Trending

Hiburan

i-Nose C-19 dikembangkan oleh guru besar ITS disebut mampu mendeteksi COVID-19 berdasarkan bau keringat. Sedianya skrining dengan alat ini hanya dibanderol Rp10 ribu.

Mar 1, 2021 16:48

Saat ini di beberapa stasiun, dan dalam waktu dekat bandara, akan tersedia GeNose sebagai alat deteksi COVID-19. GeNose yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada ini mendeteksi COVID-19 berdasarkan embusan napas.

Namun langkah inovatif GeNose ini bakal disaingi i-Nose C-19 dalam waktu dekat. Karya dari Guru Besar ITS Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno, M.Sc., Ph.D., tersebut menggunakan bau keringat sebagai objek deteksi dan kini tengah dalam tahap uji profil di beberapa rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur.

Dengan terobosannya ini, tes COVID-19 menggunakan i-Nose C-19 diperkirakan hanya akan dibanderol senilai Rp10 ribu. Hasil pemeriksaannya pun tergolong cepat, yakni dalam 2,5 sampai 3 menit saja.

Alat pendeteksi ini pun sempat diujicoba di RS Lapangan Indrapura Surabaya beberapa waktu lalu. Sejumlah relawan dan tenaga kesehatan pun sudah dikerahkan untuk mendapatkan pelatihan pengoperasian i-Nose C-19.

  BACA JUGA...

Lebih jauh dijelaskan, i-Nose C-19 bekerja dengan cara mengambil sampel dari bau keringat ketiak seseorang. Sampel ini lantas diproses menggunakan artificial intelligence alias kecerdasan buatan.

Tim pengembang i-Nose C-19, Shoffi, menuturkan bahwa processor mini computer di alat tersebut bisa membuat alat langsung memproses sampel dengan kecerdasan buatan karena mengambil data langsung dari Cloud Server. "Ke depan harapannya, alat ini bisa membantu masyarakat untuk melakukan pendeteksi awal atau skrining awal COVID-19 bagi masyarakat," kata Shoffi, Minggu (28/2).

Alat ini juga dilengkapi dengan near-field communication (NFC) sehingga pengisian data cukup dengan menempelkan e-KTP pada i-Nose. Setelahnya sampel bisa diambil dan diuji, untuk kemudian hasil skriningnya langsung dikirimkan ke nomor WhatsApp masing-masing pengguna, yakni berupa sertifikat dengan QR Code.

"Jadi memang data ini kami ambil dari orang yang pernah melakukan PCR, kami ambil datanya lalu dipelajari," kata Shoffi. "Alat ini bukan pengganti PCR tapi skrining awal. Untuk tingkat keakuratannya juga mencapai 90 persen."

Keberadaan alat ini tentu saja mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Ketua Relawan Program Pendampingan Keluarga Pasien COVID-19, Radian Jadid. "Kami dukung penuh riset dan pengembangannya. Produk karya bangsa ini akan sangat memungkinkan diaplikasikan ke publik apabila uji klinisnya sudah clear. Kami akan berupaya memahami pengoperasi alat tersebut," tegasnya.

(wk/elva)

Most Read

Gewa Warisi Warna Kulit Almarhum Glenn Fredly, Marion Jola dan Ariel Tatum Ikut Terpesona

Jun 17, 2021

TWICE Blak-Blakan Ungkap Member yang Paling Cepat dan Paling Susah Hafalkan Koreografi

Jun 18, 2021

Mina dan Chaeyoung TWICE Ingin Nikahi Satu Sama Lain, Ini Alasannya

Jun 18, 2021

Jo Jung Suk Ditolak Jeon Mi Do di 'Hospital Playlist 2', Fans Tanggapi Sinis

Jun 18, 2021

Nagita Slavina Jadi Sorotan Saat Antar Rafathar Sekolah, Baju Dituding Plagiat Ayu Ting Ting

Jun 18, 2021

BTS Kini Populer, Sutradara MV 'War of Hormone' Ungkapkan Penyesalan

Jun 18, 2021

Ini yang Dilakukan Jin BTS Tiap Mandi Sambil Dengarkan Lagu aespa 'Black Mamba'

Jun 18, 2021

Syakir Daulay-Betari Ayu Sehati Ngode Nikah 20 Juni, Putri Umi Pipik Pamer Foto Misterius Ini

Jun 19, 2021

Latest News

Raffi-Nagita Rayakan Rafathar Lulus TK Dengan 'Sederhana', Netizen: Standar Sultan Emang Beda

Karena situasi pandemi virus corona (COVID-19), Raffi dan Nagita memutuskan untuk merayakan kelulusan Rafathar di rumah saja. Foto perayaan kelulusan Rafathar pun mencuri perhatian netizen.

Anang Hermansyah Tanggapi Kabar Keluarga Atta Halilintar Terlilit Utang Ratusan Juta

Sebelumnya, Ibunda Atta Halilintar, Lenggogeni Faruk, disebut-sebut memiliki utang sebesar Rp 400 juta kepada seseorang bernama Umi Afif yang kini tengah berada di Jerman.

Sang Ayah Meninggal Dunia, Leony Vitria: 'Tidurnya' Sambil Senyum dan Tetap Ganteng

Lewat media sosial resminya, mantan penyanyi cilik Leony Vitria mengabarkan bahwa ayahnya telah meninggal dunia pada 15 Juni 2021 lalu pada malam hari.

Tata Janeeta Periksa Kandungan 8 Bulan, Sang Dokter Auto Kaget Usai Ketahui Fakta Si Jabang Bayi

Dengan usia kandungan sudah memasuki 8 bulan, Tata Janeeta makin rutin periksa ke dokter. Namun tak disangka, dokter ternyata kaget dengan kondisi jabang bayi Tata ini.

Netizen Soroti Perbedaan Studio Musik Suga dan RM BTS, Ini yang Paling Mencolok

Terlihat sangat berbeda dalam konsep interior, skema warna, dan perlengkapan mereka, studio musik mengungkapkan betapa berbedanya kedua member tersebut satu sama lain.

Netter Heboh Bahas Kekeyi di Foto Lahiran Diduga Anak Rezky Aditya dan 'W', Kenapa?

Rahmawati Kekeyi sempat 'terseret' setelah viral foto diduga sosok W yang melahirkan seorang putri yang diisukan sebagai anak Rezky Aditya. Netter pun sempat ramai membahas nama panggilan Kekeyi di postingan salah satu akun gosip.

Syakir Daulay-Betari Ayu Sehati Ngode Nikah 20 Juni, Putri Umi Pipik Pamer Foto Misterius Ini

Syakir dan Betari dikabarkan akan menikah pada 20 Juni. Disisi lain, sosok Adiba Khanza, putri Umi Pipik, yang dulu dijodohkan dengan Syakir juga mengunggah foto misterius bak sosok calon pengantin.

Denise Chariesta Sesumbar Suaranya Merdu, Wajah 'Terpaksa' Denny Sumargo Bak Wakili Netizen

Denise Chaerista sempat mengunggah video TikTok bersama Denny Sumargo. Dalam video itu, Denise meminta pujian terkait suaranya namun justru Denny memperlihatkan reaksi yang bikin netter ngakak.