Kontroversi Jay ENHYPEN Singgung Sejarah Korea Trending di Tiongkok
Selebriti

Kontroversi yang ditimbulkan Jay ENHYPEN saat menyinggung sejarah Korea dalam live beberapa waktu lalu ternyata meluas. Kali ini kasus tersebut menjadi trending di media sosial.

WowKeren - Kontroversi yang baru-baru ini melibatkan Jay ENHYPEN ternyata meluas. Pernyataannya yang menyinggung sejarah Korea menjadi trending di Tiongkok secara real time.

Pada 10 Januari lalu, Jay dan Sunghoon melakukan live di Weverse yang menjadi awal mula kontroversi ini. Percakapan mereka mendapatkan perhatian karena Jay dinilai menggambarkan sejarah Korea dengan tidak tepat.

"Aku suka belajar sejarah, tapi tidak banyak acara dan hal yang bisa dipelajari tentang sejarah Korea. Jika kamu mempelajari atau melihatnya, mungkin, hanya perlu beberapa minggu dan berakhir cepat. Ini seperti cerita pendek," kata Jay.

Sunghoon menanggapi, "Ada banyak hal yang harus dipelajari tentang sejarah Korea."

Jay lalu menjelaskan bahwa ia telah selesai mempelajari sejarah Korea dengan cepat. Kemudian ia membandingkan dengan sejarah dunia. Ucapan Jay ini lantas mendapatkan reaksi keras dari netizen Korea yang merasa sejarahnya dikecilkan.


Kontroversi Jay ENHYPEN Singgung Sejarah Korea Trending di Tiongkok

Source: KBizoom

Pada 11 Januari, Jay meminta maaf atas pernyataannya yang ceroboh dan mengakui kesalahannya. Namun amarah netizen tidak reda karena Jay menyebutkan "untuk alasan apapun" dalam permintaan maafnya. Meski Jay berkewarganegaran Korea-Amerika, dikhawatirkan pernyataannya memberi pengaruh global negatif.

Beberapa hari setelahnya, apa yang dikhawatirkan netizen mengenai pernyataan Jay terwujud. Pada 14 Januari, netizen membicarakan tentang pernyataan Jay soal sejarah Korea trending di peringkat 4 di pencarian real-time Tiongkok. Selain itu banyak artikel dengan foto Jay disorot media Tiongkok.

Kritik pun tidak hanya dilayangkan pada Jay, melainkan juga untuk BE:LIFT LAB dan HYBE. Agensi dikecam karena tidak memberikan kesadaran sejarah dengan baik dan menangani masalah terkait kewarganegaraan member. Padahal HYBE punya banyak sub-label dengan grup idol global.

"HYBE harus memberikan pelajaran sejarah kepada idola mereka," kata salah satu netizen. "Jika kamu memperhatikan kelas sejarah di sekolah, kamu tidak akan pernah membandingkan sejarah Korea dengan cerita pendek," imbuh netizen lain.

Sementara itu, Jay telah debut bersama ENHYPEN sejak 2020 lalu. Grup jebolan "I-Land" itu memulai kariernya dengan album "BORDER: DAY 1" dan title track "Given-Taken". Baru-baru ini, mereka sedang disibukkan dengan tur "MANIFESTO" yang jadi pertama kalinya sejak debut.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait