Editan Jungkook BTS dan Lisa BLACKPINK Kerjaan Fans Internasional Bikin Netizen Korea Resah
YTN/Instagram/lalalalisa_m
Selebriti

Banyak postingan yang menyiratkan hubungan romantis Lisa dan Jungkook juga ditemukan secara online. Saat mencari nama mereka di bilah pencarian Google, 'foto pasangan' keduanya akan muncul.

WowKeren - Baru-baru ini, video editan Jungkook BTS dan BLACKPINK Lisa tersebar luas di berbagai media sosial seperti Instagram dan TikTok. Penyebaran foto dan video editan ini menjadi isu serius yang membuat resah fans dan netizen Korea.

Pada Selasa (30/5), sebuah video yang diposting oleh seorang fans internasional dan kemudian disebarkan menunjukkan Lisa dan Jungkook duduk berdampingan. Khususnya, video tersebut menyertakan adegan mengejutkan di mana Jungkook membelai tangan Lisa dan keduanya saling bertukar pandang.

Di video lainnya, kompilasi beberapa selfie mesra Lisa dan Jungkook ditampilkan. Keduanya menyandarkan kepala dan bahu mereka dengan rapat sambil mengenakan pakaian panggung atau pakaian kasual, terlihat seperti pasangan sungguhan.

Banyak postingan yang menyiratkan hubungan romantis Lisa dan Jungkook juga ditemukan secara online. Selanjutnya, ketika mencari nama dua idol populer itu di bilah pencarian Google, banjir "foto pasangan" keduanya akan muncul.

Menanggapi hal tersebut, para penggemar dan netizen Korea mempertanyakan keaslian foto dan video yang beredar. Saat seorang fans bertanya, "Kalau kamu menonton YouTube, katanya Jungkook menyukai Lisa dan mereka adalah pasangan. Apakah itu benar?" di komunitas online, netizen mengungkapkan keresahan mereka.


Editan Jungkook BTS dan Lisa BLACKPINK Kerjaan Fans Internasional Bikin Netizen Korea Resah

"Tampaknya fans luar negeri lebih terlibat dalam menciptakan hal-hal seperti itu daripada kita," komentar netizen. "Fans luar negeri memulai rumor kencan ini dengan mengedit video dan foto ini," kata netizen lainnya. "Jungkook juga digosipkan berpacaran dengan IU, dan viewnya sangat tinggi," ujar yang lain.

"Karena Jungkook bereaksi dengan baik selama upacara penghargaan BLACKPINK, fans internasional melakukan ini (menyedit foto dan video) dengan lebih intens," kata netizen. "Jungkook dan Lisa tidak pernah benar-benar melakukan apapun bersama," komentar yang lain. "Ini semua palsu tapi terlihat nyata..." imbuh lainnya.

Saat mendistribusikan video yang dimanipulasi atau video palsu menggunakan teknik deepfake, yang melibatkan pengeditan foto tambahan ke foto atau video yang ada, seseorang dapat dijatuhi hukuman penjara hingga lima tahun atau denda hingga 50 juta won (sekitar Rp 567 juta).

Pada Desember 2020, seorang remaja ditangkap karena menyebarkan dan menjual foto yang secara ilegal menggabungkan wajah lebih dari 150 penyanyi. Selain itu, perilaku fandom yang menyimpang dari beberapa penggemar, yang menyimpang dari kebenaran dan menyebarkan informasi palsu, dapat mengarah pada tindakan hukum pencemaran nama baik artis dalam kasus perdata dan pidana.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru