Birthday Spotlight: Happy Ten Day
Instagram/tenlee_1001
Selebriti

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Ten NCT/WayV yang merayakan ulang tahunnya yang ke-27 (28 tahun menurut perhitungan Korea) pada 27 Februari lalu.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Ten NCT/WayV yang merayakan ulang tahunnya yang ke-27 (28 tahun menurut perhitungan Korea) pada 27 Februari lalu. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun kedelapan yang dirayakan pemilik nama lengkap Chittaphon Leechaiyapornkul itu sebagai idol.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Ten lahir di Bangkok, Thailand, pada 27 Februari 1996 dari keluarga Tionghoa Thailand. Ia belajar di Shrewsbury International School yang dikenal sebagai salah satu sekolah elit di Bangkok.

Pada Januari 2011, di usia 15 tahun, Ten berkompetisi di acara Thailand "Teen Superstar", dengan nama panggung TNT. Ia menang dan mendapatkan kesempatan untuk menandatangani kontrak dengan agensi Korea Selatan Starship Entertainment, meskipun keluarganya tidak mengizinkannya pergi. Dia akhirnya bergabung dengan SM Entertainment pada tahun 2013 setelah lulus SM Global Audition di Thailand.

Pada 24 Desember 2013, Ten diperkenalkan sebagai anggota SM Rookies, tim pra-debut yang terdiri dari para trainee di bawah SM Entertainment. Pada tahun 2014, dia dan calon rekan grupnya muncul di Mnet "EXO 90:2014", sebuah acara yang dibintangi oleh EXO, di mana mereka menari mengikuti lagu-lagu K-pop dari tahun 90-an. Dia juga berpartisipasi dalam remake video musik g.o.d, "To Mother".

2. Debut


Debut
SM Entertainment

Ten resmi debut sebagai member NCT U pada April 2016 di mana ia berpartisipasi dalam single "The 7the Sense". Tiga bulan setelah debutnya, Ten berpartisipasi dalam acara kompetisi tari Mnet "Hit the Stage" bersama penari K-pop lainnya seperti Hyoyeon Girls' Generation, Taemin SHINee, Momo TWICE, dan lainnya.

Ten debut kembali di sub-unit NCT lainnya, WayV, yang juga beranggotakan enam idol lainnya termasuk Winwin, Kun, dan Lucas yang juga diperkenalkan sebagai member SMRookies. Pembentukan WayV diumumkan melalui akun Weibo resmi grup tersebut pada tanggal 31 Desember 2018. Grup ini diumumkan berada di bawah label eksklusif Tiongkok SM Entertainment yang baru, Label V.

3. Puncak Karier


Puncak Karier
SM Entertainment

Pada 10 Maret 2021, WayV merilis mini album ketiga mereka, "Kick Back", dengan single utama dengan berjudul sama. Album ini menjadi album nomor satu grup pertama di Chart Gaon dan akhirnya mendapatkan sertifikasi pertama grup untuk penjualan lebih dari 250.000 copy di Korea Selatan. Pada 23 Juni 2021, WayV merilis lagu baru "Everytime" sebagai bagian dari album soundtrack untuk drama Tiongkok "Falling Into Your Smile".

Member WayV berpartisipasi dalam promosi album studio ketiga NCT, "Universe", yang dirilis pada 14 Desember. Grup ini merekam lagu bahasa Inggris "Miracle" untuk album tersebut. Lucas dan Winwin tidak berpartisipasi dalam album tersebut.

WayV mengumumkan akan merilis mini album keempat mereka, "Phantom", pada 9 Desember 2022. Grup ini kemudian menunda perilisannya hingga 28 Desember setelah meninggalnya mantan presiden Tiongkok Jiang Zemin. Dirilis hampir dua tahun dari mini album mereka sebelumnya, "Phantom" menandai perilisan album pertama grup sebagai sextet. Untuk mendukung album tersebut, WayV akan mengadakan tur fanmeeting global, dimulai dengan dua pertunjukan di Seoul pada 11 Februari.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Youku

Pada 16 Juli 2019, "Food Truck Battle" mulai disiarkan di saluran PPTV Thailand dengan Ten sebagai MC. Acara tersebut juga disiarkan pada akhir minggu di saluran YouTube resmi acara tersebut.

Pada Agustus 2019, Ten diumumkan untuk bergabung dengan Taemin SHINee, Baekhyun dan Kai EXO, Taeyong dan Mark Lee NCT 127, serta Lucas sebagai member SuperM, supergrup K-pop pria yang dibuat oleh SM Entertainment dan Capitol Records dengan kegiatan yang ditujukan terutama di pasar Amerika.

Pada 10 Agustus 2021, Ten merilis single solo ketiganya di bawah proyek SM Station, berjudul "Paint Me Naked". Pada 17 Agustus, Ten memulai debutnya sebagai bagian dari sub-unit kedua WayV bernama WayV-Ten & Yangyang dengan single berjudul "Low Low". Pada 25 Oktober, Ten tampil sebagai juri khusus untuk babak wild card musim keempat acara kompetisi dance "Street Dance of China".

Pada 7 April 2022, Ten diumumkan sebagai salah satu pemimpin tim bersama Santa INTO1, Fei, dan Cheng Xiao untuk acara kompetisi tari Youku yang berfokus pada wanita, "Great Dance Crew", yang tayang perdana pada 16 April.

Ten dijadwalkan akan kembali sebagai MC "Food Truck Battle Season 2". Acara dimulai dengan fanmeeting di Royal Paragon Hall pada bulan September dan tayang perdana pada 2 Oktober di Channel 8. Pada 26 Oktober, Ten merilis single digital dance R&B "Birthday" sebagai bagian dari subproyek SM Station, NCT Lab.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/tenlee_1001

Sejak debutnya pada 2016 hingga sekarang, Ten belum pernah ditimpa kontroversi dan ia dikenal sebagai idol yang selalu berkelakuan baik. Satu-satunya "kontroversi" Ten adalah saat netizen Korea tak setuju ia tampil di "Street Dance of China" karena acara tersebut pernah menampilkan peserta yang menari mengenakan hanbok diiringi lagu "Arirang".

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/tenlee_1001

Tahun ini, Ten akan disibukkan dengan "2023 WayV Fanmeeting Tour [Phantom]" bersama rekan-rekan satu grupnya, Kun, Xiaojun, Hendery, dan Yangyang. Mereka akan menyapa para fans di Indonesia lewat event tersebut di ICE BSD pada 29 April mendatang. Ini akan menjadi event solo resmi pertama WayV di Indonesia.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait