Reza Rahadian Ngeles Ditanya Soal Terlapor Kasus Pelecehan Jadi Juri FFI
Instagram/officialpilarez
Selebriti

Reza Rahadian mengaku tidak punya tanggung jawab untuk menanggapi perihal salah satu kru film yang sempat terseret kasus dugaan pelecehan seksual, tapi malah menjadi juri penghargaan FFI.

WowKeren - Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI ditanya perihal kabar Henricus Pria, penulis skenario film "Penyalin Cahaya" yang dilaporkan atas dugaan kasus pelecehan seksual. Di mana Henricus diketahui menjadi satu dari 89 juri nominasi Festival Film Indonesia 2022.

Terkait permasalahan ini, Reza Rahadian mengaku jika perkara status juri bukan ranahnya untuk menjawab. "Juri sudah diumumkan tadi, itu mungkin harusnya ditanyakan ke BPI (Badan Perfilman Indonesia)," ujar Reza Rahadian usai konferensi pers di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan pada Jumat (11/11).

Meski dirinya bertindak sebagai Ketua Komite FFI, namun Reza kembali menjelaskan jika sebaiknya hal ini ditanyakan kepada pihak BPI. Lantaran memang urusan juri bukan menjadi tanggung jawabnya. "Itu domainnya BPI untuk menjawab, makasih," imbuhnya.


Dalam acara konferensi pers, Komite FFI telah mengumumkan 24 juri akhir. Namun, dalam daftar memang tidak tercantum nama Henricus Pria. Awak media pun sempat mengkinfirmasi hal ini langsung kepada pihak penyelenggara. Pun bagian Humas FFI menjanjikan akan memberi rilis sesegeram mungkin terkait polemik tersebut.

Seperti diketahui, kasus Henricus Pria yang diduga melakukan pelecehan seksual sempat viral di Twitter pada Januari 2022 lalu. Hal ini pun sempat dikonfirmasi langsung oleh sutradara film "Penyalin Cahaya". Pasalnya, masyarakat juga sempat menuntut agar FFI mencabut penghargaan yang telah diberikan kepada film "Penyalin Cahaya" karena imbas kasus ini.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari suatu komunitas yang mengelola pelaporan terhadap peristiwa pelecehan seksual, kami mendapati sebuah nama dari tim film 'Penyalin Cahaya' tercatat sebagai terlapor akan dugaan perbuatan di masa lalunya," bunyi keterangan Wregas Bhanuteja selaku sutradara film "Penyalin Cahaya" di Instagram.

Sebagai informasi, film "Penyalin Cahaya" mengangkat kisah tentang pelecehan seksual hingga membuat hidup perempuan tokohnya yang bernama Sur (Shenina Cinnamon) hancur. Film ini menerima banyak penghargaan. Sehingga saat kasus dugan pelecehan seksual dilakukan oleh seorang kru film itu sendiri, publik pun langsung lantang bersuara.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait