Buntut Jungkook BTS Bagi Resep 'Bulguri', Perusahaan Ramen Laporkan Hak Cipta
Naver Post/BIGHIT MUSIC
Selebriti

Beberapa waktu lalu, Jungkook BTS membagikan resep ramen kreasinya sendiri dengan mencampur 2 produk. Pada hari yang sama rupanya salah satu perusahaan ramen itu telah melaporkan hak cipta atas nama 'Bulguri'.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, Jungkook BTS menunjukkan aktivitas mulai dari live Weverse hingga membagikan resep ramen khas sesuai seleranya. Namun sebagai buntut dari tersebarnya resep Jungkook, perusahaan ramen melaporkan hak cipta.

Pada 16 Maret lalu, Jungkook mengungkap resep ramen uniknya yang diberi nama "Bulguri". Untuk resep ini, Jungkook mencampur mie dan bumbu Neoguri juga Buldak untuk menciptakan perpaduan sempurna.

Tindakan konsumen membuat versi makanan sendiri adalah hal yang lumrah, termasuk bagi Jungkook. Namun rupanya perusahaan Nongshim dibalik ramen instan Neoguri mengajukan hak cipta untuk istilah Bulgeuri dan Bulguri.

Fakta bahwa pelaporan copyright dilakukan pada hari yang sama dengan postingan Jungkook membuat penggemar terheran-heran hingga beberapa di antara mereka marah. Terkait hal ini, perwakilan perusahaan memberikan pembelaan.

Pihak Nongshim mengatakan, "Jungkook BTS secara pribadi memperkenalkannya dan itu menjadi isu besar, jadi kami hanya mengajukan dengan tujuan mencegahnya digunakan secara tidak bertanggungjawab untuk bisnis, melindungi hak cipta Neoguri. Ini hanyalah tindakan bisnis yang protektif."


Buntut Jungkook BTS Bagi Resep \'Bulguri\', Perusahaan Ramen Laporkan Hak Cipta

Source: Weverse

Dengan demikian, Nongshim memantik reaksi kecewa netizen dan penggemar. Mereka percaya bahwa hak cipta harusnya diberikan kepada Jungkook. Apalagi ini bukan kali pertama Nongshim melakukannya.

Sebelum ini Nongshim membuat produk Jjapaguri yang istilahnya terkenal dari film "Parasite" di mana mereka menggunakan ramen Neoguri dan Jjapaghetti. Diduga perusahaan mie ini akan membuat produk bernama Bulguri sesuai dengan kreasi Jungkook.

"Tidak, tapi Jungkook membuatnya jadi mengapa perusahaan mengambilnya…? Dan ada juga Buldak di dalamnya. Nongshim sangat aneh," kata salah satu netizen. "Lebih baik mereka mengajukannya. Saya pikir itu kalau-kalau perusahaan lain membuat produk," sahut netizen lain.

"Melihat bagaimana mereka mengajukannya pada sore hari setelah siaran langsungnya saat fajar, mereka benar-benar bekerja keras. Samyang, Nongshim, dan Jungkook semuanya bukan pemiliknya, tapi entah kenapa rasanya Nongshim adalah pencuri. Ngomong-ngomong, bukankah seharusnya mereka memberikan sesuatu untuk Jungkook?" imbuh yang lain.

"Yah… Melihat bagaimana mereka juga merilis produk Jjapaguri, aku merasa mereka akan merilis ini juga," komentar seorang netizen. "Karena sudah begini, mereka harus menggunakan Jungkook sebagai juru bicara," sambung netizen lain. "Yah, jika mereka benar-benar menjualnya... tapi melihat belum ada yang terjadi kurasa tidak apa-apa," ujar lainnya.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait