Samakan Jerman dengan Korea, RM BTS Sampaikan Pidato Tentang Persatuan di Berlin
Twitter
Selebriti

Pada gelaran konser hari kedua, pidato RM cukup menarik perhatian di mana leader BTS itu menyamakan Jerman dengan Korea.

WowKeren - Saat ini Bangtan Boys masih disibukkan dengan tur konser "Love Yourself yang singgah di berbagai kota di seluruh dunia. Setelah merampungkan konser di London dan Amsterdam, BTS menjadikan Berlin, Jerman sebagai tujuan berikutnya.

BTS menggelar konser di Berlin selama dua hari yaitu pada 16-17 Oktober 2018. Pada gelaran konser hari kedua, pidato RM (Rap Monster) menjelang akhir konser cukup menarik perhatian di mana leader BTS itu menyamakan Jerman dengan Korea.


"Oke, seperti yang kalian tahu, aku tinggal di Korea, kalian tinggal di Jerman, iya kan?" ujar RM. "Kalian tahu, kita, seperti yang aku bilang, tinggal di dua negara yang berbeda, yang mungkin terpisah 11 atau 12 jam penerbangan. Tapi tahukah kalian? Kita memiliki rasa sakit yang sama yang disebut pemisahan.

"Jadi kita tinggal di dua negara yang dipisahkan, yaitu negara kalian yang sekarang tidak lagi (dipisahkan), tapi Korea masih. Jadi di sebuah tempat di Seoul ada kepingan Tembok Berlin yang dipamerkan di dekat sungai bernama Cheonggyecheon dan aku pernah ke sana. Aku pernah ke sana untuk melihatnya dan aku tidak bisa untuk tidak memikirkan kalian.

"Jadi kalian tahu, kita mungkin kelihatan berbeda, kita mungkin bicara bahasa yang berbeda, kita mungkin makan makanan yang berbeda, tapi kita punya hati yang sama, kita punya komuni yang sama. Kita bukan sekedar orang yang bertemu karena kebetulan. Aku merasa kita dipertemukan di sini di Jerman, Mercedez Benz Arena, oleh takdir. Kalian merasakannya? Bagaimana perasaan kalian?

"Suatu hari nanti, aku harap kepingan Tembok Berlin kami di Korea bisa dipamerkan di kota Berlin. Suatu hari nanti, mungkin saat kami tidak dipisahkan lagi di negara kami. Dan aku cinta kalian semua!" pungkasnya.

Sementara itu, Jerman sempat terbagi dua menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur yang dipisahkan oleh Tembok Berlin. Tembok ini sendiri diruntuhkan pada 1989, yang mengawali reunifikasi Jerman yang resmi ditandatangani pada 3 Oktober 1990.

You can share this post!

Related Posts
Loading...