Huh Yunjin LE SSERAFIM Dituding Lakukan Perampasan Budaya di Foto Konsep Album
Instagram/jenaissante
Musik

Huh Yunjin menjadi yang paling disorot dalam foto konsep terbaru untuk album LE SSERAFIM, 'EASY'. Hal itu dikarenakan Yunjin yang diduga mengenakan akesori serupa durag.

WowKeren - Foto konsep terbaru untuk album ketiga LE SSERAFIM yang bertajuk "EASY" akhirnya dirilis. Kali ini, Kim Chaewon cs mengusung konsep Balmy Flex yang memperlihatkan sisi fearless kelima member dengan vibes santai, tapi juga keren. Penampilan mereka pada foto ini berbeda dari konsep sebelumnya yang cenderung misterius dan anggun.

Pujian demi pujian pun didapat LE SSERAFIM dari para penggemar. Namun sayang, di antara banyaknya pujian, salah satu membernya, yakni Huh Yunjin justru terseret kontroversi. Yunjin dituding melakukan perampasan budaya karena tampak memakai aksesori di kepala semacam durag.

Durag sendiri diciptakan sebagai alat pelindung bagi pria kulit hitam. Barang semacam kain itu digunakan untuk melindungi rambut bertekstur dari kerusakan, serta menjaga gaya rambut dan pola ikal. Banyak yang berargumen bahwa tindakan individu non-kulit hitam yang mengenakan durag melanggengkan stereotip yang merugikan dan tidak mengakui makna budaya di baliknya.

Sejarah durag dapat ditelusuri kembali ke penutup kepala yang dikenakan oleh budak kulit hitam Amerika, yang oleh masyarakat dipandang sebagai "tanda kemiskinan dan subordinasi." Pada tahun 1990-an, komunitas kulit hitam menjadikan durag sebagai simbol kebanggaan dan pemberdayaan. Jadi, memakai durag sebagai aksesori dianggap sebagai perampasan budaya bagi orang non-kulit hitam.


Huh Yunjin LE SSERAFIM Dituding Lakukan Perampasan Budaya di Foto Konsep Album

Source: X@SOURCEMUSIC

Tudingan inilah yang sedang menyasar kepada Yunjin. Pada foto tersebut, Yunjin tampil mengenakan crop top, celana pendek berwarna pink, serta mantel bulu besar berwarna hijau. Penampilannya sukses menjadi sorotan karena paling beda di antara member lainnya.

Di sisi lain, ada salah seorang fans yang mengungkap bahwa aksesori yang dipakai di kepala Yunjin adalah syal keluaran brand ternama. Meski begitu, netizen tetap merasa tidak senang. Mereka menduga sang stylist sengaja mengikat syal tersebut di kepala Yunjin hingga menyerupai durag.

"Oke aku tahu, tapi mereka bisa saja mengikat benda ini secara berbeda. Karena meskipun itu bukan durag, itu diikat agar terlihat seperti durag," komentar warganet. "Kenapa mereka mengikat syal seperti itu sih???" sahut yang lain. "Sekarang kenapa mereka mengikat syal itu seperti durag?" kata lainnya bertanya-tanya.

Selain Yunjin, V BTS dan BABYMONSTER juga pernah terseret kontroversi yang sama. Jika V kedapatan mengenakan durag saat melakukan siaran live, sementara BABYMONSTER di MV "Batter Up". Sebagai informasi, album "EASY" akan resmi dirilis pada tanggal 19 Februari mendatang.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait