Popularitas NewJeans Diragukan, Angka Streaming dan Skor 'Music Bank' Picu Pertanyaan
Twitter/00468212
Musik

Hasil digital tinggi NewJeans saat ini diduga berkat CEO Min Hee Jin, 'ibu' grup tersebut. Min Hee Jin dituduh menghabiskan uang untuk lagu-lagu NewJeans untuk ditambahkan ke daftar putar besar Spotify.

WowKeren - Sebagai salah satu girl grup generasi ke-4 paling populer saat ini, 5 bulan setelah debut mereka, NewJeans telah mencatat pencapaian mengesankan yang tak terhitung jumlahnya, terutama di tangga lagu digital. Namun, baru-baru ini di komunitas online Korea, netizen meragukan keaslian prestasi NewJeans dan apakah mereka benar-benar memiliki fandom besar atau tidak.

Secara khusus, netizen berspekulasi bahwa hasil digital tinggi NewJeans saat ini semuanya berkat CEO Min Hee Jin, "ibu" grup tersebut. Min Hee Jin dituduh menghabiskan uang untuk lagu-lagu NewJeans untuk ditambahkan ke daftar putar besar Spotify. Oleh karena itu, lagu-lagu NewJeans muncul di 500 daftar putar, sehingga jumlah streaming total grup menjadi sangat banyak.

Netizens menulis, "Semua streaming NewJeans berasal dari daftar putar. Min Hee Jin membeli semua playlist ini agar grup tersebut memiliki lebih dari 500 playlist dan mencapai 76 juta streaming hanya dalam 15 hari untuk lagu yang tidak viral di mana pun."

"Playlist Reach adalah jumlah total follower dari semua daftar putar yang berisi lagu artis tersebut. Misalnya: Seorang artis ditambahkan ke 10 daftar putar dan setiap daftar putar memiliki 100.000 follower, total jangkauan daftar putar adalah 1 juta."


Selain itu, skor "Music Bank" NewJeans baru-baru ini memiliki suara lebih sedikit daripada Moonbin dan Sanha ASTRO, yang membingungkan ketika pre-order album mereka melampaui 700 ribu, lebih dari 6 kali lebih tinggi daripada Moonbin dan Sanha. Meski masih meraih juara 1 "Music Bank", ketidakkonsistenan ini membuat netizen skeptis dengan popularitas NewJeans.

Sikap skeptis ini membuat komunitas penggemar NewJeans marah dan memicu kontroversi. Menurut banyak netizen, NewJeans adalah grup rookie dan mereka tidak memiliki fandom yang besar tapi grup tersebut jelas memiliki pengakuan yang tinggi. Lagu-lagu grup semuanya menjadi hit yang sangat viral di SNS, terutama TikTok. Namun, grup rookie yang dengan cepat menjadi sukses seperti NewJeans entah bagaimana selalu terjebak dalam kontroversi. Sebelumnya, IVE dan "After LIKE" memiliki masalah serupa.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa NewJeans menjadi pilihan masyarakat," komentar netizen. "Banyak orang berbicara tentang grup ini yang memanipulasi chart Melon," kata netizen lainnya. "Tentu, itu aneh. Penjualan album bagus tapi peringkat digitalnya aneh... Dan grup ini bahkan tidak memiliki fans internasional," ujar yang lain.

"Saat 'After LIKE' IVE sukses, grup tersebut dikritik... Kali ini giliran NewJeans. Semua grup yang sukses akan dituduh curang," kata netizen. "Sejujurnya, pencapaian NewJeans adalah berkat Min Heejin. Yang dimiliki tim ini hanyalah konsep pemasaran. Melihat keterampilan masing-masing individu, mereka seperti idol perusahaan kecil dan menengah," tambah lainnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait