Produk Mie-nya Ditarik Dari Hong   Kong Imbas Temuan Pestisida, Wings   Group Bilang Begini
Pexels
Nasional

Produk Mie Sedaap varian Korean Spicy Chicken dilaporkan ditarik dari pasar Hong Kong karena ditemukan kemungkinan adanya etilan oksida, pestisida yang dilarang oleh Uni Eropa.

WowKeren - Hong Kong dilaporkan menarik produk Mie Sedaap varian Korean Spicy Chicken dari pasaran karena menemukan kemungkinan adanya etilan oksida. Adapun etilan oksidan merupakan pestisida yang dilarang oleh Uni Eropa karena dapat menyebabkan kanker.

Sebagai informasi, etilen oksida telah diklasifikasikan Badan Internasional untuk Penelitian Kanker sebagai kelompok satu. Ini berarti, bahan kimia tersebut bersifat karsinogenik bagi manusia. Paparan dapat menyebabkan sakit kepala, mual, diare, kesulitan bernapas dan masalah lainnya, sedangkan paparan jangka panjang dapat menyebabkan kanker pada manusia.

"CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian di bawah Program Pengawasan Makanan rutin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mie, paket bumbu dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida," ujar juru bicara Pusat Keamanan Pangan (CFS) dilansir The Standard pada Rabu (28/9).

Penjualan produk tersebut dengan tanggal kedaluwarsa 19 Mei 2023 telah dihentikan. Pihak CFS menjelaskan bahwa pengecer yang bersangkutan telah memulai penarikan pada batch produk yang terkena dampak.


Lantas, bagaimana tanggapan Wings Group selaku perusahaan induk Mie Sedaap terkait penarikan produk tersebut? Melansir CNN Indonesia, Media Relations Executive Wings Group Indonesia Andini Mardiani menyatakan bahwa kabar tersebut masih dalam didiskusikan dalam internal perusahaan.

"Untuk kabar tersebut (penarikan produk Mie Sedaap di Hong Kong) sedang dalam tahap diskusi internal," ujar Andini, Rabu. "Untuk detail lebih lanjut belum bisa kami informasikan dan akan segera disampaikan."

Andini masih belum bisa memberikan respons terkait apakah produk Mie Sedaap Korean Spicy Chicken telah ditarik sepenuhnya dari Hong Kong atau belum. Baik dari pihak Mie Sedaap ataupun Wings Group juga masih belum memberikan jawaban tegas terkait penarikan produk mereka di Hong Kong.

Sebelum ini, produk Mie Sedaap kemasan cup juga pernah dilaporkan tertahan di kapal kargo di perairan Taiwan. Otoritas Badan Makanan dan Obat-obatan Taiwan (FDA) alias BPOM menyatakan bahwa tingkat kandungan residu pestisida di produk Mie Sedaap berada di atas ambang batas yang telah ditetapkan.

(wk/Bert)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait