Kenal Dekat: Aktris Kim Tae Ri, Nation's First Love Korea yang pernah Jadi Pegawai Minimarket
Instagram/management_mmm
Selebriti

Ayo kenalan lebih dekat dengan aktris asal Korea Selatan, Kim Tae Ri, yang terkenal lewat film 'The Handmaiden', 'Space Sweepers', hingga drama 'Twenty-Five, Twenty-One'.

WowKeren - Kim Tae Ri merupakan aktris Korea Selatan yang terkenal dengan penampilan awet muda dan kemampuan akting mumpuni. Nama Kim Tae Ri mulai mendapat banyak sorotan usai membintangi film thriller erotis "The Handmaiden" bersama Kim Min Hee pada 2016.

Proyek-proyek yang diambil Kim Tae Ri selanjutnya juga menuai kesuksesan besar. Mulai dari film "1987: When the Day Comes" yang didasarkan pada kisah nyata Pemberontakan Demokratik Juni 1987 di Korea, hingga drama "Mr. Sunshine" yang dibintanginya bersama Lee Byung Hun.


Meski kini telah menjadi salah satu aktris papan atas Korea hingga mendapat julukan "Nation's First Love", Kim Tae Ri harus melewati jalan panjang dan tidak mudah untuk bisa mencapai semua itu. Aktris tersebut telah menerima banyak penolakan kala mengikuti casting film. Sembari mengejar cita-citanya sebagai aktris, Kim Tae Ri juga sempat melakoni berbagai kerja sambilan seperti pegawai minimarket hingga pelayan kafe.

Nama Kim Tae Ri belakangan juga ramai diperbincangkan karena rumor kencannya dengan aktor tampan Song Joong Ki. Diketahui, Kim Tae Ri dan mantan suami Song Hye Kyo tersebut sempat terlibat dalam proyek film science fiction "Space Sweepers" pada 2021.

Penasaran dengan perjuangan Kim Tae Ri di dunia akting hingga bisa dijuluki Nation's First Love oleh publik Korea Selatan? Ingin tahu apa respons Kim Tae Ri dan Song Joong Ki soal rumor kencan mereka? Yuk, simak ulasan dan biografi lengkap Kim Tae Ri berikut ini!

(wk/Bert)

1. Profil Umum


Profil Umum
Instagram/kimtaeri_official

Nama Selebriti: Kim Tae Ri

Nama Asli: Kim Tae Ri

Tanggal Lahir: 24 April 1990

Tempat Lahir: Seoul, Korea Selatan

Tinggi Badan: 166 cm

Gender: Wanita

Golongan Darah: B

Zodiak: Taurus

Agensi: Management MMM

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Pekerjaan: Aktris

Warna Rambut: Hitam

Warna Mata: Hitam

Pendidikan:

  1. Kyung Hee University
  2. Youngshin Nursing Business High School

Terkenal sejak: Berperan sebagai Sook Hee di “The Handmaiden” (2016)

Akun Media Sosial Resmi:

  1. Instagram: kimtaeri_official

2. Filmografi


Filmografi
Instagram/management_mmm

Film

  1. ”The Handmaiden” sebagai Sook Hee (2016)
  2. ”1987: When the Day Comes” sebagai Yeon Hee (2017)
  3. Little Forest” sebagai Hye Won (2018)
  4. ”Space Sweepers” sebagai Captain Jang (2021)
  5. Alienoid” sebagai Lee Ahn (2022)

Film Pendek

  1. What Are You Looking At?” sebagai siswi SMA (2015)
  2. Lock Out” sebagai Wanita (2015)
  3. Moon Young” sebagai Moon Young (2015)

Serial Drama

  1. Entourage” sebagai diri sendiri (2016)
  2. Mr. Sunshine” sebagai Ae Shin (2018)
  3. Twenty-Five, Twenty-One” sebagai Na Hee Do (2022)
  4. Demon” sebagai Ku San Young (2023/akan datang)

3. Penghargaan


Penghargaan
Instagram/management_mmm

APAN Star Awards

  1. 2018: Best New Actress

Asia Artist Awards

  1. 2017: Best Entertainer Award

Asian Film Awards

  1. 2017: Best Newcomer

Baeksang Arts Awards

  1. 2022: Best Actress - Television, TikTok Popularity Award

Blue Dragon Film Awards

  1. 2016: Best New Actress

Brand of the Year Awards

  1. 2022: Best Actress

Buil Film Awards

  1. 2016: Best New Actress

Busan Film Critics Awards

  1. 2016: Best New Actress

Cine 21 Awards

  1. 2016: Best New Actress of the Year

Director’s Cut Awards

  1. 2016: Best New Female Actor
  2. 2018: Female Actor of the Year

Korea Advertisers Contest Advertisers Night-KAA Awards

  1. 2022: Advertiser’s Choice Model Award

Korean Popular Culture & Arts Awards

  1. 2018: Minister of Culture, Sports and Tourism’s Commendation

KOFRA Film Awards

  1. 2017: New Actress of the Year

Marie Claire Film Festival

  1. 2017: Rookie Award

Shinfilm Art Film Festival

  1. 2018: Choi Eun-hee Actor Award

University Film Festival of Korea

  1. 2018: Best Actress

Women in Film Korea Festival

  1. 2016: Best New Actress

4. Trivia


Trivia
Instagram/kimtaeri_official
  1. Saat kecil sempat bercita-cita menjadi anak seorang pemilik toko alat tulis karena ada banyak alat tulis yang diinginkannya
  2. Mengalahkan 1.500 kandidat lain dan terpilih untuk memerankan karakter Sook Hee di film "The Handmaiden"
  3. Saat memilih proyek film atau drama, Kim Tae Ri sangat berhati-hati tentang pesan yang ingin disampaikan kepada penonton dan pentingnya peran yang dia mainkan
  4. Memelihara tiga ekor kucing, dua di antaranya adalah kucing liar yang ia adopsi saat syuting film "Little Forest"
  5. Bergabung dengan agensi Management MMM di pertengahan 2021 bersama aktris Jeon Yeo Bin
  6. Sama seperti Suzy hingga Son Ye Jin, Kim Tae Ri juga mendapat julukan Nation's First Love
  7. Masuk dalam jajaran Top 40 Power Celebrities Korea versi Fobes pada 2019
  8. Sudah pernah menjalani berbagai macam kerja sambilan, mulai dari pegawai minimarket hingga jadi penjual susu kedelai di supermarket
  9. Merekam audiobook bertajuk "Kim Tae Ri's Recovery Book" di awal pandemi COVID-19. Audiobook tersebut berisi suara Kim Tae Ri yang membaca sejumlah literatur klasik.
  10. Masuk jajaran “30 Under 30” Forbes Asia kategori Entertainment & Sports pada 2019
  11. Kim Tae Ri merupakan penggemar BTS dan mengaku itu pertama kalinya ia menjadi fangirl setelah dewasa
  12. Membintangi film blockbuster science fiction pertama Korea, "Space Sweepers", bersama Song Joong Ki
  13. Sempat tinggal di Inggris selama dua bulan pada tahun 2019 untuk belajar bahasa Inggris
  14. Kerap bertanding anggar dengan Bona WJSN (Cosmic Girls) sebelum syuting serial drama "Twenty-Five, Twenty-One"
  15. Kim Tae Ri dan para bintang "Twenty-Five, Twenty-One" menyanyikan lagu "With" sebagai soundtrack drama tersebut

5. Riwayat Hidup


Riwayat Hidup
Instagram/management_mmm

Kim Tae Ri terlahir di Seoul, Korea Selatan, pada 24 April 1990. Anggota keluarganya terdiri dari orangtua, nenek, seorang kakak laki-laki, dan Kim Tae Ri sendiri. Ia dibesarkan oleh sang nenek sehingga kini memiliki sikap baik terhadap orang yang lebih tua.

Pada 2008, Kim Tae Ri mulai menempuh studi Jurnalisme dan Komunikasi di Kyung Hee University. Di awal masa kuliahnya, Kim Tae Ri mengaku dirinya adalah seorang mahasiswi yang liar. Foto Kim Tae Ri yang duduk di atas sebuah patung singa besar di masa kuliahnya bahkan sempat viral.

Kim Tae Ri mengaku dirinya bergaul dengan semua orang di kampus saat masih menjadi mahasiswi baru. Aktris tersebut juga mengungkapkan bahwa dirinya pernah nongkrong, minum, dan tidur di rumah temannya yang tinggal sendirian hingga dilaporkan sebagai orang hilang oleh sang paman.

”Tidak ada yang menghentikan saya. Saya bersenang-senang bermain-main,” tutur Kim Tae Ri dalam wawancara pada 2022. “Paman saya bahkan melaporkan saya hilang karena saya tidak pulang.”

Di tahun keduanya, Kim Tae Ri bergabung dengan klub teater kampusnya. Dari sanalah kecintaan Kim Tae Ri terhadap akting berkembang. “Sekolah tidak penting bagiku saat itu dan aku hampir tinggal di klub teater itu,” bebernya.

Selain berkutat dengan klub teater, Kim Tae Ri juga menyibukkan diri dengan sejumlah pekerjaan sambilan. Wanita pecinta kucing tersebut diketahui telah melakoni sejumlah pekerjaan sambilan, mulai dari pegawai kafe hingga minimarket.

Karier Kim Tae Ri di dunia akting dimulai kala ia tergabung dalam tim teknis grup teater di Daehakro, Seoul. Ia sempat terlibat dalam sejumlah pementasan drama hingga akhirnya membintangi film pendek “Moon Young” yang debut di Seoul Independent Film Festival pada 2015. Versi panjang film “Moon Young” kemudian dirilis pada tahun 2017.

Pada 2014, Kim Tae Ri bergabung dengan agensi J Wide Company dan membintangi sejumlah iklan televisi. Ia juga kerap mengikuti audisi namun mengalami banyak penolakan. Adapun penolakan tersebut sebagian karena dia dianggap sudah terlalu tua untuk memulai karir di film mainstream oleh banyak orang.

Meski menerima banyak penolakan, Kim Tae Ri tetap gigih memperjuangkan mimpinya. Ketekunannya membuahkan hasil kala Kim Tae Ri dipilih dari antara 1.500 kandidat oleh sutradara Park Chan Wook sendiri untuk peran utama di film “The Handmaiden”. Film bergenre psychological thriller itu menuai kesuksesan besar dan dinominasikan untuk Palme d'Or di Cannes Film Festival 2016. “The Handmaiden” bahkan memenangkan penghargaan Best Film Not in the English Language dari ajang British Academy Film Awards ke-71.

Lewat “The Handmaiden”, nama Kim Tae Ri mulai banyak dikenal di Korea Selatan. Akting memukau Kim Tae Ri di film tersebut membuatnya dinobatkan sebagai Best New Actress di sejumlah ajang penghargaan bergengsi, mulai dari Blue Dragon Film Awards 2016 hingga Buil Film Awards 2016.

Nama Kim Tae Ri makin melambung kala ia membintangi drama “Mr. Sunshine” bersama Lee Byung Hun. Drama yang menceritakan tentang para aktivis yang berjuang untuk kemerdekaan Korea tersebut merupakan salah satu drama dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel negara itu. Kim Tae Ri yang memerankan seorang anggota Righteous Army bernama Go Ae Shin dinominasikan sebagai Best Actress di ajang penghargaan bergengsi Baeksang Arts Awards.

Pada 2021, Kim Tae Ri membintang film science fiction bertajuk “Space Sweepers” bersama aktor tampan Song Joong Ki. Film tersebut menceritakan tentang sekelompok awak kapal pengumpul sampah luar angkasa bernama The Victory pada tahun 2092. Kim Tae Ri yang berperan sebagai Kapten Jang mengakui bahwa dia merasa tidak terlalu mirip dengan karakternya.

”Saya orang yang lemah, tapi Kapten Jang adalah seseorang yang tahu bagaimana memilah saat ini mana yang penting dan mana yang tidak,” ungkap Kim Tae Ri.

Tak berhenti sampai di situ, Kim Tae Ri kembali mencuri perhatian dengan perannya sebagai seorang anak SMA pemain anggar di serial drama “Twenty-Five, Twenty-One” tahun ini. Menurut Nielsen Korea, episode terakhir drama tersebut mencetak peringkat nasional rata-rata 11,5 persen, menempati posisi pertama dalam slot waktunya dan menetapkan rekor tertinggi baru sepanjang masa untuk “Twenty-Five, Twenty-One”.

Dengan segala prestasi yang berhasil ditorehkannya, Kim Tae Ri menjadi salah satu aktris papan atas Korea Selatan. Ia juga menjadi selebriti minim skandal yang memiliki imej bersih. Meski begitu, sejumlah proyek film dan drama yang pernah dibintanginya sempat mengundang kontroversi.

“The Handmaiden” misalnya, sempat dianggap sebagai film kontroversial karena menunjukkan hubungan lesbian yang berani buka-bukaan. Kim Tae Ri juga sempat dikritik karena menyebut nama lawan mainnya di “The Handmaiden”, Kim Min Hee, kala menerima penghargaan Best New Actress di Busan International Film Festival pada 2016 lalu.

Kritik tersebut muncul lantaran Kim Min Hee kala itu terlibat dalam skandal perselingkuhan dengan sutradara Hong Sang Soo. Oleh sebab itu, Kim Tae Ri dinilai tidak pantas menyebut nama Kim Min Hee di acara publik seolah tidak terjadi apa-apa.

Selain itu, drama “Twenty-Five, Twenty-One” yang dibintangi Kim Tae Ri juga sempat dikritik karena penggambaran hubungan asmara antara orang dewasa dengan anak di bawah umur. Sebagai informasi, karakter utama wanita bernama Na Hee Do yang diperankan oleh Kim Tae Ri merupakan seorang siswi SMA berusia 18 tahun. Sedangkan karakter utama pria bernama Baek Yi Jin yang diperankan oleh Nam Joo Hyuk merupakan seorang pria dewasa berusia 22 tahun.

Ketika ditanya tentang kontroversi perbedaan usia tersebut, Kim Tae Ri mengungkapkan bahwa itu merupakan aspek-aspek yang sering didiskusikan ketika ia pertama kali membaca naskah dan sedang dalam proses membicarakan karakter. Menurutnya, mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang harus didekati dengan hati-hati.

”Sejujurnya, dari sudut pandang Hee-do, ini bukanlah sesuatu yang harus diperhatikan. Namun, dari sudut pandang Nam Joo-hyuk yang berakting sebagai Baek Yi-jin, itu adalah aspek yang sangat penting,” terang Kim Tae Ri.

"Kami terus berdiskusi dengan sutradara dan penulis,” tambahnya. “Sutradara juga banyak berpikir tentang bagaimana melakukan pendekatan ini dari sudut pandang penyutradaraan dengan para aktor. Saya pikir begitulah cara kami secara bertahap menciptakan (hubungan mereka), satu demi satu."

Dari sisi kehidupan pribadi, Kim Tae Ri sangat menjaga privasinya sehingga sejauh ini tidak ada informasi tentang hubungan asmara sang aktris di masa lalu. Meski demikian, Kim Tae Ri baru-baru ini sempat dirumorkan dekat dengan lawan mainnya di “Space Sweepers”, Song Joong Ki. Rumor kencan tersebut muncul usai foto seorang pria dan wanita yang diduga adalah Song Joong Ki dan Kim Tae Ri saat berkencan di Paris beredar di media sosial.

Dalam foto tersebut, si pria dan wanita tampak tengah bergandengan tangan. Hanya saja, wajah pasangan tersebut tidak tampak karena foto diambil dari belakang. Terkait rumor tersebut, baik agensi Kim Tae Ri maupun Song Joong Ki telah membantah kebenarannya.

”Rumor kencan Song Joong Ki dan Kim Tae Ri sama sekali tidak benar,” demikian pernyataan agensi Song Joong Ki, High Zium Studio. Sedangkan Management MMM selaku agensi Kim Tae Ri menyatakan bahwa, “Rumor kencan itu benar-benar salah.”

Terlepas dari rumor yang sempat menerpanya, Kim Tae Ri kerap menunjukkan sikap perhatian dan bijaksana. Setelah syuting film “1987: When the Day Comes”, Kim Tae Ri menghubungi ibu dari Lee Han Yeol, seorang mahasiswa yang meninggal selama protes demokrasi Korea. Kim Tae Ri meminta maaf kepada ibu tersebut karena menghubunginya begitu larut dan mentraktirnya makanan enak.

Tak hanya itu, Kim Tae Ri juga dikenal sebagai sosok penyayang binatang yang telah mengadopsi dua kucing liar. Ia juga membantu mengiklankan kampanye pendanaan untuk Korea Animal Rights Advocates (KARA) melalui platform donasi online Happybean.

Melanjutkan langkahnya sebagai aktris papan atas, Kim Tae Ri kini dikabarkan sedang mempertimbangkan tawaran untuk membintangi drama baru yang diangkat dari webtoon. “Memang benar bahwa Kim Tae Ri telah menerima tawaran casting dari produser 'Jung Nyeon' (judul literal). Itu salah satu proyek yang dia pertimbangkan,” demikian pernyatan Management MMM pada 16 November 2022.

Webtoon berlatar tahun 1950-an itu menceritakan tentang Yoon Jung Nyeon, seorang gadis muda dari Mokpo yang tidak memiliki uang atau pendidikan, tetapi lahir dengan bakat bernyanyi. Tawaran tersebut sangat menarik bagi para penggemar Kim Tae Ri dan juga webtoon “Jung Nyeon”. Pasalnya, artis webtoon tersebut, Namon, telah menyatakan bahwa ia menciptakan karakter Yoon Jung Nyeon dengan mereferensikan karakter Kim Tae Ri di "The Handmaiden".

Perjalanan panjang Kim Tae Ri dalam mengejar cita-citanya di dunia akting tentunya sangat menginspirasi. Meski banyak menghadapi penolakan, Kim Tae Ri pantang menyerah hingga akhirnya berhasil membintangi film “The Handmaiden” yang mengangkat namanya di dunia hiburan Korea Selatan. Jika ingin tahu lebih banyak informasi mengenai Kim Tae Ri, kalian bisa mencari berita terbaru di laman profilnya berikut ini!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait