Evanescence Profile
Evanescence Profile Photo

Evanescence

Profesi
Band rock
Tgl Lahir
Jun 18, 1994
Lahir di
Little Rock, Arkansas, USA
Profesi
Band rock
Populer
Merilis single "Bring Me to Life" dari album "Fallen" (2003)
Tempat Lahir
Little Rock, Arkansas, USA
Kewarganegaraan
Amerika
Populer Sejak
Merilis single "Bring Me to Life" dari album "Fallen" (2003)

Evanescene yang memiliki arti "kepudaran" adalah band rock asal Little Rock, Arkansas, Amerika Serikat. Band yang telah berulangkali mengalami pergantian formasi ini sekarang memiliki lima personil tetap, yaitu Amy Lee (vokalis/pianis), Terry Balsamo (gitaris), Troy McLawhorn (gitaris), Tim McCord (Bass) dan Will Hunt (drumer). Evanescene awalnya didirikan oleh Amy Lee dan Ben Moody yang bertemu di sebuah perkumpulan remaja pada 1994.

Evanescene mulai terkenal setelah merilis album "Fallen" (2003) dengan single utama "Bring Me to Life" dan "My Immortal". Penjualan album di seluruh dunia mencapai angka yang fantastis, yaitu sekitar 15 juta copy. Mereka juga berhasil mengantongi berbagai penghargaan, seperti "Best New Artist" di Grammy Awards 2004, "Best Rock Artist" di World Music Awards 2004 dan "New International Artist" di Billboard Latin Music Awards 2004.

Sebelum merilis album pertama, Evanescene sudah merilis beberapa mini album. Namun sayangnya belum mendapat banyak perhatian. Mini album tersebut antara lain "Sound Asleep" (1999) , "Origin" (2000) dan "Mystary" (2003).

Baru merasakan ketenaran, sang gitaris, Ben Moody, memutuskan untuk keluar akhir tahun 2003. Penyebab hengkangnya personil perintis Evanescene itu dikabarkan karena masalah perbedaan kreativitas. Belakangan diketahui bahwa Moody mengalami gangguan otak (bipolar disorder) yang membuatnya merasakan euforia berlebih sehingga memicu pertikaian dengan personil lain. Posisinya digantikan oleh mantan gitaris Cold, Terry Balsamo.

Evanescene melanjutkan karir yang sudah dibangunnya dengan merilis album studio kedua, "The Open Door" (2006). Mereka menggelar tur promo "The Fall Tour" di beberapa negara bagian Amerika Serikat pada awal tahun 2007. Album yang meroketkan single "Call Me When You're Sober" dan "Lithium" ini mencapai angka penjualan dua juta copy di seluruh dunia.

Di tahun keenam perjalanan karirnya, Evanescene merilis album studio ketiga yang berjudul self-titled, "Evanescene" (2011). Album ini mengusung single "What You Want" (2011) dan "My Heart Is Broken" (2011). Dalam rangka mempromosikan album, Evanescene menghelat sebuah tur besar, "Evanescene Tour", yang dilaksanakan di 17 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kebesaran nama yang sudah diraih Evanescene, membuat mereka harus tetap mempertahankan keutuhan band. Demi menjaga kekompakan, pergantian formasi pun tak dapat dielakkan. Beberapa nama yang sempat mengisi kekosongan di Evanescene antara lain David Hodges (drumer), Rocky Gray (drumer), John LeCompt (gitaris) dan Will Boyd (bassis).

Evanescence Lirik Lagu

Loading...