Pele Legenda Sepakbola Meninggal Dunia, Kisah Heroik Hentikan Perang Terkuak
Instagram/pele
Selebriti

Pele Sang Raja meninggal dunia di usia 82 tahun setelah berjuang melawan kanker usus. Semasa hidup, ia dikenal sebagai pemain terbaik sepanjang masa yang bahkan sempat menghentikan sementara perang saudara di Nigeria lewat pertandingannya.

WowKeren - Dunia olahraga sepakbola tengah berduka. Setelah gelaran Piala Dunia 2022, salah satu legenda sepakbola yakni Pele meninggal dunia.

Pele meninggal di usia 82 tahun setelah berjuang melawan kanker usus. Legenda asal Brasil tersebut meninggal dunia di rumah sakit Albert Einstein, Sao Paulo pada 29 Desember 2022. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam. Semasa hidup, ia dikenal sebagai pesepakbola terhebat sepanjang masa.

Lahir pada 23 Oktober 1940, pesepakbola bergelar Sang Raja ini memulai karir di sepakbola pada 1956. Kala itu, Pele mengikuti seleksi pemain di klub Santos di usianya yang masih sekitar 15 tahun. Sejak masih muda, Pele sudah diprediksi oleh pemandu bakat kalau ia akan menjadi pemain terbaik dunia. Terbukti, ia sudah diincar sejumlah klub besar diantaranya Real Madrid, Manchester United dan Juventus setelah tampil membela Brasil di Piala Dunia 1958. Namun saat itu, Brasil melarang Pele bermain di luar negaranya karena ia dianggap sebagai aset atau harta karun.

Dalam sejarah piala dunia, Pele tercatat menyumbangkan kemenangan untuk Brasil yakni pada 1958, 1962, dan 1970. Tak cuma itu, Pele juga menjadi orang termuda yang pernah tampil dalam final Piala Dunia dalam usia 17 tahun 249 hari ketika bermain perdana di kompetisi 1958.


Kiprah Pele di pertandingan sepakbola memang sukses mencuri perhatian. Bahkan ia bisa dikatakan sebagai pahlawan mengingat dirinya ternyata pernah sukses menghentikan sementara perang saudara di Nigeria lewat pertandingan bola.

Kala itu, Pele dan klubnya, Santos, melakukan tur ke Lagos disaat perang saudara Nigeria-Biafra sedang berkecamuk pada Januari 1969. Namun demi menyaksikan Pele bertanding, kedua belah pihak melakukan gencatan senjata selama 48 jam.

"Enggak usah khawatir. Mereka akan menghentikan perangnya. Enggak ada masalah," curhat Pele. "Rekan-rekan setim saya ingat melihat bendera-bendera putih dan poster-poster yang bertuliskan bahwa akan ada perdamaian hanya untuk melihat Pele bermain."

Pele dan klubnya pun bertanding sekuat tenaga serta menunjukan penampilan terbaik mereka. Dalam laga uji coba itu, Pele cs melawan Stationery Stores FC dengan akhir seri 2-2.

Yang menarik, Pele juga sempat melawan Timnas Indonesia di awal karirnya. Bersama klub Santos, Pele melakoni laga persahabatan melawan Timnas Indonesia di SUGBK Jakarta pada 21 Juni 1972. Kala itu, Pele dan Santos menang 3-2 melawan Timnas. Ia sempat menyumbangkan satu dari 3 gol dalam laga persahabatan itu.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru