Klaim Agensi ILLIT Soal Styling Para Member Dihantam Kritik Fashion Insider
X/ILLIT_official
Selebriti

Perseteruan antara HYBE dan ADOR tentang klaim plagiarisme konsep NewJeans oleh ILLIT semakin memanas, terutama setelah pernyataan BeLift Lab mengenai istilah ‘ILLIT-core’.

WowKeren - ILLIT kembali menjadi pembahasan usai BeLift Lab mencoba membantah tuduhan menjiplak NewJeans yang dilontarkan CEO ADOR, Min Hee Jin. Kali ini, urusan styling para member yang disebut “ILLIT-core” membuat fashion insider ikut gream.

Setelah video bantah itu dirilis agensi ILLIT, argumen dalam sanggahan mereka tidak memadai dan gagal membantah tuduhan menjiplak. Salah satu bagian kunci dalam video yang kemudian menjadi topik perdebatan adalah istilah “ILLIT-core.”

Saat menjelaskan bahwa BELIFT dengan hati-hati merancang konsep ILLIT agar tidak dibandingkan dengan NewJeans, direktur visual mereka mengklaim bahwa gaya dan visual ILLIT begitu unik sehingga industri fashion mulai menyebutnya sebagai “ILLIT-core”.

Keesokan harinya setelah video dirilis, seorang insider industri fashion (A) meninggalkan komentar pedas di bawah video tersebut yang mempertanyakan keabsahan klaim ini. A menunjukkan bahwa bahkan untuk ikon fashion top Korea Selatan, G-Dragon, tidak ada istilah serupa yang digunakan dalam industri.

“Aku bekerja di industri fashion, dan Aku bertanya-tanya sektor mana dari dunia fashion yang menggunakan istilah ‘ILLIT-core’. Aku telah berkecimpung di industri ini selama beberapa tahun dan mengerjakan beberapa peluncuran musiman, namun Aku belum pernah mendengar istilah ini,” ungkap A.

Kemudian, ia melanjutkan, “Bahkan NewJeans, yang secara signifikan telah mempengaruhi fesyen di kalangan wanita remaja dan dua puluhan, belum pernah menciptakan istilah seperti ‘NewJeans-core’. Demikian pula, bahkan ikon top Korea Selatan, GD, tidak pernah memiliki istilah seperti ‘GD-core’ yang dikaitkan dengannya.”

Profesional industri tersebut melanjutkan dengan menjelaskan bagaimana istilah “-core” diciptakan dan diterapkan dalam konteks fashion. Ia juga menjelaskan mengapa fashion ILLIT sejauh ini tidak dapat memiliki penamaan serupa.

“Pakaian ILLIT hanyalah kostum panggung yang tidak bisa dipakai dengan santai oleh masyarakat umum di luar ruangan. Istilah “core” dalam dunia fesyen, seperti yang terlihat dalam istilah seperti ‘Golfcore’, ‘Blockcore’, ‘Balletcore’, dan ‘Girlcore’, biasanya berasal dari istilah “Normcore”, di mana “norm” berarti “normal”. Pakaian panggung ILLIT tidak memiliki gaya yang cukup alami untuk diberi label ‘inti’—itu hanya kostum panggung yang mencolok,” lanjutnya.

“Pada akhirnya, aku tidak percaya ILLIT telah menjadi grup idola penentu tren yang dapat mendominasi dunia mode hingga memerlukan istilah seperti ‘ILLIT-core’. Aku ragu merek akan menggunakannya sebagai referensi selama pertemuan perencanaan musiman. Aku juga tidak yakin banyak konsumen akan berpikir, ‘Aku ingin membeli pakaian panggung Eyelet,’ karena jelas jauh dari pakaian sehari-hari,” pungkasnya.

Terakhir, seorang pengguna di komunitas online theqoo memposting pencarian mereka tentang “ILLIT-core” di media sosial yang tidak membuahkan hasil signifikan, mendukung argumen tersebut.

“Super memalukan,” tulis salah satu komentar. “ILLIT Core? Apa yang mereka katakan, LOL? Kostum panggung gaya piyama tidak menarik dan tidak cantik. Siapa yang akan mengikuti dan memakai hal yang sama, LOL? Tch.),” tambah yang lain. "Direktur ILLIT berbicara omong kosong. Aku kira dia ingin hasil akhirnya mendapatkan respon semacam itu, LOL," ujar lainnya.

Sementara itu, BeLift Lab terus menghadapi kritik sejak mereka memposting video yang membantah tuduhan CEO Min. Netizen juga menemukan bahwa label tersebut telah menggunakan gambar yang diedit untuk membuktikan bahwa mereka tidak melakukan plagiarisme terhadap photoshoot NewJeans.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait