11 Grup Idol K-Pop Kehilangan Member Secara Dramatis di Tahun 2022
Instagram
Selebriti

Sederet grup idol K-Pop harus kehilangan membernya dengan berbagai alasan dan cerita tak terduga sepanjang tahun 2022. Grup mana yang kehilangan membernya dan siapa saja? Simak daftar lengkapnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Industri hiburan Korea Selatan tahun ini mengalami berbagai peristiwa dan persoalan. Salah satu yang jadi sorotan adalah banyaknya grup idol K-Pop yang ditinggalkan oleh membernya. Bahkan, ada grup yang ditinggal oleh beberapa membernya sekaligus di tahun 2022.

Berbagai alasan disampaikan pihak agensi atas keluarnya member grup idol mereka. Namun beberapa di antara member idol yang akhirnya keluar diketahui memiliki cerita hingga persoalan dramatis sebelum hengkang dari grup.


Mulai dari terlibat skandal bullying kontroversional yang menghebohkan hingga berjuang menghadapi masalah kesehatan mental. Setelah melewati permasalahan panjang itu, beberapa member idol akhirnya memutuskan untuk meninggalkan grupnya dan mengambil jalan lain.

Menilik hal tersebut, Wowkeren telah merangkum sederet grup idol K-Pop yang harus kehilangan membernya secara dramatis di tahun 2022 ini. Penasaran siapa saja dan bagaimana ceritanya? Yuk langsung simak rangkuman lengkapnya dalam artikel berikut ini!

(wk/amel)

1. TREASURE (Bang Ye Dam-Mashiho)


TREASURE (Bang Ye Dam-Mashiho)
Instagram/yg_treasure_official

TREASURE resmi melakukan debut mereka pada 7 Agustus 2020 setelah melewati survival show YG Enternainment yang terkenal kejam di tahun 2019, "YG Treasure Box" dan terus bertumbuh dengan cemerlang hingga kini. Namun di tengah berbagai pencapaian yang diraih TREASURE, YG secara tak terduga mengumumkan kabar hiatusnya (Bang Ye Dam) dan Mashiho pada awal tahun 2022.

YG menjelaskan bahwa Ye Dam ingin fokus belajar musik untuk jangka waktu tertentu. Sementara Mashiho disebut masih mengalami masalah kesehatan dan memutuskan memperpanjang masa tinggalnya di negara asalnya, Jepang, untuk memulihkan diri bersama keluarga.

Dengan penjelasan singkat itu, fans pun terus menuntut keterangan lebih hingga menimbulkan berbagai kecurigaan dan kekhawatiran. Pada akhirnya kekhawatiran fans terbukti dengan pengumuman mendadak soal keluarnya Ye Dam dan Mashiho dari TRESURE pada 8 November 2022. Fans yang sedih sekaligus syok dengan kabar itupun mengenang kembali perjuangan keras penuh keringat dan air mata Ye Dam-Mashiho untuk debut hingga mimpi-mimpi yang ingin mereka capai bersama TREASURE.

2. LE SSERAFIM (Kim Garam)


LE SSERAFIM (Kim Garam)
Instagram/le_sserafim

LE SSERAFIM yang debut pada 2 Mei 2022 diekspektasikan sebagai girl group papan atas generasi 4 dari HYBE dan Sourse Music. Namun semenjak sebelum debut resmi, grup ini nyatanya telah diserang dengan isu skandal bullying salah satu membernya, Kim Garam.

Kim Garam disebut terlibat kasus bulliying parah hingga dapat hukuman level 5 saat masih SMP. Kim Garam membantah isu tersebut dan tetap kekeh bertahan di LE SSERAFIM di tengah deretan pernyataan mengerikan mengenai kasusnya terungkap ke publik dari pihak-pihak yang mengaku korban. Akibatnya, berbagai kritik dan protes pun terus mengalir dari publik kepada Kim Garam, LE SSERAFIM serta perusahaan.

Setelah saling serang dengan pernyataan berlawanan tak berujung dengan pihak terduga korban, Kim Garam akhirnya diputuskan untuk hiatus sementara dari aktivitas LE SSERAFIM yang usia debutnya masih seumur jagung. Setelah berbagai pro kontra, Pada 20 Juli 2022, HYBE akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kontrak eksklusif dengan Kim Garam, dan LE SSERAFIM selanjutnya akan beraktivitas sebagai grup beranggotakan 5 orang.

3. ONEUS (Ravn)


ONEUS (Ravn)
Instagram/official_oneus

ONEUS yang telah debut sejak 9 Januari 2019 lalu tiba-tiba terusik masalah setelah salah satu membernya, Ravn terlibat skandal kencan. Pada bulan Oktober lalu, Ravn ONEUS terseret rumor berselingkuh hingga melakukan gaslighting.

Seorang wanita asal Jepang (A) mengaku sebagai mantan kekasih Ravn dan membeberkan sederet perilaku buruk sang idol saat mereka berkencan. Tak hanya itu, A juga menyebut bahwa Ravn juga melakukan hubungan badan dengannya saat ia tidak dalam kondisi sadar pada awal pertemuan mereka di tahun 2020.

Pada 17 Oktober 2022, pihak agensi, RBW Entertainment mengumumkan bahwa Ravn akan hiatus sementara dari kegiatan grup setelah berjanji akan menyelidiki masalah tersebut. Namun pada 27 Oktober, RBW mengumumkan bahwa Ravn memutuskan sendiri untuk meninggalkan ONEUS karena merasa bersalah telah merusak citra grup. Meski begitu, pihak agensi menegaskan bahwa rumor soal masalah kencan yang beredar adalah salah besar.

4. Secret Number (Denise)


Secret Number (Denise)
Instagram/secretnumber.official

Secret Number debut dengan formasi awal 5 member pada 19 Mei 2020 lalu. Secret Number mendapat popularitas tinggi di awal debutnya hingga raih penghargaan sebagai Rookie of The Year di Asia Artist Award 2020 lalu. Meski kariernya terhitung mulus, Denise Secret Number secara tak terduga memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak dengan agensi dan otomatis keluar dari grup.

Fans tampaknya juga telah menduga keputusan Denise untuk tak memperpanjang kontrak dengan agensi, Vine Entertainment setelah sebelumnya absen dari aktivitas dan promosi comeback ke-3 Secret Number di tahun 2021. Kala itu Denise absen dari comeback Secret Number karena dalam tahap negosiasi kontrak dengan agensi.

Dan benar saja, pada bulan Februari 2022, Denise akhirnya mengumumkan sendiri bahwa dia secara resmi telah hengkang dari Secret Number karena masa kontrak dengan agensi berakhir. Sementara itu kini Secret Number aktif berpromosi sebagai grup 6 angota dengan tambahan dua member.

5. A Pink (Na Eun)


A Pink (Na Eun)
Instagram/official.apink2011

Debut pada 19 April 2011, A Pink adalah salah satu idol grup K-Pop generasi 3 yang masih eksis hingga saat ini. Namun jelang momen perayaan anniverasary A Pink yang ke-11 tahun ini, kabar mengejutkan malah diumumkan mengenai hengkangnya Na Eun dari grup.

Pada bulan April 2022, agensi yang menaungi A Pink, IST Entertainment mengkonfirmasi keluarganya Na En dari grup. A Pink akan melanjutkan aktivitas mereka sebagai lima member menjelang perilisan lagu peringatan 11 tahun mereka. Na Eun tak bisa lagi berpartisipasi dengan aktivitas A Pink karena jadwal yang bentrok dengan jadwal individunya.

Diketahui bahwa Na Eun telah meninggalkan agensi A Pink pada bulan April tahun 2021 tapi tetap menjadi anggota grup. Na Eun kemudian menandatangani kontrak dengan YG Entertainment sebagai aktris pada bulan Mei 2022. Kini Na Eun pun akan fokus pada karier aktingnya setelah meninggalkan A Pink.

6. Weekly


Weekly
Instagram/_weeekly

Weekly berakhir dengan kehilangan Jiyoon setelah salah satu membernya itu telah berjuang dengan gangguan kecemasannya dalam waktu yang lama. Jiyoon terungkap telah berjuang menghadapi gangguan kecemasannya sejak tahun 2021 lalu.

Pertama, Jiyoon hiatus pada Agustus 2021 karena gangguan kecemasan dan tidak bisa berpartisipasi pada promosi comeback "Holyday Party". Jiyoon kemudian mulai kembali melanjutnya aktivitas bersama Weekly pada Desember 2021. Namun Jiyoon sekali lagi diumumkan hiatus pada bulan Februari 2022, sebelum comeback Weeekly dengan album "Play Game: AWAKE".

Hingga akhirnya Jiyoon diumumkan resmi keluar dari Weekly pada 1 Juni 2022. IST Entertainment selaku agensi Weekly menjelaskan bahwa Jiyoon meninggalkan grup karena masalah kesehatan mental.

7. VICTON (Heo Chan)


VICTON (Heo Chan)
Instagram/victon1109

VICTON ditinggalkan salah satu membernya pada 2022 setelah tujuh tahun debut. Heo Chan berakhir keluar dari VICTON setelah terlibat kasus DUI (driving under influence). Heo Chan dikonfirmasi tercidup polisi berkendara dengan kondisi mabuk pada 20 September 2022.

Agensi VICTON, IST Entertainment pun mengumumkan penangguhan aktivitas Heo Chan setelah mengkonfirmasi kabar tersebut. Kasus ini membuat semua orang terkejut. Pasalnya, kejadian ini baru terembus publik setelah dua hari kejadian. Heo Chan sendiri diketahui juga menyampaikan permintaan maaf setelah kejadian tersebut.

Hingga akhirnya pada 11 Oktober IST Entertainment mengumumkan hengkangnya Heo Chan dari VICTON usai terlibat kasus DUI. Keputusan itu diambil setetelah IST dan VICTON melakukan pembicaraan. VICTON pun kini aktif sebagai grup dengan 6 member.

8. TO1 (Jerome-Chihoon-Minsu-Woong Gi)


TO1 (Jerome-Chihoon-Minsu-Woong Gi)
Instagram/to1_offcl

TO1 atau yang awalnya bernama TOO telah melalui jalan terjal sejak debut mereka pada 1 April 2020. Grup ini akhirnya mengumumkan perubahan nama mereka menjadi TO1 pada 28 Maret 2021. Sementara tahun 2022 tampaknya menjadi pukulan sendiri pagi TO1 yang ditinggal langsung oleh 4 member sekaligus.

Chihoon TO1 memutuskan untuk meninggalkan grup pada 30 April 2022. Tiga member TO1 yang lain, Jerome, Minsu, dan Woong Gi juga mengikuti jejak Chihoon. Ketiganya memutuskan hengkang dari TO1 pada 17 Juni 2022.

Setelah ditinggal pergi 4 anggota, TO1 menambahkan 3 member ke grup. Mereka adalah Daigo, Renta dan Yeojeong. Kini TO1 pun resmi menjalani aktivitas sebagai grup idol dengan 9 anggota.

9. Oh My Girl (Jiho)


Oh My Girl (Jiho)
Instagram/wm_ohmygirl

Oh My Girl sekali lagi kehilangan member setelah 7 tahun debut sebagai grup idol K-Pop sejak 21 April 2015. Pada tahun 2022, Oh My Girl ditinggal pergi Jiho yang lebih memilih untuk fokus ke karier aktingnya.

Jiho meninggalkan grup dan agensi Oh My Girl, WM Entertainment pada 9 Mei 2022. Jiho memilih untuk meninggalkan agensi dan grup setelah kontraknya berakhir.

Setelah resmi hengkang dari Oh My Girl, Jiho akan menapaki karier sebagai seorang aktris. Ia bahkan sudah resmi meneken kontrak dengan agensi P& Studio. Jiho bakal berada satu agensi dengan aktor Park Hyungsik.

10. Purple Kiss (Park Ji Eun)


Purple Kiss (Park Ji Eun)
Instagram/purplekiss_official

RBW entertainment secara tiba-tiba mengumumkan keluarnya Park Ji Eun dari girl group Purple Kiss pada 18 November 2022. Dengan demikian, girl group yang dibentuk sejak tahun 2020 lalu itu akan melanjutkan aktivitas mereka dengan formasi enam 6 member.

Namun ada cerita mengkhawatirkan di balik hengkangnya Park Ji Eun dari Purple Kiss. Park Ji Eun sebelumnya harus rehat dari seleuruh aktivitas grup karena kondisi kesehatan yang memburuk secara terus menerus hingga adanya gejala kecemasan selama kegiatan bersama Purple Kiss. Profesional menyarankan bahwa Park Ji Eun membutuhkan istirahat dan stabilitas yang cukup.

Hingga akhirnya selama waktu istirahat itu, RBW dan Park Ji Eun yang melakukan diskusi dan berakhir dengan sebuah kesepakatan berat. Park Ji Eun keluar dari Purple Kiss dan memulai jalan baru. RBW pun meminta penggemar untuk tetap mendukung Park Ji Eun dan Purple Kiss meski sudah menempuh jalur berbeda.

11. NMIXX (Jinni)


NMIXX (Jinni)
Instagram/nmixx_official

JYP Entertainment membuat pengumuman yang mengejutkan dan begitu tiba-tiba soal keluarnya salah satu member NMIXX, Jinni. Tak ada angin tak ada hujan, JYP tiba-tiba mengumumkan bahwa Jinni telah keluar dai NMIXX  pada Jumat (9/12) lalu. Jinni disebut memutuskan kontrak dengan agensi dan hengkang dari grup karena alasan masalah pribadi.

Hal itupun sukses membuat penggemar syok dan sedih. Pasalnya, Jinni merupakan salah satu member NMIXX dengan masa pelatihan terlama. Jinni diketahui telah menjadi trainee selama 7 tahun sebelum akhirnya debut.

Penggemar pun menuntut protes dan penjelasan lebih rinci mengenai alasan hengkangnya Jinni yang begitu tiba-tiba. Bahkan muncul rumor dari YouTuber kontroversial Sojang soal Jinni yang terciduk kunjungi motel dengan pacar. Namun sayangnya JYP tegas dengan sikap mereka untuk tidak memberi tahu alasan hengkangnya Jinni secara lebih jelas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait