Peringatan Serangan Rudal di Hawai Palsu, Pemerintah: Itu Tidak Disengaja
Dunia

Pemerintah menyebutkan peringatan tersebut hanyalah kesalahan pada prosedur pergantian jam kerja saja.

WowKeren - Peringatan serangan rudal di Hawai pada Sabtu (13/1) telah membuat publik panik. Peringatan didapat penduduk Hawai dari sebuah pesan singkat yang mereka terima. Beberapa saat kemudian, pemerintah mengumumkan bahwa peringatan tersebut tidak benar.

Gubernur Negara Bagian Hawai, David Ige, meminta maaf kepada warganya. Ia mengatakan bahwa itu adalah sebuah kesalahan. Peringatan rudal tersebut tidak benar. Ada pegawai yang telah keliru menekan tombol.

"Itu adalah sebuah prosedur yang terjadi pada pergantian jam kerja di mana mereka memastikan bahwa sistem tersebut dapat bekerja," kata David. "Dan seorang pegawai menekan tombol yang salah."

Pernyataan kesalahan pengiriman peringatan tersebut mendapatkan respon yang buruk dari publik. Mereka merasa ketakutan dan cemas. Untuk kejadian sebesar ini, kesalahan hanya terjadi karena masalah sepele.


Matt Lopresti, anggota DPR Hawai ikut menyuarakan kekesalannya. Ia mengaku sudah terlanjur cemas. Matt dan keluarganya berlari ke kamar mandi saat peringatan itu ia terima. Ia merasa sangat marah karena seharusnya kesalahan besar seperti ini tidak semudah itu dilakukan.

"Kami membawa anak-anak kami, meraih pasokan darurat, menempatkan mereka ke dalam ruangan yang paling tertutup di rumah kami yaitu kamar mandi," kata Matt. "Kami menaruh mereka di bak mandi, berdoa, dan berupaya untuk mencari tahu apa yang terjadi karena kami tidak mendengarkan alarm apapun, tak ada sirine."

"Tidak banyak yang dapat Anda lakukan dalam situasi seperti itu. Anda tahu, kami lalukan apa yang harus dilakukan," lanjut Matt. "Dan saya sangat marah saat ini karena seharusnya tak semudah itu melakukan kesalahan yang sangat besar."

Pesan peringatan yang dikirim dan disiarkan di seluruh televisi dan radio tersebut berisi sebuah peringatan ancaman rudal. isi pesan tersebut mengatakan bahwa warga dihimbau segera mencari perlindungan karena ini bukan latihan. Kepanikan terjadi mengingat posisi Hawai yang memang berdekatan dengan Korea Utara.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru