Trending

Hiburan

Kematian dari Wakil Bupati Sangihe meninggalkan sejumlah pertanyaan misterius lantaran banyak pihak yang menilai tidak wajar. Pihak kepolisian pun diminta untuk mengusut kasus kematian Wabup Sangihe itu.

Jun 12, 2021 17:02

Pada Rabu (9/6), Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Helmud Hontong meninggal dunia di dalam pesawat ketika melakukan perjalanan dari Denpasar menuju Makassar. Hal ini menjadi sorotan publik lantaran terungkap bahwa sebelum ia meninggal sempat menolak rencana pembukaan tambang emas di wilayahnya.

Banyak pihak yang menilai kematian dari Wabup Sangihe itu tidak wajar. Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) menilai kepergian dari Helmud tidak wajar karena mendadak dan misterius. Apalagi selama ini sosoknya terkenal dengan sikap yang keras menolak pembangunan tambang di wilayahnya.

"Ini mengagetkan. Kedua, misterius dan agak janggal kematiannya. Kenapa seperti itu?" tutur Koordinator Jatam Merah Johansyah Ismail saat dihubungi detik.com, Sabtu (12/6). "Karena dia ini kan menjadi sorotan, high profile karena dia ini kepala daerah yang menolak tambang juga."

Kemudian, Johan menuturkan bahwa Helmud juga sempat mengirim surat ke ESDM dan sudah beredar. "Ini janggal, karena dia sehat-sehat saja, tetapi tiba-tiba mendadak kolaps," imbuhnya.

  BACA JUGA...

Dilatarbelakangi oleh kejanggalan, akhirnya pihaknya meminta polisi untuk menyelidiki kematian Helmud. Bahkan pihaknya mengatakan kalau perlu jenazahnya diautopsi untuk mencari kebenarannya.

Menanggapi permintaan tersebut, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Nana Sudjana mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim untuk untuk mengusut dugaan tersebut. "Kami sudah menyusun tim terkait kasus ini," terang Nana saat dikonfirmasi detik.com, Sabtu (12/6).

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu respons dari keluarga Helmud. "Kita tanyakan dulu ke Sulut, bagaimana keluarganya," ujar Argo.

Sebelumnya, Ajudan Helmud, Herman Rivaldi Kontu menjelaskan kronologi kejadian kematian dari atasannya itu. Sebelum meninggal, Helmud mengeluhkan bahwa dirinya merasa pusing. Kemudian Herman diminta untuk menggosokkan minyak kayu putih ke bagian leher Helmud.

Akan tetapi setelah Herman menggosokkan minyak kayu tersebut, Helmud sudah tidak merespons, bahkan ada darah yang keluar dari hidung dan mulutnya. Melihat keadaan dari Helmud yang sudah tak sadarkan diri, Herman sontak memanggil pramugari untuk membantunya.

(wk/tiar)

Most Read

Agnes Monica Bersandar Manja, Pacar Beda Agama Disindir Jual Mahal Hingga Mirip Asisten

Sep 16, 2021

Agnes Monica Akhirnya Bongkar Agama Asli Pasca 'Dipaksa' Masuk Islam Demi Pacar

Sep 17, 2021

Heboh Ayah Agnes Monica Mendadak Masuk Akun Lambe, Gaya Low Profile Bikin Salfok

Sep 15, 2021

Gudang Uang Larissa Chou Nambah Berkat Kontrak 1 Miliar, Sosok Ini Pemicu Alvin Faiz Ambil Mobil VW?

Sep 15, 2021

Beredar Potret Alvin Faiz Buka Puasa Bareng Henny Rahman Sebelum Larissa Chou Ajukan Gugatan Cerai

Sep 16, 2021

Foto Alvin Faiz Bareng Geng Cewek Seksi Viral, Omongan Larissa Chou Kembali Terbukti?

Sep 17, 2021

Penampilan di Pernikahan Asisten Nia Ramadhani Dipuji, Ekspresi Wajah Mikhayla Justru Bikin Khawatir

Sep 15, 2021

Rambut Lisa BLACKPINK Sampai Sekarang Rusak Gara-Gara 'Lovesick Girls'

Sep 15, 2021

Latest News

Nasib Proyek BTS dan ARMY Ini Jadi Misteri yang Belum Terpecahkan, Kok Bisa?

Penggemar bertanya-tanya apakah kertas dari proyek disimpan di kantor pusat HYBE atau sedang dipersiapkan untuk dipajang di museum HYBE. Namun hingga kini belum ada jawaban yang pasti.

Pesan Menohok Agnez Mo Untuk Netizen Nyinyir Sampai Bikin Erick Thohir Tepuk Tangan, Kenapa?

Agnez Mo membeberkan alasannya mengapa selama ini dirinya hanya diam saat diremehkan dan dicaci oleh netizen. Ia juga sempat melontarkan pesan menohok yang ditujukan untuk netizen.

Bahas Perselingkuhan, Onadio Leonardo Takut Sang Istri Diajak Bergaul Oleh Olla Ramlan

Onadio Leonardo terang-terangan mengaku takut jika sampai istrinya, Beby Prisillia benar-benar diajak bergaul oleh Olla Ramlan. Tak terduga, rupanya alasan ketakutan Onad karena hal ini.

Larissa Chou Ngaku Sakit Hati Saat Doakan Alvin Faiz, Blak-blakan Sebut Orang Jahat

Larissa Chou menegaskan bahwa alasannya menangis usai mendoakan Alvin Faiz bukan karena belum move on. Lewat sebuah video, Larissa memberikan penjelasan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Rumah Tangga Terancam Bubar, Dhena Devanka Akui Masih Sangat Cinta Jonathan Frizzy

Dhena Devanka mengatakan wajar jika dirinya masih sangat mencintai Jonathan Frizzy, kendati ia yang terlebih dahulu menggugat cerai. Lantas apakah Dhena membuka peluang rujuk dengan Jonathan?

Kuba Mulai Vaksinasi COVID-19 Untuk Balita Usia 2 Tahun

Kuba akan menjadi negara pertama di dunia yang memvaksinasi balita berusia dua tahun. Pejabat kesehatan setempat menyatakan vaksin buatan Kuba aman untuk anak-anak.

Larissa Chou Nangis Sesenggukan Saat Doakan Pernikahan Alvin Faiz dan Henny Rahman

Larissa Chou tak kuasa menahan tangis saat kembali disinggung soal mantan suaminya, Muhammad Alvin Faiz. Dengan nada bergetar, Larissa mencoba tegar saat mendoakan rumah tangga Alvin Faiz dan Henny Rahman.

Bobby Nasution Beri Penjelasan Usai Ditegur Jokowi Soal APBD Kota Medan

Menurut Jokowi, APBD Kota Medan masih mengendap di bank sebesar Rp 1,8 triliun. Jumlah tersebut paling banyak dibandingkan dengan daerah lain di Sumut.