Pengacara SM Entertainment Ungkap Alasan Gugatan Terhadap Komentar Jahat Tergolong Lambat
Instagram
Selebriti

Han Sang Hoon, pengacara SHIN & KIM LLC menjelaskan bahwa langkah pertama dalam proses ini melibatkan karyawan hukum SM Entertainment yang menyaring 'materi yang tampaknya dapat mengajukan keluhan'.

WowKeren - Sebelumnya pada Juni 2023, SM Entertainment meluncurkan pusat pelaporan penggemarnya yang diberi nama KWANGYA 119. Platform ini dibuka agar para penggemar dapat melaporkan berbagai masalah seputar artisnya termasuk pencemaran nama baik dan pelanggaran hak cipta.

Kemudian baru-baru ini salah satu pengacara yang bekerja dengan SM Entertainment melakukan wawancara bersama MC JaeJae untuk menjelaskan apa yang terjadi jika laporan diterima. Han Sang Hoon, pengacara SHIN & KIM LLC, pertama kali menjelaskan bahwa langkah pertama dalam proses ini melibatkan karyawan hukum SM Entertainment yang menyaring "materi yang tampaknya dapat mengajukan keluhan".

"Para staf mengurus semuanya terlebih dahulu. Lihatlah semua yang diposting di situs dan pilih materi yang tampaknya mampu mengajukan keluhan," kata Han Sang Hoon. Sang pengacara lalu menjelaskan bahwa setelah mereka menerima kasus-kasus ini, sebuah tim yang terdiri dari sekitar sepuluh kasus memilih di mana tindakan hukum dapat diambil dan memeriksa ulang datanya dan terdiri dari penyelidikan sifat kejahatan, kemungkinan penangkapan pelaku serta kemungkinan kerjasama dari organisasi terkait.


Han Sang Hoon juga mengakui bahwa ini adalah proses panjang yang "membutuhkan banyak waktu". Pasalnya setelah proses ini, pengaduan diserahkan ke polisi. Han Sang Hoon berbagi bahwa kasus yang dilaporkan oleh media atau memiliki peningkatan risiko terhadap artis biasanya diproses lebih cepat dan menyampaikan bahwa ada kalanya penyidik polisi tidak menerima pengaduan dan harus yakin bahwa tindakan hukum diperlukan.

Han Sang Hoon juga mengatakan penyelidikan awal rata-rata memakan waktu sekitar tiga bulan. Kemudian, penyidikan polisi memakan waktu sekitar tiga bulan juga yang artinya jika dihitung dari waktu pelaporan, bisa memakan waktu lebih dari setengah tahun untuk mengambil tindakan. Apalagi sifat anonim di internet dapat menambah lebih banyak waktu dalam penyelidikan suatu kasus.

Sedangkan setelah keterlibatan artis yang terkena dampak, jaksa meninjau kembali kasus tersebut dan melakukan penyelidikan sebelum diserahkan ke pengadilan. Han Sang Hoon menyimpulkannya dengan mengatakan bahwa menulis komentar jahat hanya membutuhkan waktu beberapa detik, namun memperbaiki kerusakan yang terjadi setelahnya "sangat membutuhkan banyak waktu".

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Trending
Berita Terbaru