MAMA 2022: NewJeans Pulang dengan Tangan Hampa Picu Pro-Kontra, CJ ENM Buka Suara
Instagram/newjeans_official
Selebriti

Meski dijuluki 'Monster Rookie', NewJeans tidak mendapatkan penghargaan pribadi untuk artis pendatang baru dalam ajang MAMA 2022. Di tengah pro-kontra, pihak CJ ENM memberikan keterangan resmi.

WowKeren - MAMA Awards 2022 telah selesai digelar di Kyocera Dome, Osaka, Jeoang, pada 29-30 November lalu. Setelah muncul pro kontra soal NewJeans pulang dengan tangan hampa, CJ ENM akhirnya buka suara.

Selain Daesang, kategori yang mencakup artis pendatang baru juga dinantikan penggemar. Pasalnya sepanjang 2022, girl grup pendatang baru terus menghasilkan sensasi. Di antara semua girl grup, IVE dan NewJeans jadi yang paling banyak dibicarakan.

NewJeans barangkali jadi yang paling baru debut di antara nominasi lain, namun perolehannya di chart tidak bisa lagi diragukan. Akan tetapi, NewJeans tidak mendapatkan penghargaan Favorite New Artist. Kategori tersebut telah dimenangkan IVE, NMIXX, LE SSERAFIM dan Kep1er.

Dalam efek media dan pencapaian, IVE dan NewJeans unggul hingga disebut sebagai "Monster Rookie". Mereka menciptakan sensasi global dan memimpin tren.

NewJeans telah menjual album pertama mereka sebanyak 311.271 copy di minggu pertama. Dua lagu mereka "Attention" dan "Hype Boy" secara bergantian menduduki puncak chart digital. Bahkan lagu mereka menjadi saingan ketat dari grup lain yang promosi pada periode sama.


EP debut "NewJeans" masuk dalam 100 Best Albums of 2022 berdasarkan pemilihan Rolling Stone. Sebelumnya, NewJeans bersama dengan IVE memenangkan Rookie of The Year di Melon Music Awards 2022.

NewJeans pulang dengan penghargaan untuk produser mereka Min Hee Jin di MAMA 2022. Tiadanya penghargaan untuk mereka secara pribadi telah memicu perdebatan di kalangan penggemar.

Menurut rilisan sebelumnya, Favorite New Artist merupakan penghargaan terbaru MAMA untuk grup rookie dengan penjualan album lebih dari 1 juta copy. Oleh karena itu, angka 440 ribu copy untuk NewJeans tidak memenuhi standar.

Seorang pejabat CJ ENM merilis pernyataan yang berbunyi, "Untuk penghargaan khusus, para pemenang dipilih dengan mengevaluasi secara komprehensif berbagai data dan makna pencapaiannya dalam kasus di mana (pemenang) menunjukkan hasil luar biasa atau telah mencapai prestasi yang tak tertandingi dalam setiap kategori."

Berdasarkan pernyataan CJ ENM, mereka tidak merujuk pada angka penjualan 1 juta copy. Lebih lanjut, penggemar kian dibuat kebingungan karena standar penilaian yang ada.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru