Jin BTS Punya Pilihan Terbatas Karena Daftar Wamil di Usia 29 Tahun
Selebriti

Jin BTS akhirnya mengumumkan soal jadwal pendaftaran wajib militernya tahun ini. Namun, karena kini berusia 29 tahun lebih, pilihan cabang militer yang bisa dimasuki Jin untuk wamil pun terbatas.

WowKeren - BTS akhirnya mengumumkan kejelasan mengenai pendaftaran wajib militer (wamil) mereka. Para member BTS secara berurutan akan pergi wamil sesuai rencana mereka, diawali oleh Jin. Tapi rupanya, Jin memiliki pilihan terbatas terkait cabang mana yang bisa ia masuki untuk melaksanakan wajib militer.

Menurut Administrasi Tenaga Kerja Militer pada Selasa (18/10), Jin hanya akan diizinkan untuk melamar di dinas tugas aktif di Angkatan Darat. Pasalnya, ada batasan usia pada cabang militer lainnya (Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Marinir).

"Di bawah Undang-Undang Dinas Militer saat ini, mendaftar di Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Marinir hanya dapat dilakukan oleh individu hingga usia 28 tahun. Untuk individu berusia 29 tahun ke atas, hanya mendaftar di Angkatan Darat yang dimungkinkan," ungkap pernyataan dari Pejabat Administrasi Tenaga Kerja Militer, Selasa (18/10).

Karena Jin lahir pada tahun 1992 dan berusia 30 tahun (29 tahun usia internasional), ia hanya bisa mendaftar di Angkatan Darat. Jin diketahui telah menunda wamil hingga akhir 2022, setelah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata memberikannya rekomendasi, menyusul revisi Undang-Undang Dinas Militer pada tahun 2020.


Setelah Big Hit Music mengumumkan Jin akan menarik penundaan militernya, dia perlu menyerahkan pemberitahuan pembatalannya kepada Administrasi Tenaga Kerja Militer sebelum dapat mendaftar wamil. Pejabat Administrasi Tenaga Kerja Militer juga mengomentari waktu pendaftaran Jin, menyatakan bahwa belum ada tanggal yang ditetapkan untuk itu.

"Waktu pendaftarannya fleksibel, bisa tahun ini atau tahun depan. Semuanya, termasuk (Jin) bergabung dengan militer dalam tahun ini, saat ini masih spekulasi," jelas Pejabat Administrasi Tenaga Kerja Militer.

"Situasi (untuk pendaftaran) bervariasi tergantung pada jumlah orang yang menunggu pendaftaran berdasarkan waktu pemberitahuan pembatalan dikirimkan. Secara umum, tanggal pendaftaran adalah dalam waktu tiga bulan setelah pembatalan tetapi sangat fleksibel karena tergantung pada jumlah orang yang menunggu pendaftaran," pungkasnya.

Namun menurut Administrasi Tenaga Kerja Militer, musim dingin adalah musim di mana lebih sedikit orang Korea yang berniat mendaftar di militer. Jadi jika pemberitahuan pembatalan Jin diajukan di pihak sebelumnya, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa Jin akan mendaftar dalam tahun 2022.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait