Novel Jessica Jung Soal Perlakuan Jahat Agensi Kini Disorot Seiring dengan Konflik EXO-CBX Vs SM
Instagram/jessica.syj
Selebriti

Karakter utama bertanya kepada yang lain tentang panjang kontrak mereka, dan yang lainnya dengan getir menjelaskan bagaimana DB Entertainment, label fiksi dalam buku itu, mengendalikan kariernya.

WowKeren - Pada Kamis (1/6), Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO mengejutkan para penggemar dan netizen dengan pengumuman bahwa mereka akan menuntut SM Entertainment untuk mengakhiri kontrak mereka. Seiring dengan hal ini, apa yang ditulis Jessica Jung di novelnya yang berjudul "Shine" kembali menjadi perhatian.

Menurut laporan Yonhap News, ketiga member meminta penghitungan penuh atas aktivitas mereka dan pendapatan yang dihasilkan sejak Maret, tapi SM Entertainment belum memberikannya. Para member merilis pernyataan lengkap yang merinci semua keluhan mereka terhadap agensi, selain permintaan maaf kepada penggemar.

Salah satu keluhan yang tercantum dalam pernyataan tersebut adalah kontrak yang sangat panjang yang ditandatangani para member EXO. Menurut pengumuman tersebut, para artis awalnya menandatangani kontrak yang berlangsung selama 12 hingga 13 tahun, lebih lama dari standar 7 tahun yang ditentukan oleh Komisi Perdagangan yang Adil (Fair Trade Commission).

Selain itu, SM diduga menyuruh artis terlebih dahulu menandatangani perpanjangan kontrak, sehingga jumlah total kontrak menjadi setidaknya 17 hingga 18 tahun. Lee Seung Gi baru-baru ini mengungkap perusahaannya karena menahannya di bawah "kontrak budak" seperti di atas.

Menurut penggemar, pengungkapan tentang kontrak EXO-CBX ini sudah diisyaratkan oleh mantan artis SM Entertainment, Jessica Jung. Jessica adalah mantan member Girls' Generation dari 2007 hingga 2014, dan meninggalkan SM setahun kemudian. Awalnya ia dikatakan keluar untuk mengejar karir fashion dengan brand-nya BLANC & ECLARE.


Selain fashion, Jessica mengejar beberapa jalan lain, termasuk peluncuran novel pertamanya yang sangat dinantikan, "Shine". Novel ini tentang seorang remaja Korea-Amerika yang bergabung dengan industri K-Pop, dan Jessica telah mengonfirmasi bahwa penggambaran yang ditemukan dalam novel tersebut "berdasarkan pengalaman".

Novel Jessica Jung Soal Perlakuan Jahat Agensi Kini Disorot Seiring dengan Konflik EXO-CBX Vs SM

Simon & Schuster Publisher

Sekarang bertahun-tahun kemudian, kutipan dari "Shine" mulai beredar kembali secara online setelah konflik 3 member EXO dengan SM. Di halaman dari novel, karakter utama bertanya kepada yang lain tentang panjang kontrak mereka, dan yang lainnya dengan getir menjelaskan bagaimana DB Entertainment, label fiksi dalam buku itu, mengendalikan kariernya.

"Di suatu tempat di sebuah bank di Swiss, di lemari besi yang aman, adalah kontak perpanjangan tiga tahun yang DB paksa member Electric Flower dan aku untuk ditandatangani pada hari yang sama kami menandatangani kontrak asli kami. Postdate, tentu saja, jadi semuanya akan ditahan di pengadilan," demikian bunyi kutipan tersebut.

Karakter itu juga menyebutkan bagaimana perusahaan berusaha untuk membuat seolah semua adalah kesalahannya, mirip dengan pernyataan SM Entertainment yang menuduh perusahaan lain mencoba memburu 3 member EXO dan menyangkal keluhan ketiganya.

Karena novel Jessica sangat erat kaitannya dengan ceritanya sendiri, beberapa penggemar telah membagikan ini untuk mendukung klaim EXO-CBX, menyatakan bahwa mantan member SNSD itu mencoba menyoroti masalah ini.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru