Vanessa Hudgens Profile
Vanessa Hudgens Profile Photo

Vanessa Hudgens

Profesi
Aktris, Penyanyi
Nama Asli
Vanessa Anne Hudgens
Tgl Lahir
Dec 14, 1988
Lahir di
Salinas, California, USA
Profesi
Aktris, Penyanyi
Populer
Berperan sebagai Gabriella Montez di film "High School Musical" (2006)
Tempat Lahir
Salinas, California, USA
Tinggi Badan
160
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
Greg Hudgens (m. 31-Jan-16, kanker)
Pekerjaan Ayah
Pemadam Kebakaran
Ibu
Gina Guangco
Saudara
Stella Teodora Hudgens (adik)
Kekasih
Zac Efron (aktor, 2005 - Des 2010), Josh Hutcherson (aktor, mantan), Austin Butler (aktor, 2011 - 2020)
Populer Sejak
Berperan sebagai Gabriella Montez di film "High School Musical" (2006)

Vanessa Anne Hudgens atau yang akrab disapa Vanessa Hudgens lahir 14 Desember 1988 di Salinas, California. Ayah Vanessa, Gregory Hudgens, adalah seorang pemadam kebakaran sementara ibunya, Gina, bekerja sebagai pegawai kantoran. Adapun Vanessa memiliki adik perempuan bernama Stella Teodora Hudgens.

Sejak kecil, Vanessa memiliki bakat di bidang musik yang diwarisi dari kakek-neneknya. Di usianya yang masih delapan tahun, penyanyi-aktris keturunan Spanyol, China dan Filipina ini kerap tampil di drama musikal teater di kampung halamannya. Dua tahun kemudian, Vanessa memutuskan untuk mengembangkan bakatnya dengan mengikuti beberapa audisi iklan dan pertunjukan televisi. Demi mendukung Vanessa, keluarganya pun memilih untuk tinggal di Los Angeles.

Tak butuh waktu lama bagi Vanessa untuk memulai debutnya di bidang akting. Tahun 2002, dia berhasil tampil di serial TV yang tayang di CBS, "Still Standing". Setahun kemudian, Vanessa mendapat kesempatan untuk membintangi film layar lebar pertamanya "Thirteen" (2003). Kepiawaian akting Vanessa mulai diakui saat dia berhasil memerankan karakter Gabriel Montez di film musikal produksi Disney Channel, "High School Musical". Berkat film tersebut, karir Vanessa sebagai aktris semakin menanjak dan membuatnya terpilih membintangi film-film terkenal seperti "Bandslam", "Beastly" dan "Sucker Punch". Adapun Vanessa juga kembali menghidupkan karakter Gabriel Montez di film "High School Musical 2" dan "High School Musical 3: Senior Year".

Menjadi aktris di usia muda tentu bukan hal yang mudah. Hal ini juga dialami oleh Vanessa. Pada Kamis 6 September 2007 silam, foto polos Vanessa beredar di sejumlah website terkemuka. Di hari yang sama, juru bicara Vanessa langsung mengumumkan kalau foto tersebut diambil secara pribadi dan bukan dimaksudkan sebagai konsumsi publik. Sehari setelahnya, sejumlah foto Vanessa yang diambil secara sembunyi-sembunyi juga beredar di internet. Untungnya foto tersebut menampilkan sosok Vanessa yang masih mengenakan busana. Tak lama setelah foto telanjangnya beredar, Vanessa melalui juru bicaranya melayangkan permohonan maaf atas kejadian tersebut.

Di kehidupan asmara, aktris yang kini berusia 21 tahun tersebut, merupakan sosok gadis yang setia. Vanessa menjalin kasih dengan lawan mainnya di film "High School Musical", Zac Efron. Menurut keterangan Vanessa, hubungan asmaranya dengan Zac telah terjalin sejak mereka terlibat penggarapan film tersebut. Terkait hubungan asmara yang telah berjalan empat tahun tersebut, Vanessa pernah mengungkapkan bahwa dia dan Zac sama-sama jatuh cinta pada pandangan pertama. Vanessa juga mengaku kalau Zac adalah kekasih yang sangat dewasa dan memberikan inspirasi untuk menjadi lebih baik. Sayangnya kisah kasih mereka kandas Desember 2010.

Vanessa Hudgens Lirik Lagu