G-Dragon Profile
G-Dragon Profile Photo

G-Dragon

Profesi
Penyanyi, produser, model
Nama Asli
Kwon Ji Yong
Tgl Lahir
Aug 18, 1988
Lahir di
Seoul, Korea Selatan
Profesi
Penyanyi, produser, model
Populer
Merilis debut album "Heartbreaker" (2009)
Tempat Lahir
Seoul, Korea Selatan
Tinggi Badan
177
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Pendidikan
  • Pernah kuliah di Gyeong Hee University, jurusan Post Modern Musik
Saudara
Kwon Dami (kakak perempuan)
Kekasih
Kiko Mizuhara (model, mantan), Nana Komatsu (model)
Populer Sejak
Merilis debut album "Heartbreaker" (2009)

Kwon Ji Young atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya G-Dragon (GD) adalah leader sekaligus rapper boyband kenamaan Big Bang. G-Dragon lahir pada 18 Agustus 1988 di Seoul, Korea Selatan. Kini dia dikenal dengan gaya berpakaiannya yang nyentrik.

G-Dragon pertama kali masuk dunia hiburan pada usia yang masih sangat kecil, 5 tahun. Saat itu ia telah tergabung dalam sebuah grup dance bernama "Little Roora". Little Roora diketahui sempat merilis album natal sebelum akhirnya diputus kontrak oleh labelnya.

Mengetahui fakta tentang karir grup dancenya yang terancam terhenti, GD kecil berkata kepada ibunya bahwa ia menginginkan kehidupan anak-anak normal saja. Namun, pada perjalanan wisata yang dilakukan bersama keluarganya, GD bertemu CEO SM Entertainment, Lee Soo Man, di suatu kompetisi dance. Melihat talenta yang dimiliki pelantun "One of A Kind" ini, Soo Man kemudian merekrutnya.

Di bawah naungan SM Entertainment yang belum sebesar sekarang, GD merasa tidak berkembang dan memutuskan keluar setelah bergabung selama 5 tahun. "Saat itu aku merasa perusahaan tidak tahu apa yang mereka mau denganku. Selain itu, mereka terlalu sibuk dengan para senior dan belum sebesar sekarang," ungkapnya.

GD kemudian menapaki babak baru dalam karir bermusiknya. Ia berkenalan dengan Wu-Tang-Clan, mentornya dalam nge-rap. Atas bantuan People Crew, GD ikut terlibat dalam penggarapan album grup hip-hop Korea Selatan Flex pada 2001. Saat itulah GD tampil sebagai rapper di usia yang baru 13 tahun, yang sekaligus menjadikannya rapper termuda asal Korea Selatan.

Penampilan apiknya dalam album Flex berhasil mengesankan CEO YG Entertainment, salah satu dari 3 manajemen artis terbesar Korea Selatan saat ini. Namun masa awal latihan GD bersama YG Entertainment tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai junior, adik dari Kwon Dami ini harus mengerjakan pekerjaan remeh seperti membersihkan studio dan mengantarkan air pada para senior.

Artis yang dikenal dengan kepiawaiannya dalam menulis lagu ini awalnya direncanakan debut bersama rekannya Do Young Bae, atau yang lebih dikenal sebagai Taeyang, dalam duo grup GDYB. Meskipun pada akhirnya rencana tersebut berubah. Akhirnya dia dan Taeyang debut bersama T.O.P, Seungri serta Daesung di bawah nama Big Bang, 19 Agustus 2006.

Bersama Big Bang, penyanyi bergolongan darah A ini telah banyak menuai prestasi. Keahliannya itu tertuang dalam single "Haru-Haru" yang melambungkan nama Big Bang. Dia juga telah dianugerahi sebagai penulis lagu terbaik dalam beberapa ajang penghargaan. Beberapa judul lagu pernah GD tulis untuk Big Bang dan menjadi hits antara lain adalah "Blue", "Monster", dan "Fantastic Baby".

Selain aktif dalam grup, G-Dragon telah berkali-kali merilis album solonya. "%One of a Kind%", "Norwegian Wood", dan "oup D'Etat" adalah bukti kreativitas yang dimiliki penyanyi bertato ini. Seperti lagu gubahannya yang lain, "Coup d'Etat", juga baru saja meraih prestasi bukan hanya di negeri asalnya tapi juga di tingkat dunia. Album solo kedua G-Dragon ini dirilis dalam 2 tahap secara online, 2 dan 5 September 2013. "Coup d'Etat Part 1" berhasil debut di peringkat pertama Billboard's World Albums chart.

Dibalik kesuksesannya sebagai artis, GD pernah tersangkut kasus penggunaan obat-obatan terlarang ketika tertangkap merokok ganja di sebuah klub. Namun, saat itu dia membela diri dengan mengatakan telah menghisap rokok yang diberikan orang tak dikenal kepadanya. Dalam kehidupan asmaranya GD kerap diisukan memiliki hubungan spesial dengan model Jepang sekaligus aktris film"Norwegian Wood" bernama Kiko Mizuhara.

Sampai saat ini, penyanyi yang pernah berkolaborasi dengan Missy Elliot itu dikenal tetap rendah hati. Beberapa kali fotonya saat menunduk di sebuah acara musik membuat para netizen kagum. Pasalnya, G-Dragon terlihat menunduk hingga 90 derajat pada para juniornya.

G-Dragon Lirik Lagu
Lirik Lagu
Lirik

A Boy

Lirik Lagu
Lirik

Baby Good Night

Lirik Lagu
Lirik

Black (Feat. Jennie Kim)

Lirik Lagu
Lirik

Breathe

Lirik Lagu
Lirik

BULLSHIT

Lirik Lagu
Lirik

Butterfly

Lirik Lagu
Lirik

Crayon

Lirik Lagu
Lirik

Crooked

Lirik Lagu
Lirik

Crooked (Japanese Version)

Lirik Lagu
Lirik

Divina Commedia (Outro)