Pencipta Lagu BTS Ungkap Besarnya Royalti, Setara Dengan Harga Mobil
Instagram
Musik

JUNE merupakan seorang penyanyi-penulis lagu dan mantan produser di bawah Big Hit Music, yang juga turut berkontribusi pada kesuksesan BTS dengan turut menciptakan sejumlah lagu yang dinyanyikan Jin dkk.

WowKeren - Kesuksesan BTS di industri musik tidak hanya menambah pundi-pundi rupiah bagi para membernya saja tetapi juga sangat menguntungkan para penulis lagu dan produser musik di balik lagu-lagu hits mereka yang menduduki puncak tangga lagu. Imbalan atas kontribusi mereka pada musik BTS tentu saja sangat besar, membuat penulisan lagu untuk grup menjadi usaha yang sangat menguntungkan.

Dengan banyaknya lagu hit dari BTS yang mengumpulkan miliara streaming dan terus membuat rekor baru untuk didengarkan dan dilihat, musik BTS tidak hanya menghasilkan keuntungan besar bagi grup, tetapi juga menghasilkan pembayaran royalti yang signifikan bagi tim berbakat di balik kesuksesan mereka. Hal tersebut juga yang dirasakan oleh JUNE, seorang penyanyi-penulis lagu dan mantan produser di bawah Big Hit Music, yang juga turut berkontribusi pada kesuksesan BTS.


JUNE terlibat dalam pembuatan banyak lagu BTS termasuk lagu-lagu b-side terkenal seperti "Awake" dan "Lost" dari album "Wings". Khususnya, “Not Today” dari album “You Never Walk Alone” pada tahun 2017 memamerkan kecakapan menulis lagu JUNE. Dalam sebuah wawancara terbuka di YouTube, JUNE ditanya tentang nilai uang dari royalti penulis lagu dari lagu-lagu BTS. Meskipun tidak memberikan angka yang pasti, tanggapannya yang jujur memberi penonton beberapa wawasan tentang potensi penghasilan: "Jumlah yang aku peroleh kira-kira setara dengan harga sebuah mobil."

Sedangkan penting untuk dicatat bahwa pernyataan JUNE mencerminkan pendapatan pribadinya daripada tolok ukur universal untuk semua penulis lagu dan produser yang terlibat dalam pembuatan musik BTS. Kenyataannya, pendapatan royalti bervariasi berdasarkan beberapa faktor. Popularitas dan keberhasilan komersial sebuah lagu, antara lain, memainkan peran penting dalam menentukan pembayaran royalti yang diterima.

Selain itu, perjanjian individu, kontrak, dan tingkat kontribusi masing-masing penulis lagu atau produser juga mempengaruhi jumlah yang mereka peroleh dari keterlibatan mereka dalam proses penulisan lagu.

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait