Atta Halilintar Profile
Atta Halilintar Profile Photo

Atta Halilintar

Profesi
Aktor, penyanyi, pengusaha
Nama Asli
Muhammad Attamimi Halilintar
Tgl Lahir
Nov 20, 1994
Lahir di
Dumai, Provinsi Riau, Indonesia
Profesi
Aktor, penyanyi, pengusaha
Populer
Berperan sebagai dirinya sendiri di acara realiti "Amazing Gen Halilintar" (2016)
Tempat Lahir
Dumai, Provinsi Riau, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Ayah
Halilintar Anofial Asmid
Pekerjaan Ayah
Pengusaha
Ibu
Lenggogeni Faruk
Pekerjaan Ibu
Pengusaha
Saudara
Sohwa Mutamima Halilintar (adik perempuan), Sajidah Mutamimah Halilintar (adik perempuan), Thariq Halilintar (youtuber, adik laki-laki), Abqariyyah Mutammimah Halilintar (adik perempuan), Saaih Halilintar (youtuber, adik laki-laki), Siti Fatimah Halilintar (adik perempuan), Muhammad Al Fateh Halilintar (adik laki-laki), Muhammad Muntazar Halilintar (adik laki-laki), Siti Saleha Halilintar (adik perempuan), Muhammad Shalaheddien El-Qahtan Halilintar (adik laki-laki)
Suami/Istri
Aurel Hermansyah (penyanyi, sejak 03-Apr-21)
Kekasih
Nabilla Aprillya (selebgram)
Anak-anak
Ameena Hanna Nur Atta (perempuan, L. 22-Feb-22)
Populer Sejak
Berperan sebagai dirinya sendiri di acara realiti "Amazing Gen Halilintar" (2016)

Muhammad Attamimi Halilintar atau yang lebih dikenal sebagai Atta Halilintar merupakan putra sulung dari 11 bersaudara. Atta lahir dari pasangan Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk pada 20 November 1994. Keluarga mereka memiliki julukan Gen Halilintar.

Sebagai anak tertua, Atta menjadi saksi perjuangan kedua orangtuanya dalam merintis usaha. Sedari kecil, Atta sudah diajari bekerja keras oleh Anofial Asmid dan juga Lenggogeni. Atta bahkan sempat berjualan mainan serta makanan seperti roti dan sandwich saat masih duduk di bangku SD.

"Jadi SD udah enggak dikasih jajan (uang saku), gue harus dagang dari sekolah. Gue dagang jajanan sekolah, dagang mainan, pokoknya yang menghasilkan," ungkap Atta dalam video di kanal YouTube Boy William.

Keluarga Atta kemudian pindah dan menetap di Malaysia kala ia masih duduk di bangku SD. Kondisi finansial keluarga yang sulit bahkan membuat Atta terpaksa putus sekolah. "Karena aku putus dari sekolah, aku bilang 'Ya, sudahlah. Aku bantu orang tua saja.' Aku sudah dua tahun juga di sekolah sudah enggak bayar SPP. SPP enggak terlalu mahal, tapi karena lebih penting makan daripada bayar sekolah, ya, sudah," beber Atta dalam video di kanal YouTube Helmy Yahya Bicara.

Saat masih berusia 11 tahun, Atta berusaha mencari uang dengan cara berjualan kartu perdana alias SIM Card di terminal. Atta mendapatkan untung Rp 1.000 untuk setiap SIM Card yang dijualnya. Dengan keuntungan tersebut, ia bisa membantu memberi bahan makanan untuk adik-adiknya. Setelah SIM Card, Atta lalu mencoba peruntungan lain dengan berjualan mobil bekas hingga ponsel buatan Tiongkok. Dari hasil berjualan ponsel tersebut, Atta mengaku pernah meraup untung hingga Rp 1 miliar.

Untuk mempromosikan barang dagangannya secara gratis, Atta kala itu memanfaatkan internet. Ia menggunakan blog untuk menulis artikel yang berkaitan dengan barang dagangannya. "Aku jualan handphone, bikin artikel tentang handphone yang aku jual. Nanti di bawahnya ada tulisan kalau mau beli handphone ini, saya jual lho," beber Atta dalam temu media "Smartfren WOW Concert" pada 2019 lalu.

Keluarga Atta mulai mendapat banyak sorotan usai Lenggogeni sang ibu menerbitkan buku berjudul "Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team" pada 2015. Kanal YouTube Gen Halilintar yang berisi vlog keluarga juga sukses menarik minat banyak penonton. Memanfaatkan momentum tersebut, satu per satu anggota keluarga Gen Halilintar mulai membuat kanal YouTube mereka masing-masing.

Atta sendiri telah lebih dulu membuka kanal YouTube pribadinya sejak awal 2014. Namun sebelum membuat kanal YouTube AH yang kini telah memiliki 30 juta subscribers, Atta sempat membuka kanal YouTube lain bernama mattaxuq pada 2011. Di kanal YouTube mattaxuq, Atta menggunggah video fan edit soal sepak bola. Kanal YouTube tersebut masih bisa diakses hingga kini dan hanya memiliki tiga video, dengan video yang paling banyak ditonton telah diputar 1,2 juta kali.

Atta mulai menekuni dunia YouTube dan mengunggah vlog pertamanya di kanal AH pada tahun 2016. Dengan konten-konten menarik seperti gerebek rumah para artis ternama hingga prank, Atta berhasil menggaet banyak penonton. Atta lantas mencetak sejarah pada 5 Februari 2019, kala ia sukses menjadi YouTuber pertama di Asia Tenggara yang meraih Diamond Play Button dengan 10 juta subscribers. Pada 28 November 2019, Atta mengumumkan bahwa subscribers-nya telah mencapai angka 20 juta. Prestasi tersebut membuat Atta masuk dalam YouTube Rewind 2019 bersama para content creator global lainnya.

Selain lewat YouTube, Atta juga berkarier di dunia hiburan melalui dunia akting hingga tarik suara. Ia telah membintangi sejumlah film mulai dari "13: The Haunted" hingga "Belok Kanan Barcelona". Atta bahkan membintangi sekaligus menyutradarai film aksi komedi berjudul "Ashiap Man". Film "Ashiap Man" dijadwalkan tayang di bioskop pada 10 Februari 2022 lalu namun batal karena meningkatnya kasus COVID-19. Setelah mengalami penundaan selama beberapa bulan, film tersebut rencananya akan tayang di Prime Video pada 14 November 2022 mendatang. Atta juga telah menelurkan belasan single digital. Ia beberapa kali merilis lagu duet bersama istrinya, Aurel Hermansyah, seperti "Hari Bahagia", "Takbir", hingga "Malaikat Hidupku".

Meski namanya melambung sebagai YouTuber dan entertainer, Atta tetap menggeluti dunia bisnis. Sejak tahun 2016, Atta telah memulai brand fashion yang diberi nama Atta Halilintar Habit alias AHHA. Selain itu, Atta juga mendirikan AHHA Production yang berfokus pada industri kreatif. Ia juga berkecimpung di dunia bisnis kuliner melalui produk ASHIAAAP! yang menjual berbagai macam jajanan seperti mie lidi, makaroni, stik udang, hingga cilok kuah.

Di balik kesuksesannya sebagai seorang YouTuber hingga pengusaha, Atta sempat terseret dalam sejumlah skandal. Pada 2019, DJ Bebby Fey sempat mengaku dilecehkan oleh Atta. Kala itu, Bebby Fey mengaku terpaksa mengungkap skandal tersebut ke publik karena merasa sakit hati dan tidak ingin ada wanita lain yang menjadi korban.

Atta sendiri tak tinggal diam usai dituding melakukan pelecehan kepada Bebby Fey. Ia membantah pernah melecehkan Bebby Fey. Pihak Atta juga sempat melaporkan Bebby Fey ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik. Atta mengaku tak habis pikir dengan tudingan dan chat syur yang sempat disebarkan Bebby Fey. "Saya bingung itu dari mana kok bisa muncul. Soalnya enggak ada kok," ujar Atta dalam jumpa pers pada 26 September 2019 lalu.

Bukan hanya Bebby Fey, Atta juga sempat dirumorkan "ngamar" bareng seorang wanita berinisial LA. Rumor tersebut berawal dari unggahan seorang warganet yang mengaku sebagai pemilik unit apartemen yang disewa oleh Atta. Putra sulung keluarga Gen Halilintar itu disebut-sebut memiliki hubungan dengan seorang wanita berinisial LA. Adapun wanita yang dimaksud diduga merupakan penyanyi Liza Aditya.

Meski begitu, rumor tersebut langsung dibantah baik oleh pihak Atta maupun Liza. Atta mengaku memang mengenal baik Liza, namun hubungan mereka hanyalah teman biasa. “Nanti kita akan usut serius kalau ada orang yang nyebarin fitnah-fitnah yang enggak baik,” ujar Atta pada 30 Oktober 2019.

Sementara Liza juga membantah pernah melakukan hubungan dengan Atta.

Terlepas dari skandal yang pernah menyeretnya, Atta menunjukkan keseriusannya kala menjalin hubungan dengan Aurel Hermansyah. Pasangan tersebut awalnya saling mengenal kala berkolaborasi untuk membuat konten YouTube. Seiring berjalannya waktu, Atta mulai jatuh hati dengan Aurel yang mampu cepat akrab dengan keluarganya.

"Aku kepincut sama dia karena waktu awalnya tiba-tiba dia deket sama keluargaku, jadi dia itu deket sama adik-adikku, main sama adikku yang cewek-cewek,” beber Atta dalam sebuah kesempatan.

Untuk menunjukkan keseriusannya, Atta meminta izin langsung kepada ayah Aurel, Anang Hermansyah. Kala Aurel merayakan ulang tahunnya yang ke-22, Atta juga memberikan hadiah berupa cincin dengan permata ungu sebagai tanda keseriusannya. Atta kemudian menyatakan keinginannya untuk menikahi Aurel pada 2020, namun pernikahan mereka harus ditunda karena pandemi COVID-19.

Atta dan Aurel pun menggelar akad nikah di Hotel Raffles Kuningan, Jakarta, pada 3 April 2021. Pernikahan mewah Atta-Aurel turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting nasional seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, hingga Presiden Joko Widodo. Momen sakral tersebut juga disiarkan oleh stasiun televisi swasta sehingga bisa disaksikan langsung oleh masyarakat Indonesia.

Kebahagian pasangan tersebut pun bertambah ketika buah hati pertama mereka lahir pada 22 Februari 2022. Cucu pertama keluarga Halilintar dan Hermansyah tersebut diberi nama Ameena Hanna Nur Atta. Atta mengaku nama putri pertamanya itu sudah dipertimbangkan dan dipilih dari jauh-jauh hari.

"Ameena ini nama ibu Nabi Muhammad SAW. Jadi ibu nabi ini yang melahirkan manusia paling hebat di dunia, bikin dia jadi perempuan yang hebat juga. Ke depannya menjaga dia juga," terang Atta. "Hanna artinya kebahagiaan, (kelahirannya) bawa kebahagiaan untuk satu keluarga, semua happy. Nur itu nama mamanya, artinya cahaya, biar anaknya bercahaya juga."

Kini, Atta masih terus aktif membuat konten bersama keluarga kecilnya. Atta dan Aurel juga baru saja menggelar upacara Tedak Siten untuk Ameena yang telah genap berusia 7 bulan. Sayangnya, keluarga Halilintar tak bisa menghadiri acara Tedak Siten Ameena karena mengikuti turnamen golf.

Tak hanya menjadi sosok kepala keluarga teladan, Atta juga memberikan contoh baik kepada para penggemarnya. Ia diketahui telah beberapa kali menggalang donasi untuk kepentingan kemanusiaan. Salah satunya, Atta menggalang donasi untuk bidang pendidikan atau sekolah di Palestina sejak 11 Mei 2021 melalui platform galang dana kitabisa.com/solidaritasuntukpalestina. Dompet Dhuafa pun memberi apresiasi kepada Atta yang sukses menghimpun dana Rp 2,3 miliar untuk kepentingan tersebut. Lalu pada Juli 2021, Atta juga menggalang dana melalui situs Kita Bisa untuk membantu memasok tabung oksigen dan berhasil mengumpulkan uang ratusan juta rupiah.

Diskografi

Single Album

  1. "Ramadhan & Lebaran Hits" (2018)

Single Digital

  1. "Work Hard Pray Hard" (bersama Eitaro dan Dj Leztey) (2019)
  2. "Anak Indonesia" (bersama MASGIB) (2019)
  3. "Exposure" (2020)
  4. "Teman Tapi Cinta" (2020)
  5. "Bersama Kita Mampu" (2020)
  6. "Calon Bojo" (2020)
  7. "Aku Miss You" (2021)
  8. "Hari Bahagia" (bersama Aurel Hermansyah) (2021)
  9. "Takbir" (bersama Aurel Hermansyah) (2021)
  10. "Happy Birthday To You" (2021)
  11. "This is Indonesia" (bersama Aurel Hermansyah, Krisdayanti, Lenggogeni Faruk, dan BEAUZ)(2021)
  12. "Malaikat Hidupku" (bersama Aurel Hermansyah) (2022)
  13. "Alhamdulillah" (bersama Aurel Hermansyah dan Siti Nurhaliza) (2022)
  14. "Kami Pendekar" (2022)

Filmografi

Film

  1. "13: The Haunted" sebagai Farel (2018)
  2. "Belok Kanan Barcelona" sebagai Jordan (2018)
  3. "Kembalinya Anak Iblis" sebagai Farel (2019)
  4. "Ashiap Man" sebagai Zul (2022)

Web Series

  1. "The Rebels" sebagai Bram (2019)

Acara Televisi

  1. "Amazing Gen Halilintar" (2016)
  2. "Killer Karaoke Indonesia" (2018)
  3. "Wow Banget" (2019)
  4. "Bukbernya Wow Banget" (2019)
  5. "Cerita Atta" (2020)
  6. "Atta Aurel Teman Tapi Cinta" (2020)
  7. "Ikatan Cinta Atta Aurel" (2021)

Penghargaan

Selebrita Awards

  1. 2019: Selebriti Pendatang baru Terfavorit

Dahsyatnya Awards

  1. 2020: YouTuber Terdahsyat

Insert Anniversary

  1. 2020: Pasangan Selebriti Ter'Uwu' (bersama Aurel Hermansyah), Selebriti Terfenomenal

Obsesi Awards

  1. 2021: Selebriti Pria Terobsesi
  2. 2022: Lovely Parents Terobsesi (bersama Aurel Hermansyah), Obsesi of the Year (bersama Aurel Hermansyah)

Indonesian Television Awards

  1. 2021: Public Figure Inspiratif Terpopuler, Program Spesial Terpopuler (Ikatan Cinta Atta-Aurel)

Silet Awards

  1. 2021: Keluarga Vlogger Tersilet (The Atta Family)

Go Spot Awards

  1. 2021: Couple of the Year (bersama Aurel Hermansyah)

SCTV Music Awards

  1. 2022: Video Klip Paling Ngetop (Hari Bahagia ft Aurel Hermansyah)

Trivia

  1. Anak sulung dari 11 bersaudara
  2. Punya jiwa bisnis sedari kecil, Atta sudah mencari uang sendiri sejak masih SD
  3. Atta hanya lulusan SMP dan mendapat ijazah setara SMA melalui kejar paket C
  4. Sebelum membuat kanal YouTube AH, Atta punya kanal YouTube lain bernama mattaxuq
  5. Pendapatan pertama Atta dari video di kanal Youtube mattaxuq cuma Rp 72 ribu
  6. Pada 2019, Atta jadi YouTuber Asia Tenggara pertama yang capai 10 juta subscribers
  7. Masuk daftar Forbes Indonesia 30 Under 30 2021
  8. Masuk daftar 10 Digital Content Creator 2021 Versi Majalah Forbes Indonesia
  9. Punya klub sepak bola bernama FC Bekasi City
  10. Sudah debut sebagai sutradara lewat film "Ashiap Man"
  11. Bersahabat dengan aktor ganteng Verrell Bramasta sejak lama
  12. Hubungan asmaranya dengan Aurel berawal lewat kolaborasi konten YouTube
  13. Lamar Aurel di atas kapal tepat di hari ulang tahun sang kekasih
  14. Pernikahan Atta dan Aurel digelar mewah, Presiden Jokowi hadir sebagai saksi dari pihak mempelai pria
  15. Menteri Pertahanan Prabowo juga hadir sebagai saksi pernikahan dari pihak mempelai wanita
  16. Digadang-gadang jadi sosok yang berhasil persatukan Aurel dengan Krisdayanti
  17. Pesan Atta sebagai motivasi buat kamu: "Kerja keras tidak mengkhianati hasil asalkan kamu komitmen, kamu bener-bener mau usaha itu kamu komitmen, kamu benar-benar usaha keras dan kamu aku bilang sekali lagi, konsisten".