Najwa Shihab Temukan Kejanggalan, Penjara Setya Novanto Palsu?
YouTube
Nasional

Setya Novanto disidak, sejumlah barang seolah membuktikan bahwa sel sederhana itu bukanlah miliknya.

WowKeren - Terpidana kasus korupsi e-KTP, yakni Setya Novanto telah dipindahkan dari rutan KPK ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin di Bandung sejak Mei lalu. Ruangan sel mantan ketua DPR tersebut terlihat sederhana dibanding milik koruptor lainnya.

Pada Sabtu (21/7), Najwa Shihab dan tim "Mata Najwa" telah mengekspos kamar Setya Novanto dalam sidak Ditjen PAS. Video penyidakan tersebut diunggah ulang Najwa lewat akun vlog miliknya.

Sel Setya Novanto terlihat kecil dan agak kumuh. Letak ranjang dan kamar mandi hanya dibatasi oleh sehelai tirai. Di beberapa bagian, dindingnya pun ada tambalan semen.

Meski tampak sederhana, namun ada sejumlah barang yang mencurigakan. Mulai dari stiker identitas di depan pintu yang masih terlihat baru, lalu stiker nama di papan informasi kamar nara pidana.

Berdasarkan kondisi sel tersebut, Najwa Shihab beranggapan bahwa itu bukanlah hunian Setya Novanto. Di hadapan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly secara blak-blakan Najwa mengungkapkan beberapa kejanggalan.

"Dan kalau kita lihat isi selnya ya Pak," tutur Najwa. "Barang-barang pribadi, baju, perlengkapan mandi, makanan. Rasanya tidak sesuai dengan profil Setya Novanto."

Kejanggalan lain juga diungkap Najwa. Bahwa terdapat parfum perempuan. Yasonna mencoba berprasangka baik dan menganggap mungkin itu parfum milik istri Setya Novanto.

Tak hanya itu, Najwa juga tidak melihat adanya tumpukan baju di dalam sel. Padahal Setya Novanto sudah terhitung tiga bulan menghuni sel tersebut. Ia pun meminta pendapat kepada Yasonna mengenai hal itu.


"Jadi sekarang anda ragu bahwa itu bukan sel asli Setya Novanto?" tanya Najwa yang kemudian dijawab oleh Yasonna. "Ya kalau kita lihat kepribadian beliau dan gayanya, cukup mencurigakan ya."

.

Tim "Mata Najwa" pun menggali lebih jauh terkait kebenaran sel Setya Novanto. Tim tersebut telah mendapatkan informasi dari orang dalam Sukamiskin, bukan hanya satu, melainkan dua orang.

"Ya itu bukan sel asli Setya Novanto," pengakuan orang dalam yang diwakilkan oleh Najwa. "Sel asli Setya Novanto ada di nomer tiga blok timur."

Dua orang itu juga mengatakan pada tim "Mata Najwa" bahwa adanya mobil yang sering mengunjungi Setya Novanto. Mobil tersebut datang membawa perlengkapan untuk mengisi sel Setya Novanto.

"Untuk itu kami mempersilakan Najwa secara eksklusif datang melihat sel," ujar Yasonna. "Kami akan terbuka kepada publik dan membereskan semuanya."

Di menit-menit akhir, Najwa memastikan kepada Bapak Menteri tersebut untuk menindaklanjuti sel palsu Setya Novanto. Dan pihak Yasonna mengatakan akan melakukan pengecekan ulang serta menuntaskan masalah tersebut.

Sementara itu, Setya Novanto memang kerap menuai kontroversi. Sebut saja kecelakaan yang membuat dahinya bengkak hingga diklaim sebesar bakpao. Tak heran jika Setya Novanto lagi-lagi dituding bersandiwara.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru