Incar 39,9 Persen Saham SM, Kakao Tawarkan Harga Lebih Tinggi dari HYBE
Selebriti

Pada Selasa (7/3), Kakao mengumumkan akan menstabilkan kerja sama dengan SM Entertainment. Salah satu caranya adalah membeli saham dengan harga lebih tinggi hingga bisa mendapat total 39,9 persen.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, permohonan Lee Soo Man agar SM Entertainment tidak menerbitkan saham untuk Kakao telah dikabulkan Pengadilan Distrik Timur Seoul. Menyusul sengketa itu HYBE telah mempunyai 14,8 saham yang dibeli dari Lee Soo Man. Kakao yang tidak jadi mengklaim 9 persen saham kini mengeluarkan taktik baru.

Pada Selasa (7/3), Kakao dan Kakao Entertainment memaparkan rencana untuk mengamankan kerja sama dengan SM. Untuk itu, mereka berencana membeli lebih banyak saham dari yang sebelumnya dibatalkan atas putusan Pengadilan Distrik Timur Seoul terhadap tuntutan Lee Soo Man.

"Ketiga perusahaan menandatangani kemitraan bisnis strategis, menilai bahwa satu sama lain adalah mitra terbaik untuk memiliki daya saing yang sebanding dengan perusahaan hiburan global besar dan tumbuh bersama," buka Kakao.

Kemudian mereka melanjutkan, "Namun, karena kemitraan bisnis dan arah pertumbuhan jangka menengah hingga jangka panjang dari ketiga perusahaan saat ini sedang terancam, Kakao menilai bahwa tidak dapat dihindari untuk mengamankan posisi pemegang saham terbesar untuk mempertahankan kemitraan yang stabil dengan SM Entertainment."

Bertujuan menstabilkan kerja sama dengan SM, Kakao membuat penawaran untuk pemegang saham minoritas. Perusahaan konglomerat itu mematok harga 150 ribu won (sekitar Rp1,7 juta) per lembar saham. Harga ini lebih tinggi dari tawaran HYBE di angka 120 ribu won (sekitar Rp1,4 juta).

"Kakao dan Kakao Entertainment, yang saat ini memegang 4,9 persen saham, berniat untuk mengakuisisi 35 persen saham tambahan melalui penawaran tender untuk mendapatkan total 39,9%. Setiap pemegang saham SM Entertainment dapat berpartisipasi dalam penawaran tender ini, yang berlangsung dari tanggal 7 hingga 26 Maret," terang Kakao.


Sebagai tambahan, Kakao mengaku telah meletakkan kepercayaan mereka pada seluruh badan SM Entertainment. Berjanji untuk mendukung staf dan para artis, Kakao juga bakal mendorong kelanjutan SM 3.0.

"Kami memiliki kepercayaan yang kuat pada daya saing yang luar biasa dari manajemen, eksekutif, anggota staf dan artis SM Entertainment saat ini," lanjut Kakao.

Berikutnya, Kakao mengungkap rencana untuk menghormati keaslian SM. Meski akan menjadi pemegang saham terbesar, mereka memastikan agensi yang identik dengan warna pink itu berjalan secara independen.

"Dan menghormati upaya manajemen saat ini untuk mengatasi faktor-faktor yang menghambat pertumbuhan SM Entertainment, serta visi dan arah strategis masa depan. termasuk SM 3.0. Bahkan setelah menjadi pemegang saham terbesar, kami berencana untuk menghormati orisinalitas SM Entertainment dan memastikan operasi independen," paparnya.

Terakhir, Kakao berharap agar kerja samanya dengan SM bisa berjalan dengan sinergi yang kuat. Sehingga bisa meningkatkan daya saing K-Pop dan meningkatkan status global mereka.

"Melalui kemitraan horizontal ini, diharapkan kedua perusahaan dapat menciptakan sinergi yang kuat untuk memperkuat daya saing K-Culture dan meningkatkan status globalnya," tutup Kakao.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait