Kim Go Eun Profile
Kim Go Eun Profile Photo

Kim Go Eun

Profesi
Aktris
Tgl Lahir
Jul 2, 1991
Lahir di
Korea Selatan
Profesi
Aktris
Populer
Berperan sebagai Han Eun Gyo di film "A Muse" (2012)
Tempat Lahir
Korea Selatan
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Kekasih
Shin Ha Kyun (aktor, Agt-16 - Feb-17)

Kim Go Eun lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 2 Juli 1991. Namun Go Eun pindah ke Tiongkok bersama keluarganya saat berusia 3 tahun. Di sana, Go Eun bersekolah di sekolah umum sehingga ia fasih berbahasa Mandarin. Keluarganya kembali ke Korea saat Go Eun duduk di bangku kelas 1 SMP.

Ayah Go Eun adalah seorang penyuka film yang memperkenalkan berbagai judul pada sang putri. Hal ini membuat Go Eun tertarik untuk terjun ke industri film. Awalnya, Go Eun tidak bercita-cita menjadi seorang aktris. Ia hanya ingin terlibat dalam proses pembuatan film. Namun Go Eun menyadari keinginannya untuk menjadi aktris setelah ia tampil dalam pentas drama semasa SMA.

Untuk meraih cita-citanya, Go Eun melanjutkan studi drama di Korea National University of Arts. Debut Go Eun di dunia acting pun berawal ketika ia menemui seniornya yang bekerja sebagai salah satu staf film "A Muse". Saat itu, Go Eun bertemu dengan sang sutradara dan diminta untuk melakukan audisi. Go Eun berhasil mengalahkan 300 orang dalam audisi tersebut dan mendapatkan peran utama di film "A Muse".

Debut di film "A Muse" yang rilis pada 2012, Go Eun langsung menyapu berbagai penghargaan Aktris Pendatang Baru Terbaik tahun itu. Dalam film tersebut, Go Eun berperan sebagai siswi SMA bernama Han Eun Gyo yang terlibat dalam hubungan dengan seorang penyair lansia dan muridnya.

Meski langsung mendapat kesuksesan di awal debut, Go Eun sempat hiatus dari dunia akting untuk menyelesaikan kuliahnya. Ia kemudian comeback di tahun 2014 lewat film thriller "Monster". Go Eun berperan sebagai Bok Soon, seorang gadis muda yang saudaranya dibunuh secara brutal oleh Tae Soo (Lee Min Ki).

Tahun berikutnya, Go Eun membintangi film "Coin Locker Girl" bersama Kim Hye Soo. Film ini diputar di bagian Pekan Kritikus Internasional di Festival Film Cannes 2015. Lewat acting apiknya, Go Eun mendapat penghargaan Jury's Choice Award Special Mention dari Bucheon International Fantastic Film Festival 2015 dan Popularity Award dari Korean Film Actors' Guild Awards.

Setelah itu, Go Eun perdana membintangi film sejarah pertamanya lewat "Memories of the Sword". Go Eun sempat mengalami luka-luka karena film tersebut tidak hanya menampilkan pedang, tetapi juga seni bela diri yang penuh sesak. "Saya tidak merasakan sakitnya cedera saat syuting film, tapi kemudian, tubuh saya sangat sakit dan saya menyadari bahwa saya sangat menyukai acting," beber Go Eun.

Masih di tahun 2015, Go Eun membintangi film thriller-komedi "The Advocate: A Missing Body". Ia juga beradu acting dengan aktris senior Youn Yuh Jung dalam film keluarga "Canola" pada 2016.

Go Eun kemudian debut di layar kaca lewat serial drama "Cheese in the Trap" yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama. Tak hanya itu, Go Eun juga menyumbangkan suaranya sebagai soundtrack lewat lagu kolaborasi dengan Tearliner yang berjudul "Attraction". Akting apik Go Eun di "Cheese in the Trap" diganjar dengan penghargaan Best New Actress (Television) dari Baeksang Arts Awards 2016.

Tak hanya "Cheese in the Trap", Go Eun juga membintangi drama "Guardian: The Lonely and Great God" alias "Goblin" pada 2016. Drama rom-com ini berkisah tentang seorang goblin yang telah mengalami siklus kematian dan kelahiran kembali selama 900 tahun, menunggu seorang wanita untuk membebaskannya. Drama yang dibintangi Go Eun dan Gong Yoo itu menuai kesuksesan luar biasa di Korea dan juga Asia. "Goblin" memecahkan rekor jaringan kabel yang melampaui rating 20 persen untuk pertama kalinya dalam 22 tahun.

Menunjukkan range luas sebagai seorang aktris, Go Eun kemudian bertransformasi menjadi seorang gadis desa dalam film "Sunset in My Hometown". Sang aktris menunjukkan totalitasnya dengan menaikkan berat badannya hingga 8 kilogram dan mempelajari dialek agar terdengar natural. Di tahun yang sama, Go Eun juga membintangi film romantic "Tune In for Love" bersama Jung Hae In.

"Saya pikir karakter saya harus seperti gadis mana pun yang kita lihat di sekitar kita. Sutradara setuju dengan saya, dan saya sangat berhati-hati untuk tampil biasa-biasa saja," katanya. "Saya fokus pada penampilan dan dialek, karena saya ingin terlihat natural. Saya banyak bertanya kepada pelatih dialek saya dan berlatih keras. Saya juga mendapat banyak nasihat dari masyarakat lokal saat syuting."

Setelah itu, Go Eun membintangi drama "The King: Eternal Monarch" bersama Lee Min Ho. "The King: Eternal Monarch" merupakan salah satu drama yang paling dinantikan pada paruh pertama tahun 2020 karena para pemainnya yang bertabur Bintang dan penulis skenario terkenal Kim Eun Sook. Meski demikian, performanya jauh di bawah standar tiga drama sukses terakhir Kim Eun Sook, yakni "Descendants of the Sun", "Goblin" dan "Mr. Sunshine".

Go Eun kemudian membintangi film musical "Hero" pada 2020. Ia juga membintangi drama komedi romantic "Yumi's Cells" yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama pada 2021 dan 2022. Pada 2022, Go Eun juga tampil dalam drama "Little Women" yang diangkat dari kisah novel klasik legendaris karya Louisa May Alcott.

Dari sisi kehidupan pribadi, Go Eun sempat berkencan secara publik dengan aktor Shin Ha Kyun pada 2016. Kala itu keduanya sama-sama berada di bawah naungan agensi HODU&U Entertainment. Go Eun dan Ha Kyun disebut mulai dekat melalui klub scuba diving. Meski memiliki perbedaan usia 17 tahun dan jadwal padat, pasangan ini meluangkan waktu untuk kencan sederhana seperti makan bersama di restoran.

Namun pada awal 2017, hubungan asmara Go Eun dan Ha Kyun dikabarkan kandas. "Pasangan ini putus sekitar akhir Februari. Mereka berpisah karena jadwal sibuk mereka. Mereka akan tetap menjadi rekan kerja," terang perwakilan agensi mereka.

Setelah itu, Go Eun juga sempat terlibat rumor kencan dengan beberapa selebriti pria. Salah satunya adalah Gong Yoo yang menjadi lawan mainnya di "Goblin". Rumor kencan tersebut muncul usai Go Eun menghapus semua postingan Instagram-nya dan membagikan fotonya bersama Gong Yoo dalam balutan baju pengantin pada awal 2017. Adapun Go Eun mengunggah foto tersebut dalam rangka promosi drama "Goblin". Namun foto tersebut justru memunculkan rumor kencan di antara keduanya meski Go Eun kala itu belum putus dari Ha Kyun. Rumor kencan dengan Gong Yoo kemudian menguat setelah Go Eun resmi putus dari kekasihnya.

HODU&U Entertainment selaku agensi Go Eun lantas menegaskan bahwa Gong Yoo bukanlah alasan putusnya sang aktris dengan Ha Kyun. "Tolong jangan salah menafsirkan hubungannya dengan Gong Yoo. Itu hanyalah rumor yang tidak berdasar. Keduanya hanya bekerja sama dalam sebuah drama. Perpisahan (dengan Ha Kyun) karena jadwal mereka dan bukan karena orang lain," terang pihak agensi.

Pada 2022, Go Eun mendadak dikabarkan berpacaran dengan pemain sepak bola Son Heung Min. Rumor itu menyebutkan bahwa akun Instagram Go Eun diduga mengkuti akun pribadi Heung Min. Selain itu, fakta bahwa Go Eun menunjukkan dukungan untuk tim Korea di Piala Dunia lewat Instagram Story juga disebut menjadi "bukti kencan". Kepala agensi Go Eun juga disebut mengikuti akun Heung Min dan Tottenham Hotspur di Instagram.

Tak lama, agensi Go Eun langsung membantah rumor tersebut. "Rumor kencan itu tidak benar. Mereka berdua tidak pernah bertemu. (Go Eun) selalu menjadi pendukung sebagai warga Korea, terlebih selama musim Piala Dunia," terang agensi Go Eun.

Menyusul rumor kencan tersebut, aktris Jang Hui Ryoung juga menunjukkan screenshot akun pribadi yang diduga milik Heung Min dan menyatakan bahwa akun tersebut merupakan miliknya. "Ini adalah akun pribadi. Tolong berhenti mencoba meretasnya," tulis Hui Ryoung.

Selama berkarier di dunia acting, Go Eun menjadi salah satu aktris yang relatif bebas Kontroversi. Meski demikian, film debut Go Eun masih menuai perdebatan di kalangan penikmat film. "A Muse" yang diangkat dari novel itu menampilkan jalan cerita kontroversial dan adegan panas. Hubungan antara siswi SMA berusia 17 tahun dengan penyair berusia 70 tahun memicu kontroversi besar di kalangan penonton.

Adegan-adegan ranjang yang berani dalam "A Muse" telah menimbulkan banyak perdebatan tentang batasan antara film erotis dan film artistik. Hingga saat ini, Go Eun masih dikritik oleh sebagian penonton karena membintangi film tersebut. Ayah Go Eun bahkan sempat melarang putrinya untuk membintangi film tersebut karena sudah membaca novelnya. Namun sang ayah akhirnya mengizinkan Go Eun untuk tampil di film itu.

Meski mendapat reaksi pro-kontra, penampilannya dalam "A Muse" membantu Go Eun mendapatkan banyak penghargaan bergengsi. Film tersebut juga menjadi batu loncatan pertama bagi Kim Go Eun untuk menunjukkan kemampuan aktingnya dan meraih kesuksesan lebih lanjut dalam karirnya.

Terlepas dari kontroversi film debutnya, Go Eun dikenal sebagai selebriti yang murah hati dan kerap memberikan donasi. Untuk memperingati Hari Anak pada 2021, sang aktris menyumbang KRW50 juta untuk Rumah Sakit Anak Universitas Nasional Seoul demi membantu anak-anak yang keluarganya tidak mampu membayar perawatan medis. Selain itu, Go Eun juga menyumbangkan KRW100 juta untuk rumah sakit yang sama dalam rangka memperingati 10 tahun debutnya pada 2022.

Kini Go Eun masih aktif berkarya di dunia film. Ia akan tampil dalam film "Exhuma" bersama Lee Do Hyun. Selain itu, Go Eun juga dikonfirmasi membintangi film romantis "Love in the Big City" bersama Noh Sang Yeon.

Filmografi

Film

  1. "Yeong A" (film pendek) sebagai Yeong A (2012)
  2. "A Muse" sebagai Han Eun Gyo (2012)
  3. "Comfort" (film pendek) sebagai Eun Hye (2012)
  4. "Neverdie Butterfly" sebagai cameo (2013)
  5. "Monster" sebagai Bok Soon (2014)
  6. "Memories of the Sword" sebagai Seol Hee / Hong Yi (2015)
  7. "Coin Locker Girl" sebagai Il Young (2015)
  8. "The Advocate: A Missing Body" sebagai Jin Sun Mi (2015)
  9. "Canola" sebagai Hye Ji (2016)
  10. "Sunset in My Hometown" sebagai Sun Mi (2018)
  11. "Tune in for Love" sebagai Kim Mi Soo (2019)
  12. "Hit-and-Run Squad" sebagai cameo (2019)
  13. "Untact" sebagai Soo Jin (2020)
  14. "Hero" sebagai Seol Hee (2022)

Serial Drama

  1. "Cheese in the Trap" sebagai Hong Seol (2016)
  2. "Guardian: The Lonely and Great God" sebagai Ji Eun Tak (2016)
  3. "The King: Eternal Monarch" sebagai Jung Tae Eul / Luna (2020)
  4. "Yumi's Cells" sebagai Kim Yu Mi (2021)
  5. "Yumi's Cells 2" sebagai Kim Yu Mi (2022)
  6. "Little Women" sebagai Oh In Ju (2022)

Reality Show

  1. "Sea of Hope" sebagai cast member (2021)

Diskografi

Kolaborasi

  1. "Sun, Moon, Stars, And Us" (bersama Shin Seung Hun)

Soundtrack

  1. "Attraction" (bersama Tearliner) – "Cheese in the Trap" OST (2016)
  2. "Dark Hearts Will Pass Away Tonight" – "Yumi's Cells 2" OST (2022)
  3. "My Dream For You" – "Hero" OST (2022)
  4. "What is This Feeling" – "Hero" OST (2022)
  5. "Your Majesty, I Remember You" – "Hero" OST (2022)

Penghargaan

APAN Star Awards

  1. 2016: Best New Actress (nominasi)
  2. 2021: Popular Star Award (Actress) (nominasi)
  3. 2022: Top Excellence Award (Actress in an OTT Drama) (nominasi), Popularity Star Award (Actress) (nominasi), Best Couple (bersama Jinyoung GOT7) (nominasi)

Baeksang Arts Awards

  1. 2013: Best New Actress (Film) (nominasi)
  2. 2016: Best New Actress (Television)
  3. 2017: Best Actress (Television) (nominasi)

Beautiful Artist Awards

  1. 2012: New Artist Award

Blue Dragon Film Awards

  1. 2012: Best New Actress

Blue Dragon Series Awards

  1. 2022: Best Leading Actress

Bucheon International Fantastic Film Festival

  1. 2015: Fantasia Award, Jury’s Choice Award Special Mention

Buil Film Awards

  1. 2012: Best New Actress
  2. 2015: Best Actress (nominasi)

Busan Film Critics Awards

  1. 2012: Best New Actress

Chunsa Film Art Awards

  1. 2020: Best Actress (nominasi)

Cine 21 Film Awards

  1. 2012: Best New Actress

Director’s Cut Awards

  1. 2023: Best Actress in Film (nominasi)

DramaFever Awards

  1. 2017: Best Couple (bersama Gong Yoo)

Grand Bell Awards

  1. 2012: Best Actress (nominasi), Best New Actress

Jecheon International Music & Film Festival

  1. 2012: Moet Rising Star Award

Kinolight Awards

  1. 2022: Actress of the Year (Domestic)

KOFRA Film Awards

  1. 2013: Best New Actress

Korea Drama Awards

  1. 2016: Best New Actress (nominasi)
  2. 2017: Top Excellence Award (Actress) (nominasi)

Korean Film Actors' Guild Awards

  1. 2015: Popularity Award

Korea Youth Film Festival

  1. 2016: Favorite Rookie Actor

New York Asian Film Festival

  1. 2013: Star Asia Rising Star Award

SACF Artist of the Year Awards

  1. 2012: Outstanding New Artist

SBS Drama Awards

  1. 2020: Top Excellence Award (Actress in a Miniseries Fantasy/Romance Drama) (nominasi), Best Couple (bersama Lee Min Ho) (nominasi)

Soompi Awards

  1. 2018: Actress of the Year (nominasi), Best Couple (bersama Gong Yoo) (nominasi)

Style Icon Awards

  1. 2016: Amazing Rising Star

Trivia

  1. Sang ayah memberi nama Kim Go Eun dengan harapan putrinya tumbuh sebagai wanita cantik
  2. Tinggal di Tiongkok sejak usia 3 hingga 13 tahun
  3. Fasih berbahasa Mandarin
  4. Pernah berpikir untuk melakukan operasi double eyelids, Go Eun kini bangga dengan bentuk mata monolid-nya
  5. Mengadopsi anjing yang memiliki penyakit parah dari tempat penampungan
  6. Hobi olahraga ekstrem seperti bungee jumping hingga skydiving
  7. Memiliki lisensi penyelam penyelamat (rescue diver)
  8. Bersahabat dekat dengan Rose BLACKPINK
  9. Teman kuliah aktris Ahn Eun Jin
  10. Super populer, Go Eun disebut sebagai salah satu "Dewi Kampus" semasa kuliah
  11. Ingin menjadi aktris setelah tampil dalam drama di SMA
  12. Rela menambah bobot hingga 8 kilogram demi perannya di "Sunset in My Hometown"
  13. Ikut les taekwondo demi perannya di "The King: Eternal Monarch"
  14. Masuk daftar Korea Power Celebrity versi Forbes tahun 2017
  15. Puncaki daftar Aktris Korea Terbaik versi Elle Japan tahun 2020