SMA 2023: Fans BTS dan Stray Kids Putuskan Boikot, Pemenang Tahun Sebelumnya Dipermasalahkan
Musik
Seoul Music Awards 2023

Dengan dimulainya pemungutan suara online untuk ajang penghargaan Seoul Music Awards ke-32, beberapa tim pemungutan suara dari ARMY dan STAY mengungkapkan rencana mereka untuk memboikot.

WowKeren - Pada 6 Desember, Seoul Music Awards (SMA) ke-32 akhirnya membuka voting selulernya untuk publik. Kategori, yang akan membutuhkan suara online sebagai kriteria, termasuk penghargaan utama (Bonsang) Rookie of the Year, Popularity Award, K-Wave Award, OST Award, Trot Award, Ballad Award, dan R&B/Hip Hop Award. Namun, ada rencana untuk melakukan boikot dari penggemar BTS dan Stray Kids.

Di antara kategori yang disebutkan di atas, pemenang Popularity Award (hasil voting domestik) dan K-Wave Award (hasil voting luar negeri) akan dipilih murni berdasarkan voting penggemar. Sedangkan sisa penghargaan akan ditentukan berdasarkan evaluasi juri, penjualan album dan lagu pada tahun 2022 serta 30% voting mobile.

Nominasi dipilih secara khusus dari artis yang merilis album dan sumber suara dari Januari hingga Desember 2022 berdasarkan Hanteo Chart. Putaran pertama pemungutan suara untuk SM akan diadakan mulai pukul 12 malam KST pada tanggal 6 hingga 11:59 p.m. KST pada 25 Desember. Pemungutan suara putaran kedua dimulai dari tengah hari tanggal 27 hingga 23:59 KST pada 15 Januari 2023.

Saat ini, Lim Young Woong memimpin di kategori Bonsang, LE SSERAFIM di penghargaan rookie sementara BTS duduk di puncak kategori penghargaan K-Wave. Banyak fandom K-pop berusaha mengamankan gelar dari upacara penghargaan untuk artis favorit mereka, tapi gerakan "boikot" dari beberapa tim pemungutan suara menarik perhatian.


Dimulai dengan Stray Kids, salah satu tim pemungutan suara dengan 36,5 ribu follower mengumumkan di Twitter keputusannya untuk tidak melanjutkan jajak pendapat Seoul Music Awards. Dalam pernyataan resmi yang dirilis pada 6 Desember, disebutkan tiga alasan mereka memutuskan untuk tidak berpartisipasi.

Pertama, mereka membawa kembali insiden tahun sebelumnya di mana pemenang dikatakan telah diputuskan bahkan sebelum akhir periode pemungutan suara, yang mencerminkan bahwa penghargaan tersebut tidak mempertimbangkan kriteria 30% dari pemungutan suara seluler dengan benar.

Tim pemungutan suara juga memutuskan untuk mencadangkan ruby chamsim mereka untuk IDOLCHAMP dan sumber daya moneter untuk Stray Kids setelah comeback. Mirip dengan mereka, beberapa tim voting dan fanbase BTS juga menyatakan memboikot voting tersebut, dengan mengatakan, "Tidak ada umpan balik dan tidak ada permintaan maaf atas kerusakan yang diderita fandom setiap tahunnya."

Sementara itu, upacara penghargaan Seoul Music Awards ke-32 akan diadakan pada 19 Januari 2023 di KSPO DOME (sebelumnya Gymnastic Stadium) di Olympic Park, Songpa-gu, Seoul.

(wk/dewi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait