Membanggakan! Farwiza Farhan Masuk Dalam TIME 100 Next 2022
Instagram/wiiiiza
Nasional

Hal tersebut juga diumumkan melalui akun Twitter resmi majalah bergengsi TIME. Hal ini tentu saja menjadi kebanggaan bagi Indonesia, salah satu anak bangsa berhasil masuk dalam daftar TIME 100 Next 2022.

WowKeren - Kabar membanggakan datang dari anak bangsa yang berhasil masuk ke dalam daftar TIME 100 Next 2022 kategori Leaders. Adapun anak bangsa yang dimaksud adalah perempuan asal Aceh, Indonesia, Farwiza Farhan.

Photo-INFO

Twitter

Kabar bahagia itu juga disampaikan melalui akun Twitter resmi Time @TIME. "'Mempertahankan ekosistem dari industri, dari pembangunan, dari pemburu liar, seperti Farwiza Farhan (@wiiiiza) dan rekan-rekan aktivisnya lakukan, adalah pekerjaan penting,' tulis @JaneGoodallInst #TIME100Next https://time.me/3LMBpeJ," tulis Time di Twitter dalam bahasa Inggris, dilihat Kamis (29/9).

Adapun daftar yang dirilis oleh majalah terkemuka Time itu diketahui berisi akan sosok inspiratif yang berasal dari seluruh dunia. Sementara Farwiza sendiri merupakan seorang aktivis lingkungan dan konservasionis hutan di Kawasan Ekosistem Leuser, Sumatera, di mana hewan seperti Badak dan Harimau masih hidup bebas di alam liar.

Seperti informasi yang didapat dari Parapuan, Farwiza diketahui sangat getol melawan eksploitasi dan ekspansi yang mengancam ekosistem Leuser. Sementara itu, fokus utama dalam melestarikan Leuser sendiri selain kebijakan dan advokasi, juga meningkatkan akses dan memperdalam keterlibatan perempuan terkait penyelamatan lingkungan.


Kemudian kepada The Orangutan Project, Wiza mengaku percaya bahwa konservasi yang dilakukannya harus inklusif dan melibatkan komunitas setempat. Lalu melalui Yayasan HAK, ia bersama dengan masyarakat setempat meluncurkan beragam kampanye.

"Aspek utama dalam pekerjaanku di antaranya berkontribusi menentukan arah organisasi sekaligus mengelola day to day campaign yang tengah dijalankan," ujar Wiza dilihat Kamis (29/9).

Tidak berhenti di situ, hal lain yang membanggakan adalah Wiza juga pernah bekerja sama dengan aktor Hollywood Leonardo Dicaprio yang pada tahun 2016 silam mengunjungi Aceh, dan membuat dokumenter lingkungan yakni "Before the Flood".

Di sisi lain, Wiza mengaku bahwa ia kesulitan bergerak di bidang konservasi. Akan tetapi, gerakan sudah dimulai, tidak ada lagi yang namanya mundur, sehingga ia pun tekun bergerak, bekerja di konservasi pemerintahan yang mengelola dan melindungi kawasan ekosistem Leuser di Sumatra.

Atas semangatnya itu, Wiza telah meraih sejumlah penghargaan di antaranya National Geographic Wayfinder Awards 2022, menjadi pemenang 2021 Pritzker Emerging Environmental Genius Awards, dan Whitley Awards 2016. Maka tak heran bila kini ia berhasil masuk ke dalam majalah bergengsi TIME.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait