Park Seo Joon Profile
Park Seo Joon Profile Photo

Park Seo Joon

Profesi
Aktor, model
Tgl Lahir
Dec 16, 1988
Lahir di
Seoul, Korea Selatan
Profesi
Aktor, model
Populer
Berperan sebagai Siwoo di serial drama "Dream High 2" (2012)
Tempat Lahir
Seoul, Korea Selatan
Tinggi Badan
185
Kewarganegaraan
Korea Selatan

Park Yong Kyu atau yang lebih dikenal sebagai Park Seo Joon lahir di Seoul, Korea Selatan, pada 16 Desember 1988. Ia merupakan anak tertua dari tiga bersaudara dan memiliki dua orang adik laki-laki.

Saat kecil, Park Seo Joon sempat bermimpi untuk menjadi seorang pemain baseball profesional. Namun Park Seo Joon mulai mempelajari akting saat SMP untuk mengatasi sifat pemalunya. Meski kini dikenal sebagai raja drakor rom-com, Park Seo Joon dulunya sangat pemalu hingga tak berani memesan makanan sendiri di restoran.

"Saya bahkan tidak bisa memesan makanan di restoran, saya sangat malu," ungkapnya dalam wawancara bersama Korea Herald. "Saya ingin mengubahnya. Dan saya harus mengakui bahwa saya sedikit tertarik pada pesona (akting)."

Park Seo Joon kemudian bergabung dengan klub animasi dan mengikuti event cosplay di festival sekolahnya. "Itu adalah pertama kalinya saya tidak takut terhadap perhatian banyak orang. Itu mengejutkan," terangnya.

Saat duduk di bangku SMA, Park Seo Joon memutuskan untuk bergabung ke akademi akting. Meski disebut terlambat memulai karier akting, Park Seo Joon tetap gigih mengejar cita-citanya. Ia kemudian melanjutkan studi teater di Kyungpook National University.

Pada 2011, Park Seo Joon debut di dunia hiburan sebagai model video klip "I Remember" milik mantan member B.A.P, Bang Yong Guk. Park Seo Joon kemudian mendapatkan peran di serial drama "Dream High 2" pada 2012, dimana ia beradu akting dengan sejumlah idol seperti Jay B (JB) GOT7 hingga Hyorin eks SISTAR. Di tahun yang sama, Park Seo Joon juga muncul di serial "Shut Up Family" hingga menjalin hubungan dekat dengan aktor Choi Woo Shik.

Selain akting, Park Seo Joon turut menunjukkan kemampuan menyanyinya lewat soundtrack "Dream High 2" bertajuk "New Dreaming" yang ia nyanyikan bersama Jay B. Ia juga didapuk menjadi presenter acara musik "Music Bank" bersama Bora eks SISTAR sejak 2013 hingga 2015.

Park Seo Joon pertama kali memperoleh peran utama di serial drama "A Witch’s Love" yang tayang pada 2014. Nama Park Seo Joon mulai dikenal luas usai ia muncul di drama "Kill Me, Heal Me" dan "She Was Pretty" pada 2015. Akting apiknya di kedua drama tersebut membuat Park Seo Joon memborong piala di ajang penghargaan MBC Drama Awards 2015, salah satunya untuk kategori Excellence Award (Actor in a Miniseries).

Popularitas Park Seo Joon pun meroket usai ia membintangi sejumlah drama hits seperti "Hwarang" hingga "Fight For My Way". Aktingnya dipuji alami dan tak dipaksakan hingga membuat banyak penonton jatuh cinta. Menurut Park Seo Joon, pengalaman hidup sebagai orang biasa di usia 20-an sebelum debut membantu dirinya memberikan gambaran rinci tentang pemuda Korea yang sedang berjuang.

"Saya sempat bekerja paruh waktu, saya ikut hagwon (kelas setelah sekolah). Saya telah melakukan semua yang dapat Anda lakukan sebagai remaja dan pemuda usia 20-an di Korea. Itu membantu saya memainkan karakter sehari-hari. Debut terlambat bukanlah hal yang buruk," terang Park Seo Joon.

Selain serial drama, Park Seo Joon juga membintangi sejumlah film layar lebar. Mulai dari "The Chronicles of Evil" pada 2015 hingga "Midnight Runners" pada 2017. Aktingnya sebagai calon polisi di film aksi komedi "Midnight Runners" membuat Park Seo Joon diganjar penghargaan Best New Actor dari Korean Association of Film Critics Awards 2017 dan Grand Bell Awards 2017.

Pada 2018, Park Seo Joon memerankan karakter wakil presiden perusahaan yang narsis di drakor rom-com hits "What's Wrong With Secretary Kim". Adapun drama tersebut dinilai memiliki plot klise ala kisah Cinderella, dimana seorang gadis dengan latar belakang sederhana menjadi pacar bosnya yang tampan dan lahir dari keluarga kaya. Meski demikian, kritikus menilai akting apik Park Seo Joon membuat drama tersebut menuai kesuksesan luar biasa.

Menurut kritikus Jung Duk-hyun, Park Seo Joon adalah aktor komedi romantis berpengalaman meski masih muda. Jung Duk-hyun mengatakan bahwa karakter Park Seo Joon digambarkan percaya diri dan energik, yang membuat serial "What's Wrong With Secretary Kim" lebih trendi dibanding komedi romantis sebelumnya.

Banting setir dari genre romantis komedi, Park Seo Joon kemudian membintangi film aksi horror "The Divine Fury" pada 2019. Ia juga sempat tampil sebagai cameo di film pemenang Piala Oscar, "Parasite", di tahun yang sama.

Setelah itu, Park Seo Joon tampil di serial "Itaewon Class" yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama. "Itaewon Class" sukses besar hingga gaya rambut chestnut Park Seo Joon di serial tersebut banyak ditiru oleh penonton. Park Seo Joon sendiri menyarankan publik untuk tidak mencontoh gaya rambutnya yang membutuhkan banyak effort dan perawatan.

Pada 2021, Park Seo Joon dikonfirmasi akan melebarkan sayapnya ke Hollywood lewat film "The Marvels" yang merupakan sekuel dari "Captain Marvel". Film "The Marvels" sendiri dijadwalkan tayang pada 10 November 2023 mendatang. Dengan demikian, Park Seo Joon menjadi aktor Korea ketiga yang muncul di film Marvel setelah Claudia Kim ("Avengers: Age of Ultron") dan Ma Dong Seok ("Eternals").

Dari sisi kehidupan pribadi, Park Seo Joon sempat terlibat dalam rumor kencan dengan beberapa aktris yang menjadi lawan aktingnya. Pada 2015, media Sports Donga melaporkan bahwa Park Seo Joon dan aktris Baek Jin Hee telah berkencan selama dua tahun. Keduanya pertama kali dipertemukan di drama "Pots of Gold" pada 2013, dimana mereka memerankan pasangan suami istri muda. Dari sana, hubungan mereka disebut berkembang lebih intim.

Agensi Park Seo Joon maupun Baek Jin Hee sudah sempat membantah rumor kencan tersebut dan menyatakan bahwa keduanya hanyalah teman dekat semata. Namun mereka tetap dicurigai pacaran karena diduga memakai cincin couple dan melakukan lovestagram dengan jaket kembar. Park Seo Joon bahkan disebut sampai pindah ke Geumho-dong, lingkungan tempat Baek Jin Hee tinggal.

Pada akhirnya, kedua agensi kembali mengeluarkan bantahan atas rumor kencan tersebut. Meski membenarkan bahwa Park Seo Joon pindah ke Geumho-dong, agensi membantah alasannya adalah untuk bisa lebih dekat dengan Baek Jin Hee.

"Mereka semakin dekat melalui drama, dan memang benar bahwa mereka tetap berhubungan sebagai teman yang berpikiran sama. Meskipun mereka sesekali bertemu untuk minum teh, bukan berarti mereka berkencan. Karena berteman, mereka merasa nyaman satu sama lain juga di luar pekerjaan," jelas KeyEast Entertainment selaku agensi Park Seo Joon kala itu.

Selain Baek Jin Hee, Park Seo Joon juga sempat dirumorkan berpacaran dengan Park Min Young yang menjadi lawan mainnya di "What's Wrong With Secretary Kim". Chemistry apik mereka dalam serial komedi romantis tersebut membuat penonton bertanya-tanya apakah keduanya benar-benar berpacaran di dunia nyata.

Pada 2018, foto potongan berita di koran Sports Donga yang memuat kabar kencan Park Seo Joon dan Park Min Young sempat viral di media sosial. Artikel itu mengutip orang dalam industri yang juga kenalan Park Seo Joon serta Park Min Young.

Disebutkan bahwa keduanya sudah diam-diam berpacaran selama tiga tahun, bahkan sebelum mereka bekerjasama di "What's Wrong With Secretary Kim". Namun karena masih mementingkan karier, baik Park Seo Joon maupun Park Min Young memilih untuk merahasiakan hubungan mereka. Meski demikian, rumor kencan tersebut telah dibantah masing-masing agensi dengan mengatakan bahwa Park Seo Joon dan Park Min Young hanyalah rekan dekat.

Di sisi lain, Park Seo Joon selama ini dikenal sebagai salah satu aktor yang minim kontroversi. Namun wawancara lawasnya soal calon pasangan idaman sempat menuai pro-kontra di kalangan netizen. Dalam wawancara lawas tersebut, Park Seo Joon mengatakan bahwa calon pasangan idamannya harus meninggalkan pekerjaannya untuk mengurus keluarga.

"Saya dibesarkan dalam keluarga seperti itu, jadi saya juga berpikir anak-anak harus diasuh oleh ibunya. Saya mendengar masa kecil seseorang selamanya membentuk perspektif seseorang tentang kehidupan. Sepertinya masa kecil yang tidak dicintai mengarah ke kehidupan dewasa yang bermasalah. Entah dia tidak akan memiliki keterampilan sosial yang baik, atau dia bisa menjadi penjahat yang ekstrem. Saya akan menjadi sosok ayah yang baik bagi mereka, tetapi anak-anak membutuhkan ibu mereka. Itu bisa saja salah, tetapi bagi saya, ini adalah jawaban sekarang," jelas Park Seo Joon kala itu.

Kala ditanya soal tipe wanita ideal, Park Seo Joon mengaku cenderung tertarik pada wanita yang bisa memunculkan insting untuk melindungi. "Saya merasa jika mereka (wanita) tinggi, mereka akan baik-baik saja hidup sendiri. Saya suka wanita yang membuat saya khawatir. Dan wanita kurus cenderung seperti itu," tuturnya.

Wawancara lawas Park Seo Joon itu kembali disorot hingga menuai pro-kontra pada 2021 lalu. Beberapa menilai Park Seo Joon memiliki pandangan patriarki yang kolot. Ia juga dikritik karena seakan menganggap ibu yang bekerja akan membuat anaknya menjadi sosok bermasalah di usia dewasa. Meski demikian, beberapa netizen membela Park Seo Joon dengan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan pandangan pribadi sang aktor dan tidak ada yang bisa memaksakan pandangannya pada orang lain.

Terlepas dari pernyataannya yang sempat menimbulkan pro-kontra, Park Seo Joon juga kerap memberikan teladan baik untuk penggemarnya. Ia rajin berdonasi untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Program "TMI News" bahkan melaporkan bahwa Park Seo Joon berupaya untuk menyembunyikan identitasnya kala memberikan donasi besar.

Ia tercatat memberikan donasi besar sebesar 100 juta won (setara Rp 1,1 miliar) selama kebakaran hutan di Provinsi Gangwon pada tahun 2019 melalui organisasi Hope Bridge. Namun karena sang aktor memberikan donasi atas nama aslinya, Park Yong Kyu, organisasi tersebut bahkan tidak sadar jika sumbangan besar tersebut datang dari Park Seo Joon. Terbaru, Park Seo Joon juga menyumbangkan 100 juta won untuk membantu korban gempa Turki dan Suriah.

Hingga kini, Park Seo Joon masih aktif di dunia akting dan terus melebarkan sayapnya. Film baru Park Seo Joon yang dibintangi bersama IU, "Dream", dijadwalkan tayang perdana pada 26 April 2023. Film lain yang dibintangi Park Seo Joon dan rencananya rilis tahun 2023 adalah "Concrete Utopia".

Filmografi

Film

  1. "Perfect Game" sebagai Chil Goo (2011)
  2. "The Chronicles of Evil" sebagai Cha Dong Jae (2015)
  3. "The Beauty Inside" sebagai cameo (2015)
  4. "Midnight Runners" sebagai Park Ki Joon (2017)
  5. "Be With You" sebagai cameo (2018)
  6. "The Divine Fury" sebagai Yong Hoo (2019)
  7. "Parasite" sebagai cameo (2019)
  8. "Dream" sebagai Yoon Hong Dae (2023)
  9. "Concrete Utopia" sebagai Min Sung (akan datang)

Serial Drama

  1. "Dream High 2" sebagai Si Woo (2012)
  2. "Shut Up Family" sebagai Cha Seo Joon (2012)
  3. "Pots of Gold" sebagai Park Hyun Tae (2013)
  4. "One Warm Word" sebagai Song Min Soo (2013)
  5. "A Witch's Love" sebagai Yoon Dong Ha (2014)
  6. "Mama" sebagai cameo (2014)
  7. "Kill Me, Heal Me" sebagai Oh Ri On (2015)
  8. "She Was Pretty" sebagai Ji Sung Joon (2015)
  9. "Hwarang" sebagai Moo Myung / Kim Sun-woo (2016)
  10. "Fight For My Way" sebagai Ko Dong Man (2017)
  11. "What’s Wrong With Secretary Kim" sebagai Lee Young Joon (2018)
  12. "Itaewon Class" sebagai Park Sae Royi (2020)
  13. "Record of Youth" sebagai cameo (2020)
  14. "Gyeongseong Creature" sebagai Jang Tae Sang (2023)

Variety Show

  1. "Youn's Kitchen 2" sebagai pemain tetap (2018)
  2. "Youn's Stay" sebagai pemain tetap (2021)
  3. "In the Soop: Friendcation" sebagai pemain tetap (2022)
  4. "Young Actor's Retreat" sebagai pemain tetap (2022)
  5. "Jinny's Kitchen" sebagai pemain tetap (2023)

Acara Televisi

  1. "Music Bank" sebagai pembawa acara (2013)

Diskografi dan Tur

Soundtrack

  1. "New Dreaming" (bersama Jay B GOT7) – "Dream High 2" OST (2012)
  2. "Come Into My Heart" – "A Witch's Love" OST (2014)
  3. "Letting You Go" – "Kill Me, Heal Me" OST (2015)
  4. "Long Way" – "She Was Pretty" OST (2015)
  5. "Our Tears" – "Hwarang" OST (2017)

Tur

  1. "'Guess Who?' Asia Fan Meeting Tour" (2017)

Penghargaan

APAN Star Awards

  1. 2018: Top Excellence Award (Actor in a Miniseries)

Asia Artist Awards

  1. 2017: Fabulous Award, Best Star Award

Asian Film Awards

  1. 2019: AFA Rising Star Award

Blue Dragon Film Awards

  1. 2015: Popular Star Award

Brand Customer Loyalty Awards

  1. 2020: Most Influential Male Actor (Trend Icon)

Cosmo Beauty Awards

  1. 2018: Annual Shining Beauty Idol

Fashionista Awards

  1. 2015: Best Fashion in TV

Grand Bell Awards

  1. 2017: Best New Actor

Herald Donga Lifestyle Awards

  1. 2014: Best Style of the Year

KBS Drama Awards

  1. 2017: Excellence Award (Actor in a Miniseries), Netizen Award (Actor), Best Couple Award (bersama Kim Ji Won)

KBS WORLD Global Fan Awards

  1. 2108: Best Couple Award (bersama Kim Ji Won)

KOFRA Film Awards

  1. 2018: Best New Actor

Korea Drama Awards

  1. 2013: Best New Actor

Korean Association of Film Critics Awards

  1. 2017: Best New Actor

Korea Film Actors Association Awards

  1. 2017: Popular Star Award

Korea Tourism Awards

  1. 2018: Special Merit Award

MBC Drama Awards

  1. 2015: Excellence Award (Actor in a Miniseries), Popularity Award (Actor), Top 10 Star Award, Best Couple Award (bersama Ji Sung)

SBS Drama Awards

  1. 2014: New Star Award

Seoul International Drama Awards

  1. 2018: Outstanding Korean Actor

Trivia

  1. Waktu kecil pernah bercita-cita jadi pemain baseball profesional
  2. Selalu berusaha menjaga sikap di depan keluarga agar bisa menjadi contoh baik bagi kedua adiknya
  3. Sudah jalani wajib militer (wamil) di usia 19 tahun, sebelum debut di dunia hiburan
  4. Tidak berpikir dirinya tampan dan menyebut wajahnya "biasa saja"
  5. Sempat merasa awkward kala dekati lawan main wanita karena tidak mau menimbulkan kesalahpahaman
  6. Sebut Hyorin eks SISTAR sebagai teman perempuan satu-satunya
  7. Tergabung dalam geng Wooga Squad bersama V BTS hingga Park Hyung Sik
  8. Jadi model pria Asia pertama untuk brand Tommy Hilfiger
  9. Belajar bahasa Spanyol demi variety show "Youn's Kitchen 2"
  10. Ditunjuk jadi juri khusus Festival Film Pendek Internasional Asiana 2019
  11. Masuk jajaran Korea Power Celebrity versi Forbes pada 2018, 2019, 2021, dan 2022
  12. Adegan ciuman Park Seo Joon dan Park Min Young di "What's Wrong With Secretary Kim" viral dan telah diputar ratusan juta kali di YouTube
  13. Pakai nama aslinya saat berdonasi ke yayasan amal
  14. Punya seekor anjing jenis Bichon Frise yang diberi nama Simba
  15. Dipuji karena sikap gentleman-nya kala bertemu Jennie BLACKPINK di fashion show Chanel di Paris