Alasan Mie Sedaap Cup Dilarang Masuk Taiwan: Kelebihan Residu Pestisida
Rawpixel
Nasional

Menurut laporan impor makanan mingguan FDA pada Selasa (5/7), sebanyak 19 kapal ditolak Otoritas Bea Cukai Taiwan untuk masuk ke wilayah mereka. Ini termasuk tujuh kapal pengangkut mie instan.

WowKeren - Produk Mie Sedaap asal Indonesia dikabarkan ditolak masuk Taiwan karena kelebihan residu pestisida. Sebanyak 4.074,4 kilogram Mie Sedaap kemasan cup pun tertahan di kapal kargo di perairan Taiwan.

Otoritas Badan Makanan dan Obat-obatan Taiwan (FDA) alias BPOM menyatakan bahwa tingkat kandungan residu pestisida di produk Mie Sedaap berada di atas ambang batas yang telah ditetapkan. Adapun produk mie instan dari Filipina dan Jepang juga dilarang masuk ke Taiwan.

Menurut laporan impor makanan mingguan FDA pada Selasa (5/7), sebanyak 19 kapal ditolak Otoritas Bea Cukai Taiwan untuk masuk ke wilayah mereka. Ini termasuk tujuh kapal pengangkut mie instan yang totalnya mencapai 4.431,96 kilogram.

"Di antara kapal niaga yang ditolak masuk tersebut mengangkut 4.074,4 kilogram Mie Sedaap dari Indonesia kemasan cup dan 327,6 kilogram Lucky Me dari Filipina kemasan cup yang semuanya diimpor oleh ELOM Group Company dari Taiwan," demikian pernyataan FDA.


Selain itu, sebanyak 56,95 kilogram mie instan Acecook kemasan cup asal Jepang juga ditolak masuk Taiwan. Mie instan tersebut diimpor oleh perusahaan Taiwan, Zhong Xin International Development Co.

Dengan banyaknya pengiriman mie instan yang terkontaminasi dari Indonesia, petugas bea cukai Taiwan disebut akan meningkatkan persentase impor yang diperiksa. Dari yang awalnya hanya 5-10 persen menjadi sekitar 20 persen.

Menurut FDA, semua barang makanan dan minuman yang ditolak masuk karena tak memenuhi standar akan dikembalikan atau dimusnahkan.

Sebelumnya, sebuah video TikTok mengungkapkan lima varian rasa produk Mie Sedaap cup yang ditolak masuk ke Taiwan. Antara lain rasa Soto, Baso Spesial, Korean Spicy Soup, Korean Spicy Chicken, dan Ayam Bawang.

Sebagai informasi, Mie Sedaap adalah mie instan yang diproduksi oleh Wings Food. Produk ini diluncurkan pada tahun 2003 silam. Selain dipasarkan di dalam negeri, Mie Sedaap juga diekspor ke berbagai negara termasuk Malaysia.

(wk/Bert)


You can share this post!

Related Posts