Busker Busker Profile
Busker Busker Profile Photo

Busker Busker

Profesi
Grup band
Tgl Lahir
Dec 14, 2018
Lahir di
Korea Selatan
Profesi
Grup band
Populer
Merilis single "Tokyo Girl" (2011)
Tempat Lahir
Korea Selatan
Kewarganegaraan
Korea
Populer Sejak
Merilis single "Tokyo Girl" (2011)

Busker Busker adalah band indie asal Korea Selatan. Band yang sebelumnya bernama Pinky Pinky ini mulai terkenal sejak berhasil menjadi runner-up Mnet "Superstar K3". Band ini beranggotakan tiga personil laki-laki yaitu Jang Beom Jun (vokal, gitaris), Kim Hyung Tae (Bassis) dan Brad Moore (Drummer).

Pada mulanya, Busker Busker adalah sebuah band kampus yang terdiri dari para mahasiswa Universitas Sangmyung. Band yang dibentuk oleh Jang Beom Jun ini harus kehilangan satu personilnya dengan alasan wajib militer. Brad yang berprofesi sebagai pengajar Bahasa Inggris di kampus tersebut kemudian bergabung sebagai drummer.

Busker Busker sering tampil di taman Cheonan, Korea Selatan, musim panas 2011. Dari sana nama mereka mulai dikenal oleh masyarakat setempat. Di saat bersamaan, para personil Busker Busker mengikuti audisi Superstar K3.

Namun, di acara tersebut mereka harus tersingkir di babak penyisihan 48 besar setelah membawakan lagu "Juliette". Selang beberapa saat, Busker Busker mendapat kesempatan tampil kembali setelah band yang seharusnya masuk ke dalam top 10 mengundurkan diri. Mereka kemudian diberi kesempatan kedua untuk tampil di acara tersebut.

Lagu "Tokyo Girl" yang dibawakan di babak pertama berhasil menyelamatkan mereka dari penyisihan. Setelah tampil memukau di sepanjang episode "Superstar K3" digelar, Busker Busker berhasil masuk final bersama Ulala Session dan menempati peringkat kedua.

Busker Busker semakin serius berkarir di industri musik Korea Selatan selepas "Superstar K3" selesai. Album pertama mereka yang bertajuk "Busker Busker 1st Album" pun rilis pada 29 Maret 2012. Album yang terdiri dari 11 lagu ini, termasuk lagu andalan "First Love", berhasil menarik minat publik Korea. Busker Busker berhasil menjual album pertama mereka sebanyak 50 ribu kopi dalam kurun waktu 3 minggu.

Pada 21 Juni 2012, band ini merilis "Busker Busker 1st Wrap Up Album". Di album ini, Jang Beom Jun kembali menunjukkan talentanya sebagai pencipta lagu. Kelima lagunya berhasil menjuarai tangga lagu di Korea Selatan. Tak hanya itu, album ini juga terjual sebanyak 136 ribu kopi.

Grup band Busker Busker kembali merilis album kedua mereka bertajuk "Busker Busker 2nd Album" pada 25 September 2013. Mereka kembali menorehkan pencapaian luar biasa. Kesembilan lagu di album ini berhasil menduduki posisi atas beberapa tangga lagu seperti Bugs Chart, Melon Chart dan Mnet Chart. Tak hanya itu, lagu di album pertama mereka yang berjudul "Cherry Blossom Ending" dipilih penggemar musik Korea sebagai lagu tema musim semi 2013. Hal itu membuat lagu tersebut kembali terkenal. April lalu, lagu tersebut menempati posisi pertama tangga lagu Billboard Korea.

Dibalik kesuksesan yang didapatkan Busker Busker dari "Superstar K3", Brad mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan. Melalui wawancara yang dilakukannya dengan sebuah situs musik NOISEY, Brad mengungkapkan kejelekan dibalik penyelenggaraan audisi pencarian bakat tersebut. Ia menjelaskan bahwa beberapa penampilan di acara telah direncanakan sebelumnya, termasuk kemenangan Ulala Session. Tak hanya itu, Brad juga menjelaskan bahwa meskipun lagu mereka berhasil menduduki posisi puncak, para personil Busker Busker tidak begitu banyak menghasilkan uang. Hal itu karena sebagian besar pemasukan mengalir ke CJ E&M sebagai manajemen mereka.

Busker Busker juga sempat mendapat sorotan dengan keputusan hiatus mereka. Terhitung 14 November hingga 10 Desember 2011, mereka menghentikan sementara segala aktifitas keaktrisannya. Meski dikabarkan akan bubar, Brad mengungkapkan bahwa alasan mereka hiatus adalah untuk beristirahat sejenak.

Busker Busker Lirik Lagu