Segera Digelar, Inilah Deretan Musisi yang Sabet Piala AMI Awards Terbanyak Selama 10 Tahun Terakhir
Instagram/raisa6690
Musik

Intip deretan musisi yang berhasil memborong Piala AMI Awards terbanyak selama 10 tahun terakhir ini sebelum AMI Awards 2018 diselenggarakan besok Rabu (26/9).

WowKeren - Ajang penghargaan bagi industri musik Indonesia yakni "AMI Awards 2018" (Anugrah Musik Indonesia) akan segera digelar. Pihak RCTI akan menyiarkan secara live acara yang akan berlangsung pada Rabu (26/9) mendatang pukul 21.00 WIB di Ecovention Hall Ancol, Jakarta Utara.

AMI Awards merupakan penghargaan tertinggi di industri musik Indonesia yang diberikan oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia untuk mengakui prestasi yang luar biasa musisi Indonesia setiap tahunnya. Digelar pertama kali pada 29 November 1997, ajang penghargaan tertinggi musik tertinggi di Indonesia ini dari tahun ke tahun semakin berkembang. Jumlah penghargaan yang diberikan tumbuh dan berkurang selama bertahun-tahun dengan kategori ditambah atau dihapus.


Seperti diketahui, Proses AMI Awards terdiri dari beberapa tahap yang terdiri dari submission, screening, nominating, final voting, dan result. Anggota pemungutan suara AMI, semuanya terlibat dalam bidang pemilihan kreatif dan teknis. Mereka berpartisipasi dalam nominasi yang menentukan lima finalis di setiap kategori dan pemungutan suara terakhir yang menentukan peraih AMI Awards.

Sebelum AMI Awards besok digelar, mari simak terlebih dahulu deretan musisi dengan perolehan piala AMI Awards selama 10 tahun terakhir. Kira-kira siapa nih yang kamu jagokan?

(wk/tria)

1. Raisa, 12 Piala AMI Awards


Raisa, 12 Piala AMI Awards
Instagram/viennavalberlen

Raisa dengan suara emasnya sejak 10 tahun terakhir ini berhasil mengantongi 12 Piala AMI Awards. Pada tahun 2012 lalu, ia dinobatkan sebagai "Penyanyi Pendatang Baru Terbaik". Tak cukup di situ, istri dari Hamish Daud ini juga membawa pulang penghargaan "Grafis Desain Album Terbaik".

Berikutnya, pada tahun 2014, Raisa berhasil menyabet 1 kategori "Karya Produksi R&B/Soul Terbaik" lewat lagu "Bye Bye". Hebatnya lagi, di tahun 2016, berkat single "Kali Kedua" dan "Percayalah" yang ia bawakan bersama Afgan, Raisa mendominasi Piala AMI Awards dengan membawa 7 piala dalam berbagai kategori. Sementara itu, pada tahun 2017 kemarin, Raisa berhasil membawa 2 Piala AMI Awards dalam 2 kategori lewat single "Anganku Anganmu" yang ia bawakan bersama Isyana Sarasvati.

2. Agnes Monica dan Tulus, 11 Piala AMI Awards


Agnes Monica dan Tulus, 11 Piala AMI Awards
Twitter/musiktulus

Tak kalah dengan Raisa, Agnes Monica dan Tulus masing-masing berhasil menyabet 11 Piala AMI Awards dalam 10 tahun terakhir ini. Lewat single "Matahariku", Agnes berhasil membawa pulang 1 Piala AMI Awards pada tahun 2009. Album "Sacredly Agnezious" yang Agnes keluarkan tahun 2010 juga berhasil menyabet "Best of the Best Album" dan "Best Pop Album". Sementara itu, pada tahun 2011, melalui single "Karena Ku Sanggup", Agnes berhasil membawa 3 Piala AMI Awards.

Tulus juga sukses memboyong 11 Piala AMI Awards dalam 10 tahun terakhir ini. Single "Gajah", "Pamit", "Monokrom" adalah tiket Tulus yang mengantarkannya menjadi penyanyi dalam dunia industri musik Tanah Air yang semakin dikenal luas.

3. Fatin Shidqia, 6 Piala AMI Awards


Fatin Shidqia, 6 Piala AMI Awards
Instagram/fatin30

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat "X Fator Indonesia" season pertama, Fatin Shidqia juga turut memeriahkan AMI Awards. Dara cantik kelahiran tahun 1996 ini tak kalah hebat dari penyanyi-penyanyi senior lainnya.

Ia berhasil menyabet 5 piala pada tahun 2014 lewat single berjudul "Aku Memilih Setia" dan "For You". Sementara itu, pada tahun 2017 lalu, ia menang dalam kategori "Best Islamic Spiritual-Lyric Production Work" lewat single "Ketika Tangan dan Kaki Berkata". Tentunya

4. NOAH, 6 Piala AMI Awards


NOAH, 6 Piala AMI Awards
Instagram/noah_site

Pada tahun 2013, grup band NOAH sukses memborong 6 Piala AMI Awards. Album "Seperti Seharusnya" berhasil menang dalam kategori Album Terbaik.

Selain meraih Album Terbaik Terbaik, NOAH juga meraih Duo/Grup Pop Terbaik, Penata Musik Pop Terbaik, Duo/Grup Pop Urban, Album Pop Terbaik, dan Karya Produksi Terbaik Terbaik untuk lagu mereka "Separuh Aku" dan album "Seperti Seharusnya". Sayangnya ketika meraih penghargaan, seperti yang disiarkan langsung oleh RCTI, NOAH tidak mengambil penghargaan mereka sendiri.

5. Gita Gutawa, Ungu, Sandhy Sondoro, 3 Piala AMI Awards


Gita Gutawa, Ungu, Sandhy Sondoro, 3 Piala AMI Awards
Instagram/ungu_band

Sementara itu, Gita Gutawa pada tahun 2008 berhasil menyabet 3 Piala AMI Awards dalam kategori Album Terbaik, Pendatang Baru Terbaik serta Produser Album Rekaman Terbaik. Grup band Ungu lewat single "Andai Ku Tahu" menyabet penghargaan untuk kategori "Karya Produksi Terbaik" pada tahun 2008. Mereka juga mendapat penghargaan dalam kategori Kolaborasi Pop Terbaik lewat single "Kekasih Gelapku". Tak hanya di situ, Album mereka yang berjudul "SurgaMu" juga berhasil merajai kategori Album Pop Terbaik.

Perolehan 3 Piala AMI Awards juga dirasakan oleh penyanyi Sandhy Sondoro. Pada tahun 2011, Sandhy memborong 3 penghargaan sekaligus dalam malam anugerah tersebut. Ia berhasil menyabet Pendatang Baru Terbaik, Artis Solo Pria Pop Terbaik dan Album Jazz Terbaik.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru