Ditentang, Abidzar Al Ghifari Bela Diri Soal Nasihat Baca Bismillah Sebelum Minum Alkohol
Instagram/abidzar73
Selebriti

Abidzar Al Ghifari menyadari adanya pertentangan soal aksinya menasihati teman untuk membaca Bismillah sebelum mencicipi minuman alkohol. Namun, Abidzar ternyata punya motif mulia dibalik nasihat itu.

WowKeren - Abidzar Al-Ghifari kerap diharapkan mengikuti jejak sang ayah, Jeffri Al Buchori, menjadi ustaz. Karena itu, tak heran jika perkataan dan sikap Abidzar selalu dinilai banyak orang.

Salah satunya yakni tentang caranya menasihati teman yang minum alkohol. Putra Uje dan Umi Pipik Dian Irawati itu rupanya ditentang karena menyarankan sang kawan baca Bismillah sebelum minum alkohol.

"Gua selalu bilang ke temen-temen gua yang masih minum alkohol. Mereka ngajakin gua minum misalnya ‘Bi minum yuk’, ‘aduh sorry gua engga. Cuma kalau lu mau minum gapapa, silakan aja minum, gua nggak ngelarang,” ujar Abidzar. "Tapi, please baca Bismillah sebelum minum, tangan kanan. Karena kita nggak tau datangnya hidayah dari mana, mau lu orang yang paling buruk, dari tempat yang paling jelek."

Abidzar lantas mengungkap pembelaan usai sarannya itu menuai pertentangan. Ia mengklaim mengikuti ajaran Allah yang Maha Pengampun.


"Orang selalu bertentangan dengan hal itu. Ada beberapa kewajiban di saat lu baca bismilliah. Nggak boleh dengan yang haram-haram segala macem," katanya. "Oke, benar itu nggak boleh. Cuma Allah itu maha pengampun, maha mengerti hamba-Nya. Kenapa lu harus bikin satu jalur, sedangkan Tuhan itu banyak jalurnya. Yaudah, biarin aja dia baca Bismillah."

Aktor film "Balada Si Roy" ini juga meneladani sikap Nabi Muhammad dalam menasihati orang lain. "Gua ambil contoh, Nabi Muhammad pun nggak pernah ngasih tau orang dengan nada keras. Selalu dengan nada yang baik, dari hati ke hati," seru Abidzar.

Tak cuma itu, Abidzar juga belajar banyak dari sang ayah yang dikenal sabar. Meski menguasai agama, Uje maupun Umi Pipik tak pernah memaksakan anak-anaknya dalam mengamalkan ilmu agama.

"Bokap sama nyokap itu ngajarin agama Islam itu santai. Misalnya kayak 'Ao bi, baca Al Qur'an, kalau udah bisa selesaiin semuanya dapat duit atau segala macem'. Maksudnya santai itu dalam arti bukan yang strike, 'Kalau nggak baca, gue sabet lu', nggak," serunya. "Karena bokap gua pernah di situ. Bokap gua tahu kalau misalnya kita ngasih tahu orang dengan cara keras, orang akan nolak dan menjauh. Harus hati ke hati."

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru