Terbaru 'Weak Hero Class 1', Intip 12 Drama Korea yang Angkat Cerita Sisi Kelam Kehidupan Sekolah
TV

Tak melulu menceritakan kisah cinta di sekolah, sejumlah drama Korea bertema sekolah ada yang mengangkat sisi kelam kehidupan para pelajar. Berikut rekomendasinya.

WowKeren - Selain film, serial drama bisa menjadi alternatif lain bagi pembaca yang ingin menikmati cerita seru. Berbeda dengan film yang ceritanya bisa dinikmati secara sekaligus dalam sekali tayangan, serial drama dikemas dalam beberapa episode. Jumlah episodenya pun juga bervariasi ada yang hanya terdiri dari delapan hingga lebih dari dua puluh.

Meski terdiri dari banyak episode, namun cerita yang diangkat biasanya cukup menarik sehingga akan membuat pemirsanya ketagihan untuk menonton lagi dan lagi. Jalan cerita yang tidak bisa ditebak akan membuat pemirsanya penasaran dengan jalan cerita selanjutnya. Oleh sebab itu, hal ini tidak akan membuat penonton bosan dan terus melanjutkan episode demi episode sampai akhir cerita.


Berbicara mengenai drama, drama Korea Selatan masih menjadi yang banyak digandrungi di Indonesia. Genre yang diangkat pun bermacam-macam, begitu juga dengan latar yang diambil untuk ceritanya. Drama yang mengambil tema sekolah misalnya. Drama dengan tema yang satu ini memang tidak akan membuat bosan.

Terlebih lagi ditambah dengan cerita-cerita lain di dalamnya. Tak jarang pula drama Korea dengan tema sekolah mengangkat sisi kelam kehidupan sekolah termasuk perundungan yang dialami oleh para siswanya. Namun sebetulnya, ada banyak sisi kelam kehidupan sekolah yang bisa dikulik dari drama.

Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian untuk melihat rekomendasi drama sekolah apa saja yang mengangkat sisi kelam kehidupan sekolah. Yuk, simak selengkapnya!

(wk/zodi)

1. Weak Hero Class 1 - Bullying


Weak Hero Class 1 - Bullying
Wavve

Drama yang bertema sekolah tak melulu harus berpusat mengenai kehidupan romansa yang manis di antara para karakternya. Ada juga drama Korea bertema sekolah yang mengangkat sisi kelam kehidupan pelajar, seperti "Weak Hero Class 1". Drama yang dikemas dalam delapan episode ini dibintangi oleh Park Jihoon yang memerankan Yeon Si Eun.

Ia digambarkan sebagai seorang siswa teladan yang unggul secara akademik namun memiliki fisik yang lemah. Hal ini kemudian membuatnya menjadi sasaran perundungan siswa lain yang iri dengan prestasi akademiknya. Tak habis akal, ia pun memanfaatkan kecerdasan otaknya untuk melawan intimidasi teman-temannya, meski memiliki fisik yang lemah.

2. Class of Lies - Masalah Finansial


Class of Lies - Masalah Finansial
OCN

"Class of Lies" merupakan drama yang bercerita mengenai seorang pengacara bernama Kim Moon Hyeok (Yoon Kyung Sang) yang berusaha mengungkap kasus pembunuhan yang terjadi di sekolah elit. Sebagai pengacara kondang, ia rela menyamar sebagai guru pengganti di sekolah tersebut demi memecahkan kasus itu.

Selain cerita utama, drama ini juga mengangkat masalah finansial lewat Son Joon Jae (Shin Jae Hwi). Bisnis ayahnya bangkrut sehingga membuat ibunya dan dia sendiri menjadi sasaran rentenir. Sedangkan ayahnya telah melarikan diri ke luar negeri. Di sekolah, ia mengelola pegadaian ilegal dan sekaligus terlibat dalam aksi perundungan.

3. Solomon's Perjury - Misteri Pembunuhan


Solomon's Perjury - Misteri Pembunuhan
JTBC

"Solomon's Perjury" diawali dengan kasus pembunuhan yang menimpa seorang murid laki-laki di sekolah. Meski polisi menetapkan bahwa siswa tersebut meninggal karena bunuh diri, namun sebenarnya itu adalah pembunuhan. Penonton akan dibawa dari satu episode ke episode lain untuk menguak misteri yang ada.

Dengan cerita yang penuh plot twist, dijamin akan membuat penonton semakin penasaran. Selain pembunuhan, drama ini mengangkat praktik bullying yang masih marak terjadi di sekolah-sekolah. Selain itu, drama ini juga memberikan edukasi kepada pemirsa bagaimana para siswa memecahkan kasus dengan prosedur yang mirip pengadilan.

4. Extracurricular - Prostitusi


Extracurricular - Prostitusi
Netflix

Dibalut dengan jalan cerita yang sarat dengan plot twist, tak heran jika drama yang satu ini sukses menarik perhatian pecinta drama korea. "Extracurricular" menceritakan Jisoo (Kim Dong Hee) yang memiliki nilai sempurna. Namun, ia tidak pernah berbuat macam-macam dan sangat sedikit bicara.

Namun rupanya, siapa sangka jika di balik sikapnya yang teladan itu Jisoo ternyata terlibat dalam lingkaran bisnis prostitusi? Bukan tanpa alasan, ia sendiri membutuhkan uang untuk biaya pendidikannya di masa depan. Ia bekerja sama dengan Mr. Lee untuk menyalurkan gadis remaja kepada klien yang membutuhkan.

5. Sky Castle - Persaingan Akademik


Sky Castle - Persaingan Akademik
JTBC

Persaingan demi mendapatkan status sosial yang tinggi adalah hal yang kerap terjadi di tengah masyarakat. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa terlihat lebih hebat dari yang lain, termasuk dari segi kesuksesan. "Sky Castle" berusaha mengangkat masalah ini untuk disajikan kepada penonton.

Drama ini menceritakan kehidupan empat konglomerat di Korea Selatan yang saling bersaing untuk membuat suami mereka lebih sukses. Mereka juga terobsesi membesarkan anak-anak mereka untuk menjadi yang terbaik secara akademis. Bahkan, agar anak-anak mereka bisa masuk universitas ternama mereka tak ragu untuk menggelontorkan banyak uang.

6. The King of Pigs - Kekerasan


The King of Pigs - Kekerasan
TVING

"The King of Pigs" cocok bagi pembaca yang ingin mencari rekomendasi drama bertema sekolah dengan genre thriller dan misteri. Drama ini dibintangi oleh Kim Dong Wook, Kim Sung Kyu, dan Chae Jung Ahn. "The King of Pigs" menceritakan serangkaian kejadian pembunuhan yang dimulai dua dekade lalu.

Orang-orang menceritakan pengalaman mereka sebagai korban kekerasan dari pembunuhan berantai misterius, yang berawal dari pesan seseorang. Drama ini mengangkat tema kekerasan yang terjadi di sekolah maupun yang sudah ada di tengah masyarakat modern. Yang mana, tak jarang kekerasan yang dialami menyisakan trauma mendalam bagi korbannya.

7. Revenge of Others - Balas Dendam


Revenge of Others - Balas Dendam
YouTube/Disney Entertainment Stud

Seperti judulnya, sudah bisa ditebak bahwa drama ini mengangkat cerita balas dendam di antara para karakternya. Rilis tahun 2022, serial drama ini dibintangi oleh Lomon yang beradu akting dengan Shin Ye Eun, Seo Ji Hoon, dan Chae Sang Woo. Mengangkat genre thriller, "Revenge of Others" menceritakan kisah balas dendam remaja.

Drama ini berpusat pada seorang gadis bernama Ok Chan Mi yang berusaha mengungkap misteri di balik kematian saudara kembarnya. Ia merupakan seorang penembak untuk tim sekolahnya. Ia kemudian memutuskan untuk pindah ke sekolah kakaknya guna menggali lebih dalam kasus tersebut. Di usianya yang masih muda, ia memutuskan untuk membalas dendam.

8. Angry Mom - Balas Dendam


Angry Mom - Balas Dendam
MBC

Seorang ibu pada umumnya akan melakukan apa saja demi memastikan keselamatan sang anak. Tentu saja, tidak ada ibu di dunia ini yang suka melihat anaknya menjadi sasaran tindak kekerasan yang dilakukan orang lain. Drama Korea "Angry Mom" menceritakan seorang ibu yang memutuskan untuk melakukan penyamaran demi sang anak.

Pasalnya, anaknya menjadi sasaran perundungan di sekolah. Setelah melaporkan hal itu kepada pihak sekolah, ia tidak mendapatkan tanggapan yang memuaskan sehingga ia memutuskan untuk melindungi putrinya dengan caranya sendiri. Namun seiring berjalannya waktu, ia justru mengungkap masalah yang lebih gelap pada sistem pendidikan.

9. True Beauty - Bullying


True Beauty - Bullying
tvN

Tak semua orang terlahir dengan paras menawan. Sayangnya, tak semua orang mau menghargai perbedaan sehingga tak jarang mereka yang dianggap memiliki paras kurang bagus akan menjadi sasaran tindak kekerasan dan perundungan. "True Beauty" mengangkat cerita semacam itu untuk disajikan kepada penonton.

Diadaptasi dari cerita webtoon, "True Beauty" menceritakan gadis SMA bernama Lim Ju Gyeong (Moon Ga Young) yang merasa rendah diri karena wajah dan penampilannya. Tak hanya mendapat perlakuan diskriminasi dari keluarganya, ia juga menjadi sasaran tindak perundungan di sekolahnya karena dianggap buruk rupa.

10. School 2013 - Tawuran


School 2013 - Tawuran
KBS

Meski merupakan drama lawas, namun "School 2013" bisa masuk ke daftar tonton bagi pemirsa yang ingin melihat drama bertema sekolah. Drama ini menceritakan seputar kehidupan sekolah murid SMA di SMA Seungri. Siswa dari sekolah ini terkenal suka membuat onar. Mereka kerap menindas murid yang lain.

Namun, tanpa mereka sadari, salah satu murid yang mereka ganggu rupanya adalah mantan ketua gangster. Drama ini dibintangi oleh sederet aktor ternama Korea Selatan seperti Lee Jong Suk, Kim Woo Bin, Jang Nara, Choi Daniel, dan Park Se Young. Drama ini mengangkat kisah perjuangan dan dilema yang dihadapi oleh siswa remaja di sekolah.

11. Juvenile Justice - Kriminal Remaja


Juvenile Justice - Kriminal Remaja
Netflix

Tayang di Netflix Februari 2022 lalu, "Juvenile Justice" berhasil menyita perhatian publik. Pada dasarnya, drama ini mengangkat genre kriminal, namun dengan cara yang berbeda. Pasalnya, tindak kriminal yang terjadi dilakukan oleh remaja. Drama yang dibintangi oleh Kim Hye Soo dan Kim Moo Yeol ini membahas peradilan anak di Negeri Ginseng.

Kim Hye Soo berperan sebagai seorang hakim bernama Sim Eun Seok yang tidak suka dengan penjahat remaja. Saat ditugaskan di pengadilan remaja, ia siap menggunakan caranya sendiri untuk menghukum para pelanggar. Drama ini akan mengulas berbagai tindak kriminal yang melibatkan remaja mulai dari perundungan, pelecehan seksual, pembunuhan, hingga prostitusi anak.

12. School 2017 - Korupsi Petinggi


School 2017 - Korupsi Petinggi
KBS2

Korupsi bisa terjadi di mana saja, tak terkecuali di kehidupan sekolah. Drama "School 2017" mengangkat cerita ini. Diceritakan dalam salah satu episodenya bahwa Kim Sejeong sebagai Ra Eun Ho dan Kim Jung Hyun yang memerankan Hyeon Tae Woon menemukan makanan yang melewati tanggal kedaluwarsa.

Tae Woon pun berusaha menyelidiki dugaan korupsi makanan sekolah. Salah seorang wali murid menemukan makanan kadaluwarsa di makan siang sekolah dan berdebat dengan kepala sekolah. Namun, sang kepala sekolah justru berusaha menyogok wanita itu dengan sejumlah uang untuk tutup mulut.

Nah, itulah tadi 12 rekomendasi drama Korea yang mengangkat cerita sisi kelam kehidupan sekolah. Dari deretan drama di atas, mana yang sudah kamu tonton?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait