Kim Cattrall Profile
Kim Cattrall Profile Photo

Kim Cattrall

Profesi
Aktris
Nama Asli
Kim Victoria Cattrall
Tgl Lahir
Aug 21, 1956
Lahir di
Liverpool, England, UK
Profesi
Aktris
Populer
Berperan sebagai Samantha Jones di serial TV "Sex and the City" (1998-2004)
Tempat Lahir
Liverpool, England, UK
Tinggi Badan
170
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
Dennis
Pekerjaan Ayah
Ahli perancang bangunan
Ibu
Shane
Pekerjaan Ibu
Sekretaris
Pendidikan
  • Menempuh pendidikan di London Academy of Music and Dramatic Art
  • Menempuh pendidikan di American Academy of Dramatic Arts di New York
Suami/Istri
Larry Davis (31-Mei-75 - 1979) (dibatalkan), Andre J. Lyson (1982 - 1989), Mark Levinson (audio desainer, 4-Sep-98 - 2004)
Kekasih
Pierre Trudeau (mantan Perdana Menteri Kanada, 1980), Daniel Benzali (bertunangan), Gerald Casale (musisi), Bernard-Henri Levy, Alexander Siddig (aktor), Alan Wyse (koki)
Populer Sejak
Berperan sebagai Samantha Jones di serial TV "Sex and the City" (1998-2004)

Nama Kim Cattrall dikenal lewat perannya sebagai si seksi Samantha Jones di serial sitkom TV HBO dan versi layar lebar yang diadaptasi dari novel karangan Candace Bushnell, "Sex and the City". Sebelum terkenal seperti sekarang, aktris bernama asli Kim Victoria Cattrall yang lahir pada 29 Agustus 1956 ini sudah menunjukkan kecintaannya pada akting ketika masih menempuh pendidikan di London Academy of Music and Dramatic Art.

Usai lulus dari London Academy of Music and Dramatic Art, putri pasangan Shane (sekretaris) dan Dennis (ahli perancang bangunan) ini kemudian memulai debutnya sebagai aktris dalam film layar lebar pertamanya, "Rosebud" (1975). Setelah sukses memulai karirnya sebagai aktris layar lebar, nama Kim menjadi semakin terkenal ketika dia mendapat kesempatan bermain di beberapa episode serial TV legendaris seperti, "Starsky and Hutch" (1978), "The Incredible Hulk" (1979) dan "Charlie's Angels" (1979).

Seiring kesuksesannya di layar kaca, Kim kemudian mendapat kesempatan untuk bermain di film komedi terkenal, "Police Academy" (1984). Namanya semakin melejit ketika Sam berhasil menghidupkan karakter Samantha di film adaptasi novel berjudul sama "Sex and the City". Berkat kepiawaiannya menghidupkan sosok genit Samantha, Kim mendapat banyak tawaran untuk bermain film-film Hollywood, diantaranya "Crossroads" (2002), "Ice Princess" dan film terbarunya "The Ghost Writer". Adapun Kim akan kembali menghidupkan karakter Samantha di sekuel film yang akan dirilis tahun 2010 ini, "Sex and the City 2".

Sama seperti karakter Samantha, aktris yang kini berusia 53 tahun ini juga kerap bergonta-ganti pasangan. Tahun 1977, Kim menikah dengan seorang pria bernama Larry Davis. Namun 2 tahun setelah pernikahan tersebut, Kim dan Larry membatalkan pernikahannya. Setelah pernikahan pertamanya kandas, Kim menjalin kasih dan menikah untuk kedua kalinya di tahun 1982 bersama warga negara Jerman bernama Andre J. Lyson. Saat pernikahannya dengan Andre, Kim sempat tinggal di Frankfurt, Jerman, hingga tahun 1989. Tak lama setelah perpisahannya dengan Andre, Kim kembali menikah dengan seorang desainer bidang audio bernama Mark Levinson pada tahun 1998. Pernikahan yang sempat berjalan enam tahun ini sempat berjalan lancar. Bahkan Kim dan Mark sempat menulis buku bersama yang berjudul "Satisfaction: The Art of the Female Orgasm" (2002).