Biografi Adhitia Sofyan

Adhitia Sofyan merupakan musisi yang dikenal sebagai pengisi soundtrack "Kambing Jantan : The Movie", "Adelaide Sky". Ia sebelumnya sudah menulis beberapa lagu sejak 1999. Namun Adhitia fokus berkarir di industri periklanan sebagai desainer grafis di Matari Advertising.

Ia baru kembali menjajal karir bermusik dengan menciptakan beberapa lagu pada 2007. Mini album pertama Adhitia, "I'm Not Getting Any Slimmer, So Here We Go...", dirilis setahun setelahnya. Album yang berisi 5 lagu ini berhasil memuncaki tangga lagu radio Nubuzz FM dengan single "Adelaide Sky" dan "Memilihmu".

"Adelaide Sky" inilah yang membawa Adhitia bertemu dengan penulis kenamaan Raditya Dika. Awalnya Raditya Dika merasa iseng mencari lagu bagus di YouTube. Saat itu, Raditya menemukan video akustik "Adelaide Sky" milik penyanyi yang akrab disapa Kang Gundul itu. Setelah itu, Radit langsung menghubungi Adhitia supaya lagu beraliran musik pop itu bisa dijadikan soundtrack.

Kesuksesan film "Kambing Jantan : The Movie" ikut mendukung promo lagu "Adelaide Sky". Akhirnya nama Adhitia Sofyan mulai dipertimbangkan dalam kancah musik Indonesia.

Adhitia kemudian merilis full album pertamanya berjudul "Quiet Down (Bedroom Recordings Vol. 1)" di 2009. Album yang berisi 11 lagu ini dirilis dalam dua versi. Versi pertama dirilis dengan konsep Freemium yakni bisa diunduh secara gratis oleh fans melalui blog pribadi Adhitia. Versi kedua dirilis dalam album fisik, CD dengan bonus 1 lagu. Album ini juga dirilis di Jepang oleh distributor musik indie Disques Desinee dan Tower Records Jepang.

Adhitia merilis album kedua pada 2010 dengan judul "Forget Your Plans (Bedroom Recordings Vol. 2)". Album ini juga dirilis sama dengan yang pertama yakni dalam bentuk freemium maupun CD dan diedarkan di Jepang. Lirik dalam album berisi 12 lagu ini bercerita tentang percintaan, Kehidupan di kota dan kematian. Berkat album ini juga, Adhitia berhasil meraih penghargaan Favorite Singer-Songwriter dan Favorite Solo Artist dalam ajang Indonesian Cutting Edge Music Award 2010.

Adhitia juga berkesempatan untuk melakukan tour keliling Jepang pada September 2011. Dokumentasi penampilannya di Jepang itu kemudian diedarkan secara gratis kepada fans.

Album ke-3, Adhitia bertajuk "How to Stop Times" yang dirilis pada Juli 2013. Album kali ini memiliki makna ganda bagi Adhitia. Menurutnya, ia sering melewatkan berbagai kejadian penting dalam hidupnya.