Birthday Spotlight: Happy Wonwoo Day
Dispatch
Selebriti

Wonwoo SEVENTEEN memasuki usia baru sejak Senin (17/7). Simak perjalanan karier lengkap sosok yang disebut 'Putra Mahkota' di dalam grupnya ini sejak sebelum debut hingga sekarang.

WowKeren - Wonwoo SEVENTEEN (II) merayakan ulang tahun ke-27 (perhitungan umur internasional) yang jatuh pada Senin (17/7). Birthday Spotlight kali ini hadir menemabi pembaca setia WowKeren untuk mengulas tuntas perjalanan idol yang sering diasosiasikan dengan kucing itu.

Menjadi bagian dari Hip-Hop Unit, Wonwoo dikenal dengan suaranya yang dalam dan karismatik. Sosoknya dikenal punya dualitas luar biasa di mana ia tampak garang di panggung namun cukup menggemaskan di dunia nyata.


Wonwoo juga akrab disebut "Putra Mahkota" karena sering kali lolos dari kejahilan Jeonghan dan member SEVENTEEN lainnya. Seperti diketahui, boy grup beranggota 13 orang itu punya acara ragam mingguan "GOING SEVENTEEN" di YouTube yang berisi permainan, skit, dan konten spesial mereka.

Tanpa perlu menunggu lagi, yuk simak perjalanan karier Wonwoo sejak sebelum debut hingga menjadi salah satu idol serba bisa seperti sekarang ini.

(wk/inta)

1. Pra-debut


Pra-debut

Jeon Wonwoo lahir di Changwon, Gyeongsangnam-do, pada 17 Juli 1996. Wonwoo tumbuh sebagai sulung dari dua bersaudara, ia punya seorang adik yang dua tahun lebih muda bernama Jeon Bo Hyuk.

Sebelum debut, Wonwoo sempat mengambil les gitar saat kelas 3 SMP. Kala itu, ia baru pindah ke Seoul. Coba-coba ikut audisi, rupanya Wonwoo berhasil diterima Pledis Entertainment dan menjadi trainee selama 4 tahun.

Wonwoo mengenyam pendidikan di School of Perfoming Arts (SOPA) dan lulus pada 2015. Setelahnya, ia melanjutkan pendidikan di Universitas Hanyang jurusan Musik Praktis K-Pop.

Pada 2012 hingga 2015, Wonwoo menjadi bagian dari proyek debut boy grup baru Pledis Entertainment yang diabadikan dalam program "SEVENTEEN TV". Awal mulanya, ia dikenal dengan nama Mr. Beanie. Wonwoo juga pernah muncul dalam MV NU'EST "Face" dan "Venus" milik Hello Venus.

2. Debut


Debut

Wonwoo memulai karier bersama SEVENTEEN secara resmi dibuka dengan reality show "Seventeen Project: Big Debut Plan" yang tayang di MBC mulai dari tanggal 2 hingga 26 Mei 2015. Dalam program itu, debut showcase SEVENTEEN adalah puncaknya. Sebagai rapper, Wonwoo tergabung dalam Hip Hop Unit bersama S.Coups, Mingyu dan Vernon.

SEVENTEEN memulai debut usai merilis EP pertama "17 Carat" tiga hari usai showcase. Album ini meraih kesuksesan dengan menjadi album K-Pop yang tembus chart erlama di AS dan menjadi satu-satunya album rookie yang muncul di 10 Best K-Pop Albums of 2015.

Setelah memulai debut yang kuat, beberapa bulan berikutnya SEVENTEEN merilis EP kedua "Boys Be" pada 10 September 2015. Album ini membuat mereka menjadi rookie yang meraih penjualan tertinggi. Kesuksesan SEVENTEEN kemudian dilanjutkan dengan berbagai penghargaan Golden Disk Awards, Seoul Music Awards dan Gaon Chart K-Pop Awards.

Menyusul kesuksesan ini, SEVENTEEN menggelar konser pertama mereka "Like Seventeen – Boys Wish" dari 24 hingga 26 Desember 2015 di Seoul. Setelahnya, mereka menggelar dua konser lagi pada Februari 2016 yang bertajuk "Like Seventeen – Boys Wish Encore Concert".

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Di dalam grup, Wonwoo mengisi peran sebagai rapper karismatik. Selain suara rendahnya menjadi ciri khas, Wonwoo juga dikenal dengan kepribadian tenang meski tidak segan ikut dalam kegilaan SEVENTEEN dalam aksi mereka.

SEVENTEEN meraih kemenangan pertama mereka dengan "Pretty U" dari album "Love & Letter". Meski karier sejak debut tergolong stabil, album "You Make My Day" adalah batu lonjakan penting dalam karier mereka pada 2018 lalu.

Pada Januari 2019, SEVENTEEN merilis "You Made My Day" kemudian lagu utama "Home" menjadi sangat populer dan memenangkan 10 trofi acara musik. Bahkan lagu ini membuat mereka mendapatkan dua triple crown. Kesuksesan mereka berlanjut saat merilis "An Ode" yang dianugerahi Daesang 2019.

SEVENTEEN mulai mendapatkan pengakuan internasional pada 2020. Mereka sukses menaklukkan Jepang dengan single "Fallin' Flower" yang berada di puncak Billboard's Japan Hot 100 Chart. Di tahun yang sama, mereka menggelar tur "Ode To You" yang digelar di 8 negara antara lain Korea Selatan, Jepang, Indonesia, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, dan Filipina.

Selain berpartisipasi menulis rap dalam lagunya, Wonwoo juga muncul dalam MV SEVENTEEN seperti "Adore U", "Mansae", "Pretty U", "Very Nice", "Boom Boom", "Don't Wanna Cry", "Clap", "Thanks", "Oh My!", "Getting Closer", "Home", "Hit", "Fear", "Left & Right", "Home; Run", "Ready to Love". "Rock with You", "Hot", "Darl+ing","_World", "Super" dan "F*ck My Life".

Selama 2022, SEVENTEEN mulai menggelar tur "Be The Sun" yang sukses besar dan mendapat penghargaan konser terbaik E-Daily Culture Awards. Sedangkan pada 2023, grup ini mencatat penjualan album terbanyak dengan "FML" hingga mencapai angka 6,2 juta per 5 Juli 2023.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Instagram/everyone_woo

Meski belum debut sebagai solois, Wonwoo pernah berkolaborasi dengan Mingyu dalam lagu "Bittersweet". Menggandeng Lee Hi, lagu bergenre RnB yang menunjukkan pesona unik Wonwoo dan Mingyu itu diterima dengan baik. Bahkan hingga saat ini, member SEVENTEEN lainnya masih sering mengungkit adegan lari Wonwoo.

Selain bersama SEVENTEEN, Wonwoo beberapa kali terlibat pemotretan solo dengan beberapa majalah seperti GQ Korea, Esquire Korea hingga terbaru Elle Korea. Dalam fashion dan modelling, Wonwoo terpilih menjadi muse produk kecantikan Huxley.

Sejauh ini, Wonwoo lebih nyaman beraktivitas dengan SEVENTEEN alih-alih sendirian meski pada satu waktu ia sempat bicara soal kemungkinan mencoba peruntungan dalam akting. Hal ini pernah diungkapkan Wonwoo dalam interview dengan majalah Esquire Korea.

"Sulit untukku bicara (soal masa depan) jika berpisah dengan SEVENTEEN. Karena aku hanya fokus pada jalur ini sejak aku 16 tahun. Saat kami menjalani perpanjangan kontrak di awal tahun, aku sering berpikir, ‘orang yang sukses adalah orang yang tahan lama.’ Kupikir akan ideal jika aku dapat terus mempromosikan musik dengan menyenangkan. Lebih suka bersama daripada sendirian," kata Wonwoo.

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/everyone_woo

Tak lama setelah SEVENTEEN debut, Wonwoo pernah tersandung kontroversi atas komentarnya terhadap girl grup SNSD (Girl's Generation). Namun Wonwoo sudah meminta maaf atas kesalahannya kala itu.

Pada 2016, muncul postingan lama Wonwoo yang menyebut member SNSD jelek, menyebutkan dugaan operasi plastik, dan menulis ujaran kebencian. Melalui fancafe, Wonwoo menulis surat panjang sebagai bentuk penyesalan.

"Pertama, saya ingin meminta maaf pada semua orang yang telah saya sakiti oleh situasi ini. Alih-alih membuat alasan dengan mengatakan itu kesalahan bodoh yang saya buat ketika masih muda, atau bilang bahwa saya tidak ingat apa yang saya lakukan, saya percaya bahwa mengaku kesalahan dan meminta maaf adalah pilihan tepat, itulah sebabnya saya menulis ini," kata Wonwoo.

Wonwoo melanjutkan, "Meski saya menulisnya saat masih muda, itu pasti sesuatu yang saya tulis dan saya minta maaf pada SNSD sunbaenim, penggemar mereka dan Carat yang terluka karena ini. Saya juga minta maaf pada para member, yang bekerja keras bersama untuk menjadi SEVENTEEN."

Dalam permintaan maafnya, Wonwoo mengakui sikap tidak biasa ketika menulis komentar jahat itu. Setelah menjadi trainee dan menjalani karier yang sama, ia jadi menghormati SNSD dan belajar bagaimana bertanggung jawab dalam pekerjaan sebagai idol sementara publik terus mengawasi mereka. Untuk itu, Wonwoo merenungkan tindakannya dan berjanji belajari jadi pribadi yang lebih baik.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Twitter/pledis_17jp

Pada 21-22 Juli, SEVENTEEN menggelar konser "Follow" yang akan diikuti dengan tur. Hingga saat ini, baru tur Jepang saja yang diumumkan akan digelar mulai September hingga Desember, sedangkan lokasi lainnya masih belum terungkap.

Selain mempersiapkan konser, Wonwoo belakangan ini memulai siaran live pribadinya "GAME BOI". Selama live, ia akan bermain game di depan Carat. Rata-rata live Wonwoo akan memakan waktu selama 3 jam.

Wonwoo bersama SEVENTEEN akan merilis album Jepang bertajuk "Always Yours" pada 23 Agustus mendatang. Album ini akan berisi total 16 lagu dengan 9 lagu Jepang terbaik grup.

Selain itu, SEVENTEEN dibocorkan akan comeback dengan album baru pada Oktober 2023. Perilisan album mereka nantinya mengambil waktu di antara jadwal tur yang akan datang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait