Biografi /rif

Rhythm in Freedom atau yang lebih sering kita kenal dengan /rif adalah sebuah band beraliran pop rock. /rif dibentuk di Bandung pada 1992. Mulanya band ini berganti nama dua kali yakni Badai Band dan R.I.F sebelum akhirnya kembali mengusung /rif.

Karir band yang digagas Andy (vokal), Iwan (bass), Adji (gitar), Maggi (drum) dan Denny (gitar) tersebut dimulai dengan manggung dari kafe ke kafe di era 1995. Mereka berhasil masuk industri rekaman Indonesia lewat debut album "Radja" dengan single andalan berjudul sama serta "Bunga".

/rif kembali menuai sukses berkat album kedua "Salami" (1999). Judul albumnya berasal dari kata salam-i yang artinya "Selamatkan". Album tersebut menyiratkan pesan moral untuk selalu menjaga alam. "Salami" mengantarkan /rif menang di VMI VII, February 1999/2000, Nominasi MTV Most Wanted Band/Group/Duo untuk video klip "Aku Ingin" dan AMI (Anugerah Musik Indonesia) 1999 untuk lagu "Si Hebat".

Selang dua tahun kemudian, /rif kembali ke dunia rekaman dengan album baru berjudul "Nikmati Aja". Album ini berisi 10 lagu dengan single andalan "Loe Toe Ye". Lagu ini sukses di pasaran dan menjadikan video clip "Loe Toe Ye" menang penghargaan Video Clip Terbaik di VMI 2000-2001.

Prestasi /rif juga membuat Sony Music Indonesia menjadikan "Dunia" dari album "Dan Duniapun Tersenyum" (2002) sebagai soundtrack film "Spider-Man". Lagu tersebut masuk di album kompilasi OST "Spider-Man" dan membuat /rif sejajar dengan band luar negeri seperti Aerosmith dan Sum 41.

Sayangnya setahun kemudian, gitaris /rif, Denny, mundur karena masalah internal. Posisinya kemudian digantikan oleh eks gitaris U'Camp, Ovy. Iwan sang bassist juga menyusul jejak Denny untuk hengkang dari /rif. Saat konser tunggal "Rock n Roll" 2012, /rif mengungkap kalau additional player Teddy terpilih menggantikan Iwan.

Pergantian personil memang tak membuat /rif menyerah. Mereka justru semakin eksis dan melahirkan sejumlah karya hits seperti "The Best Of" (2004) dan "18 Years of Rock" (2013). Masalah dan prestasi menjadi ilham /rif untuk menghadirkan buku berjudul "Mau Jadi Anak Band".

"Ya kami meluncurkan buku, ini agak unik, Yang isinya pengalaman lebih dari 20 tahun kami bermusik," tutur Andy di Jakarta, September 2013. "Ada music guide, moga-moga ada hal yang bermanfaat untuk teman-teman yang baru ngebentuk band atau udah punya band."