*/
 
 
IU Dilaporkan Atas Tuduhan Plagiarisme, Enam Lagu Diklaim Niru
Twitter/_IUofficial
Selebriti

Saat IU pertama kali merilis 'The Red Shoes', dia terlibat dalam tuduhan plagiarisme. Saat itu, lagu tersebut diklaim sangat mirip dengan 'Here's Us' oleh band asal Jerman, Nekta.

WowKeren - Menurut laporan outlet media eksklusif pada Rabu (10/5), seorang individu anonim A telah mengajukan tuntutan terhadap IU atas plagiarisme. Awal pekan ini pada 8 Mei, Kantor Polisi Gangnam Seoul menerima laporan dakwaan yang diajukan terhadap IU, yang menghadapi tuduhan menjiplak atas 6 lagunya yaitu "Good Day", "The Red Shoes", "Pitiful", "Boo", "BBIBBI" , dan "Celebrity".

Laporan tuduhan tersebut mengklaim, "Keenam lagu ini sangat mirip dengan lagu aslinya dalam melodi, ritme, dan perkembangan kode, dan dalam hal lagu seperti 'The Red Shoes', kemiripannya jelas terlihat bahkan di telinga orang umum. Terutama, semua 6 lagu diduga menjiplak intro."

Memang benar bahwa pada tahun 2013, saat IU pertama kali merilis "The Red Shoes", dia terlibat dalam tuduhan plagiarisme. Saat itu, lagu tersebut diklaim sangat mirip dengan "Here's Us" oleh band asal Jerman, Nekta.


Penuduh A selanjutnya mengklaim, "Tertuduh (IU) menolak untuk menanggapi tuduhan plagiarismenya meskipun banyak kejadiannya, justru melaporkan dan menghapus semua tuduhan tersebut di SNS karena pelanggaran hak cipta."

"Oleh karena itu, penuduh telah memutuskan untuk mengajukan laporan setelah menyaksikan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap banyaknya akun plagiarisme yang dihapus secara tidak rasional di SNS karena alasan hak cipta, dan juga sebagai masalah kegagalan otoritas hukum untuk memenuhi tugasnya secara bertanggung jawab dalam menentukan jumlah kerugian yang dibayar oleh mereka yang menghadapi tuduhan pelanggaran hak cipta," lanjutnya.

Biasanya, tuntutan plagiarisme harus diajukan oleh mereka yang meyakini diri mereka sebagai korban plagiarisme kreatif. Dalam kasus A, mereka bermaksud mengklaim bahwa pihak ketiga juga dapat mengajukan tuntutan berdasarkan kecurigaan "tindakan plagiarisme untuk laba".

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru