Hwasa MAMAMOO Terlanjur Dapat Stigma Negatif Meski Kasus Aksi Tak Senonoh Ditutup
Instagram/_mariahwasa
Selebriti

Kasus Hwasa MAMAMOO yang dilaporkan atas aksi panggung tidak senonoh akhirnya ditutup oleh pengadilan. Sebelumnya, pelapor menuntut adanya penyelidikan ulang terhadap Hwasa.

WowKeren - Hwasa MAMAMOO akhirnya benar-benar dibebaskan dari segala tuntutan terkait tuduhan aksi tidak senonoh yang berujung ke pengadilan. Kendati bebas, pelantun "Maria" menjadi sorotan media setempat lantaran terlanjur mendapat stigma negatif.

Pada Selasa (31/10), outlet media YTN melaporkan Kantor Kejaksaan Distrik Timur meninjau hasil keputusan polisi untuk membebaskan Hwasa dari tuduhan pertunjukan tidak senonoh. Kasus itu pun juga telah secara resmi ditutup.

Meski dibebaskan, Hwasa telah terlanjur mendapat stigma negatif dari masyarakat menurut media setempat My Daily. Selama proses hukum berjalan, Hwasa disematkan stigma "membawa pengaruh lebih buruk daripada manusia barbar" oleh para orangtua yang tidak terima.

Sebelumnya, Hwasa terlibat masalah karena aksi panggungnya saat tampil di festival Universtias Sungkyungkwan pada 12 Mei lalu. Kala itu, Hwasa menarik perhatian karena melakukan koreo dengan gerakan tangan yang menunjukkan gestur seksual.

Sebagai buntutnya, Hwasa dilaporkan ke polisi oleh komunitas orangtua siswa. Adapun alasan Hwasa dipolisikan karena aksinya dinilai terlalu vulgar untuk ditampilkan di depan umum.

Dalam laporannya, komunitas itu menyebutkan, "Gestur Hwasa mengisyaratkan tindakan seksual mesum dan cukup membuat malu publik yang melihatnya. Gestur tersebut tidak cocok dengan konteks koreografinya, jadi tidak bisa dimaknai sebagai seni pertunjukan."


Selain pertunjukan itu, Hwasa kembali terseret kontroversi karena tampil di "Knowing Bros" dengan mengenakan seragam sekolah bergaya bra top sambil menari seksi. Karena aksi itu, Hwasa disebut telah melecehkan penggunaan seragam sekolah.

Selama proses hukum bergulir, Hwasa dijerat tuduhan telah melanggar hukum dan membawa kerugian lebih besar karena aksinya. Komunitas orangtua menganggap tindakan Hwasa tidak seharusnya dipertontonkan di depan umum dan bisa dilihat oleh anak-anak.

Selanjutnya setelah proses penyelidikan dilakukan, Hwasa dinyatakan bebas dari tuduhan aksi tidak senonoh. Tak lama setelah putusan keluar, Hwasa dituntut pihak pelapor yang diprotes tidak terima untuk menjalani penyelidikan ulang.

Dengan keluarnya pernyataan pengadilan telah menutup kasus Hwasa, penyelidikan ulang tidak dikabulkan. Sejak putusan dikeluarkan hingga ditutup, Hwasa dinyatakan tidak bersalah oleh pengadilan.

Di sisi lain, Hwasa mengaku banyak menerima hujatan selama menghadapi kasus ini. Saat muncul di YouTube Sung Si Kyung, Hwasa menceritakan reaksinya saat tahu kontroversi pecah akibat aksi panggungnya. Hwasa pun menerima komentar-komentar jahat yang terus mengalir.

"Aku biasanya cuek dengan komentar negatif, tapi kali ini agak aneh," ungkap Hwasa. "Perform di New York adalah penampilan pertamaku, dan sampai saat itu aku harus mengendalikan pikiranku dengan baik. Aku langsung menangis setelah selesai tampil."

Hwasa mengingat kejadian itu sebagai momen di mana dirinya paling banyak menangis tahun ini. Segera setelah tampil, Hwasa terus menangis dari lift hotel hingga ke tempat parkir karena berpikir tidak bisa lanjut tampil.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait