Riwayat Hidup
Instagram/amandamanopo
Selebriti

Intip kisah dan perjalanan karir Amanda Manopo, aktris cantik pemeran Andin di sinetron 'Ikatan Cinta' yang sudah pernah mendapatkan penghargaan dari Seoul International Drama Awards!

WowKeren - Gabriela Amanda Manopo Lugue atau yang lebih dikenal sebagai Amanda Manopo lahir di Jakarta pada 6 Desember 1999. Ia merupakan anak bungsu dari dua bersaudara dan memiliki seorang kakak perempuan bernama Felicia Angelica Manopo Lugue. Ayah Amanda Manopo adalah seorang pria keturunan Spanyol, sedangkan ibunya diketahui berdarah Manado.

Amanda Manopo telah didukung sang ibu untuk terjun ke dunia hiburan sejak kecil. Menurut Amanda Manopo, dirinya sudah syuting sejak baru berusia satu tahun. Kala itu, teman ibu Amanda Manopo menawarinya untuk menjadi bintang iklan. Setelah itu, Amanda Manopo kembali melanjutkan karier sebagai bintang iklan di usia 8 tahun.

"Aku syuting dari umur 1 tahun untuk iklan. Ada teman mama yang nawarin. Terus lanjut lagi umur 8 tahun sampai umur 13 tahun, itu masih iklan-iklan aja," beber Amanda Manopo kepada JawaPos.com.

Gadis berzodiak Sagitarius tersebut telah membintangi sederet iklan dari berbagai merek sejak kecil. Mulai dari shampoo, pasta, snack, hingga skincare. Amanda Manopo sempat menyatakan bahwa dirinya sudah mulai bekerja mencari uang sejak usia 8 tahun karena dirinya tidak datang dari keluarga kaya raya.

"Dari umur 8 tahun. 8 tahun aku udah kerja cari duit karena aku bukan dari keluarga yang berkecukupan. Berkecukupan, tapi tidak lebih," ungkap Amanda Manopo dalam salah satu sesi live Instagram-nya beberapa waktu lalu.

Amanda Manopo kemudian mulai merambah ke dunia akting pada tahun 2012. Kala itu, ia mendapat peran di film "Sampai Ujung Dunia" dan memainkan karakter Lilik kecil. Selain itu, Amanda Manopo juga mulai membintangi sejumlah sinetron. Mulai dari "Biru", "Tendangan Si Madun Returns", hingga "Malu-Malu Kucing".

Nama Amanda Manopo makin melambung lewat sinetron "Mermaid in Love" yang tayang pada 2016. Dalam sinetron tersebut, Amanda Manopo berperan sebagai seorang putri duyung bernama Ariel dan beradu akting dengan aktor tampan Angga Yunanda. Berkat sinetron tersebut, nama Amanda Manopo masuk dalam nominasi Aktris Terfavorit di ajang Panasonic Gobel Awards 2016.

Amanda Manopo merasa sinetron "Mermaid in Love" membuat jumlah penggemarnya bertambah. Ia pun semakin banyak dikenali orang kala berjalan-jalan ke tempat publik. "Perubahan emang ada, jadi makin dikenal. Untungnya mereka enggak manggil Ariel. Hanya anak-anak kecil atau ibu muda yang manggil Ariel. Mereka baper banget dengan sinetron ini," beber Amanda Manopo kepada Bintang.com.

Wajah cantik Amanda Manopo juga kerap menghiasi layar kaca lewat FTV. Amanda Manopo bahkan mendapat nominasi Pemeran Wanita Terpuji Film Televisi di ajang Festival Film Bandung 2018 lewat FTV "Pemuja Mantan". Hingga kini, Amanda Manopo tercatat sudah membintangi puluhan judul FTV.

Popularitas Amanda Manopo kemudian meledak dengan sinetron hits "Ikatan Cinta" yang dibintanginya bersama Arya Saloka sejak 2020. Chemistry manis Amanda Manopo dengan Arya Saloka di sinetron tersebut membuat banyak penggemar merasa baper. Sinetron tersebut menuai kesuksesan besar hingga mencatatkan rating tinggi. Menurut data Nielsen, "Ikatan Cinta" memiliki rating 12,0 pada 2021 dan membuatnya menjadi sinetron dengan rating tertinggi di Indonesia.

Akting Amanda Manopo di sinetron “Ikatan Cinta” juga diganjar sejumlah penghargaan. Di antaranya Aktris Sinetron Terpopuler dari Indonesian Television Awards, Pemeran Utama Wanita Terfavorit dari Indonesian Drama Series Awards, hingga Pasangan Sinetron Tersilet bersama Arya Saloka dari Silet Awards. Amanda Manopo bahkan menyabet penghargaan internasional dari Asian Academy Creative Awards 2021 dalam kategori The Best Actress in a Leading Role.

Dari sisi kehidupan pribadi, Amanda Manopo diketahui sempat mengencani sejumlah pria tampan. Salah satunya adalah putra Maia Estianty, El Rumi. Fakta tersebut baru terungkap belakangan ini, kala El Rumi diundang ke kanal YouTube Sule Production pada 2022. Dalam kesempatan tersebut, El Rumi akhirnya membenarkan bahwa dirinya dan Amanda Manopo pernah menjalin asmara saat masih remaja.

”Pacaran dulu sama Amanda. Cuma sebentar doang,” ungkap El Rumi.

Setelah itu, Amanda Manopo juga pernah menjalin kasih dengan aktor Esa Sigit. Kala itu, Amanda Manopo memuji sifat Esa Sigit yang dinilainya dewasa. Amanda Manopo juga kagum dengan sosok Esa Sigit yang menyayangi ibunya.

Pasangan tersebut sempat bersama-sama memulai bisnis kuliner yang dinamakan “EnA Wings”. Nama tersebut merupakan gabungan dari inisial “E” di Esa Sigit dan “A” di Amanda Manopo. Sayangnya, hubungan asmara Amanda Manopo dan Esa Sigit harus kandas pada pertengahan tahun 2017. Bisnis yang mereka bangun pun juga harus tutup.

Setelah putus dari Esa Sigit, Amanda Manopo mulai berpacaran dengan aktor tampan Christ Laurent. Keduanya mulai menjalin hubungan asmara setelah sama-sama membintangi sinetron “Hati yang Memilih”. Amanda Manopo dan Christ Laurent kerap menghabiskan waktu bersama dan membagikan foto mesra mereka ke media sosial.

Keduanya menjalani hubungan dengan serius dan bahkan sudah memiliki rencana untuk menikah. Amanda Manopo dan Christ Laurent dikabarkan telah mencicil kredit rumah bersama sejak masih berpacaran. Orangtua kedua belah pihak juga disebut-sebut sudah memberikan lampu hijau. Namun asmara mereka justru kandas pada 2020.

”Sudah lama (putus sama Christ Laurent) awal tahun 2020. Ya gimana ya, mungkin sudah enggak cocok, mencoba pun, ternyata Tuhan kasih jalan dia seperti ini dan aku seperti ini,” terang Amanda Manopo.

Amanda Manopo kemudian sempat menjalin kasih dengan Billy Syahputra. Awalnya, Amanda Manopo dan Billy Syahputra dipertemukan dalam sebuah acara komedi dimana keduanya diharuskan membuat gimmick bersama. Billy Syahputra kemudian terus mencoba untuk membangun keakraban dengan Amanda Manopo hingga keduanya merasa nyaman.

Namun baru jalan delapan bulan, hubungan asmara mereka akhirnya kandas. Menurut Amanda Manopo, dirinya putus dari Billy Syahputra karena sudah tidak ada kecocokan. “Sudah intropeksi, ternyata udah enggak bisa. Dan ada rasa kekecewaan, rasa kepercayaan ternyata dikhianati terus akhirnya mencoba untuk melupakan itu semua. Ternyata enggak bisa aja sih,” beber Amanda Manopo beberapa waktu lalu.

Pada Agustus 2022, Amanda Manopo kembali dikabarkan tengah menjalin asmara dengan seorang pria. Ia membagikan fotonya yang menyender mesra ke bahu seorang pria ke media sosial, namun menutupi wajah cowok tersebut dengan stiker bertuliskan “I Love You”. Amanda Manopo kemudian menjelaskan bahwa kekasih barunya bukan berasal dari kalangan selebriti. “Untuk saat ini saya mau dia merasakan layaknya sebagai manusia aja, sih. Karena dia bukan orang entertainment, dia nggak tahu apa-apa,” terangnya.

Belakangan, beredar rumor bahwa Amanda Manopo berpacaran dengan seorang pendeta muda bernama Jonathan Lansing. Keduanya diduga merayakan Natal 2022 bersama-sama dengan keluarga besar Amanda Manopo di sebuah restoran mewah. Meski demikian, Amanda Manopo masih belum mengkonfirmasi kabar tersebut.

Di sisi lain, Amanda Manopo yang berprestasi rupanya juga beberapa kali sempat terseret kontroversi. Beberapa waktu lalu, Amanda Manopo sempat dikritik karena dinilai memakai busana kelewat seksi di pernikahan sahabatnya, Glenca Chysara. Selain di pernikahan Glenca Chysara, gaun Amanda Manopo di ajang penghargaan Silet Awards 2022 juga dikritik terlalu terbuka.

Meski ramai dikritik soal pakaiannya, Amanda Manopo rupanya tak ambil pusing. Ia mengaku hanya ingin menjadi diri sendiri. Oleh sebab itu, Amanda Manopo memilih untuk tidak terlalu menanggapi komentar-komentar negatif soal gayanya. "Enggak tahu ya, aku cuma ingin menjadi diri aku sendiri aja, mungkin pro kontra itu hal yang wajar," ujar Amanda Manopo. "Aku enggak terlalu nanggepin sih."

Selain soal gaya berpakaian, Amanda Manopo juga sempat terseret rumor perselingkuhan dengan Arya Saloka, lawan mainnya di sinetron "Ikatan Cinta". Sebagai informasi, Arya Saloka telah membina rumah tangga dengan aktris cantik Putri Anne sejak 2017 dan telah dikaruniai seorang putra.

Awalnya, chemistry apik Amanda Manopo dan Arya Saloka di "Ikatan Cinta" memang membuat banyak penggemar baper. Mereka berdua lantas sering mendapat proyek bersama sebagai pasangan di luar "Ikatan Cinta". Namun kedekatan keduanya di dunia nyata mulai menuai sorotan usai foto mesra mereka beredar pada pertengahan 2021.

Dalam foto tersebut, Amanda Manopo dan Arya Saloka tampak sedang menjalani sesi pemotretan. Arya Saloka yang mengenakan setelan jas tampak duduk di sebuah kursi. Sedangkan Amanda Manopo yang mengenakan dress seksi dengan slit tinggi tampak mengalungkan kedua lengannya ke leher Arya Saloka dan menopangkan lututnya ke paha sang aktor. Terkait foto tersebut, manajer Amanda Manopo menjelaskan bahwa sudah ada fashion stylist dan pengarah gaya yang mengatur pemotretan itu.

Hubungan keduanya juga kembali disorot setelah video mesra Amanda Manopo dan Arya Saloka di dalam mobil viral. Dalam video tersebut, Arya Saloka tampak menciumi lengan Amanda Manopo. Keduanya kemudian tersenyum manis dan terkekeh di depan kamera. Video tersebut lantas memunculkan rumor perselingkuhan Arya Saloka dengan Amanda Manopo.

Terkait rumor tersebut, Arya Saloka sudah sempat buka suara. Ia menegaskan bahwa hubungannya dengan Amanda Manopo hanya sebatas profesional sebagai sesama aktor yang membintangi sinetron yang sama. Untuk itu, Arya Saloka meminta netizen untuk tidak terus mengaitkan kedekatannya dengan Amanda Manopo di layar kaca ke dunia nyata.

"Baper di sinetron aja lah. Kan, Manda sudah ada pasangannya, yang mungkin udah ada tahap maju lagi," beber Arya Saloka dalam video di kanal YouTube Starpro Indonesia. "Kalau dikait-kaitkan jangan lah gitu. Kasihan."

Terlepas dari kontroversi yang sempat menyeretnya, Amanda Manopo dikenal sebagai salah satu selebiriti yang kerap menggunakan platformnya untuk melakukan kebaikan. Di awal pandemi COVID-19, Amanda Manopo sempat menjual koleksi barang pribadinya untuk kepentingan donasi. Hasil jualan tersebut kemudian dipakai untuk membeli bahan sembako yang kemudian dibagi-bagikan kepada orang yang membutuhkan.

Selain itu, Amanda Manopo juga sempat menjual baju-baju yang pernah dipakainya untuk syuting sinetron "Ikatan Cinta" sebagai Andin. Amanda Manopo bahkan meluncurkan akun Instagram @bajuandinalfahri khusus untuk menjual baju-baju tersebut. Hasil penjualan baju tersebut kemudian digunakan Amanda Manopo untuk membantu para korban bencana.

Kini, Amanda Manopo masih aktif di dunia akting dan memerankan Andin di sinetron "Ikatan Cinta". Meski demikian, Amanda Manopo diketahui sudah cuti syuting semenjak perayaan Natal 2022 hingga Tahun Baru 2023. Karakter Andin di "Ikatan Cinta" pun dibuat tak sadarkan diri di rumah sakit selama Amanda Manopo cuti. Jika ingin mengikuti perkembangan Amanda Manopo, cek berita terbaru di laman profilnya berikut ini!

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru