Adi Bing Slamet Profile
Adi Bing Slamet Profile Photo

Adi Bing Slamet

Profesi
Aktor, penyanyi
Nama Asli
Ferdinand Syah Albar
Tgl Lahir
Mar 6, 1967
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Profesi
Aktor, penyanyi
Populer
Berperan dalam film "Tiga Sekawan" (1975)
Tempat Lahir
Jakarta, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Bing Slamet
Pekerjaan Ayah
Aktor
Ibu
Ratna Komala Furi (m. 28-Jul-16)
Saudara
Lukman Syah (kakak laki-laki), Hilman Syah (kakak laki-laki), Firman Syah (kakak laki-laki), Iman Syah (kakak laki-laki), Uci Bing Slamet (kakak perempuan), Iwan Syah (adik laki-laki), Iyut Bing Slamet (adik perempuan)
Suami/Istri
Eva Arnaz (aktris, cerai), Nurjanah
Anak-anak
Adzana Bing Slamet (aktris, L.16-Feb-93), Keino Abijan, Ratna Kaidah Sarati
Populer Sejak
Berperan dalam film "Tiga Sekawan" (1975)

Ferdinand Syah Albar atau yang lebih dikenal Adi Bing Slamet memulai karirnya dengan menjadi bintang cilik di era 70-an. Berbekal kemampuan menyanyi dari sang ayah, Bing Slamet, Adi memulai debutnya lewat album "Mama" dengan single andalan yang sama. Lagu ciptaan Eddy Sjam ini diambil dari kisah nyata Adi saat ia harus menghibur ibunya dikala sang ayah meninggal dunia.

Saudara dari Uci Bing Slamet ini kemudian merilis lagu berjudul "Mak Inem Tukang Latah" yang dinyanyikan bersama dengan aktris kenamaan Indonesia saat itu, Wolly Sutinah. Lagu ciptaan Januar Ishak ini sukses membuat nama Adi dipertimbangkan dalam jajaran top bintang cilik.

Setelah itu tawaran menyanyi terus membanjiri Adi, tercatat ia telah menyanyikan puluhan lagu anak seperti "Jeruk Asem" karya Harry Van Hope, "Mumpung" karya M. Sani, "Koboy Cilik" karya Mukriadi, "Bing" karya Titiek Puspa dll. Karir Adi semakin bersinar saat ia berduet dengan penyanyi cilik lainnya yaitu Chicha Koeswoyo.

Adi kemudian menjajal dunia akting dengan ikut bermain dalam film "Ateng Kaya mendadak" (1975). Setelah itu ia terus melebarkan sayapnya dengan bermain dalam beberapa film seperti "Tiga Sekawan" (1975), "Anak Emas" (1976), "Cinta kasih Mama" (1976), "Koboy Cilik" (1977) dan "Sinyo Adi" (1977). Memasuki masa remaja, Adi mulai bermain dalam film bertema percintaan seperti "Tomboy" (1981), "Merpati Tak Pernah Ingkar Janji" (1986) dan "Aku Benci Kamu" (1987).

Tak hanya bermain film, Adi juga kerap membintangi berbagai sinetron. Di era 90-an Adi beradu akting dengan almarhum Nike Ardila dalam sinetron "Ceplas-Ceplos" (1993) dan "Saputangan dari Bandung Selatan" (1994). Adi kemudian kembali ke layar TV dengan berperan di sinetron "Si Entong" (2006) sebagai ustad Somad.

Adi menikahi istrinya, Nurjanah, pada 1992. Mereka berdua dikaruniai 3 orang anak yaitu Adzana Adi Bing Slamet, Keino Abijan dan Ratna Kaidah Sarati. Anak Adi Bing Slamet yang pertama, Adzana, turut mengikuti jejak karir sang ayah dengan menjadi pemain sinetron dalam sinetron "Putih Abu-Abu" (2012).

Nama Adi kembali diperbincangkan saat kasusnya dengan Eyang Subur mencuat ke publik. Eyang Subur merupakan guru spiritual Adi sejak tahun 1995. Namun awal tahun 2013, Adi mengaku bahwa Eyang Subur melakukan guna-guna kepadanya. Ia merasa diperas dan juga menderita penyakit jantung. Bahkan Eyang Subur ingin menikahi istri Adi, Nurjanah, supaya Adi bisa lepas dari penyakit tersebut. Adi yang merasa geram lantas melaporkan Eyang Subur ke polisi. Kasus ini semakin kisruh saat muncul fakta bahwa Eyang Subur telah memiliki 9 istri. Masyarakat luas dan ormas Islam banyak menghujat Eyang Subur yang dinilai menyebar ajaran sesat. Selain Adi, korban Eyang Subur diantaranya para pelawak Srimulat dan Arya Wiguna.

Loading...
Adi Bing Slamet Lirik Lagu