan Ini

Sementara banyak idol K-Pop telah menghadapi kritik karena menggunakan hinaan seperti kata-N, lebih banyak yang berempati terhadap Won Young. Banyak netizen yang mengaku sendiri tidak tahu bahwa kata tersebut adalah cercaan.

Namun, yang lain menganggapnya munafik untuk tidak menegur Won Young dengan standar yang sama seperti yang lain. Secara khusus ditekankan bahwa orang-orang Indingineious tidak boleh ditiadakan dan diabaikan, melainkan suara mereka ditinggikan. Jadi, banyak yang mencoba untuk mengedukasi tentang hal ini. Netizen berharap tidak hanya orang lain yang teredukasi, tapi Won Young juga akan terdidik, dan sebagai hasilnya dia akan meminta maaf.

(wk/dewi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait